8 Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, Apa Kamu Memilikinya?

Senin 20 Mei 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)

Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)

SUKABUMIUPDATE.com - Ilmu tenang dianggap mahal karena beberapa alasan yang berhubungan dengan sifat, manfaat, dan proses memperoleh ketenangan.

Berikut beberapa alasan mengapa ilmu tenang dipandang sebagai sesuatu yang sangat berharga alias mahal, dirangkum dari berbagai sumber:

Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal

1. Kesulitan dalam Mencapai Ketenangan

  • Proses yang Panjang: Mencapai ketenangan bukanlah sesuatu yang bisa dicapai dalam semalam. Ilmu tenang ini memerlukan waktu, dedikasi, dan latihan yang konsisten.
  • Latihan Mental: Seperti halnya keterampilan lainnya, ketenangan membutuhkan latihan mental yang intens, seperti meditasi, mindfulness, atau yoga.

Baca Juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

2. Kendali Diri yang Tinggi

  • Pengendalian Emosi: Ilmu tenang melibatkan kemampuan untuk mengendalikan emosi, tidak mudah marah, tidak mudah panik, dan tetap tenang di bawah tekanan. Ilmu tenang ini membutuhkan latihan yang konstan dan tingkat kesadaran diri yang tinggi.
  • Respon Terhadap Stres: Mengembangkan ketenangan berarti mampu merespon stres dengan cara yang konstruktif, yang tidak datang dengan mudah bagi banyak orang.

3. Nilai Manfaat Ketenangan

  • Kesehatan Mental dan Fisik: Ketenangan berkontribusi besar terhadap kesehatan mental dan fisik. Ilmu tenang ini dapat mengurangi risiko berbagai penyakit terkait stres, meningkatkan kualitas hidup, dan memperpanjang umur.
  • Keputusan yang Lebih Baik: Orang yang tenang cenderung membuat keputusan yang lebih baik karena mereka bisa berpikir lebih jernih dan tidak terburu-buru.
  • Hubungan yang Lebih Baik: Ketenangan membantu menjaga hubungan yang lebih harmonis karena mengurangi konflik dan meningkatkan komunikasi yang efektif.

Baca Juga: Kurangi Purin, 10 Tips Pola Makan Sehat untuk Penderita Asam Urat

4. Kebijaksanaan dan Penerimaan

  • Kebijaksanaan: Orang yang tenang cenderung memiliki pandangan yang lebih luas dan mendalam tentang kehidupan, yang sering diidentifikasikan dengan kebijaksanaan.
  • Penerimaan: Mencapai ketenangan sering melibatkan belajar untuk menerima kenyataan dan hal-hal yang tidak dapat diubah, yang merupakan proses emosional yang sulit dan berharga.

5. Langka dan Sulit Diperoleh

  • Jarang Dimiliki: Di dunia yang penuh dengan stres dan tuntutan, ketenangan adalah kualitas yang jarang ditemukan. Orang yang memiliki ketenangan sering kali menonjol di tengah-tengah masyarakat yang sibuk dan cemas.
  • Pengalaman Pribadi: Ilmu tenang sering kali dipelajari melalui pengalaman pribadi yang mendalam dan terkadang menyakitkan, seperti menghadapi kesulitan hidup atau mengalami perubahan besar.

Baca Juga: 10 Tips Sabar Menghadapi Cobaan Hidup yang Menyesakkan Hati

6. Perlu Bimbingan dan Pengajaran

  • Mentor atau Guru: Banyak orang membutuhkan bimbingan dari mentor, guru, atau terapis untuk belajar mencapai ketenangan. Bimbingan ini bisa memakan waktu dan biaya.
  • Sumber Belajar: Buku, kursus, retret, dan sumber lainnya yang mengajarkan ketenangan sering kali mahal, tetapi berharga karena memberikan wawasan dan teknik yang terbukti efektif.

7. Perubahan Kebiasaan dan Pola Pikir

  • Perubahan Pola Pikir: Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun membutuhkan usaha yang besar. Ilmu tenang ini termasuk belajar untuk berpikir positif, mengatasi pikiran negatif, dan membangun rutinitas yang menenangkan.
  • Komitmen Jangka Panjang: Membangun dan mempertahankan ketenangan adalah komitmen jangka panjang yang memerlukan dedikasi terus-menerus.

Baca Juga: 13 Tips Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking Agar Hidup Kembali Bahagia

8. Pengaruh Lingkungan

Lingkungan yang Mendukung: Kadang-kadang, mencapai ketenangan memerlukan perubahan dalam lingkungan sosial dan fisik, yang bisa memakan biaya. Ilmu tenang ini termasuk menciptakan ruang yang tenang di rumah atau mencari komunitas yang mendukung.

Ilmu tenang mahal karena kombinasi dari proses belajar yang panjang dan sulit, manfaat yang besar bagi kehidupan, dan kesulitan dalam mencapai serta mempertahankannya.

Namun, investasi dalam ketenangan adalah salah satu yang paling berharga karena dampaknya yang mendalam dan positif terhadap kualitas hidup seseorang.

Baca Juga: Tak Selalu Minum Obat, Ini 12 Cara Mengatasi Sakit Pinggang dengan Cepat

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 12:30 WIB

10 Cara Ampuh yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Memotivasi Anak Berbakat

Orang tua yang memiliki anak berbakat seringkali kewalahan dan merasa kecewa karena kurangnya prestasi.
Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)