6 Cara Mengajarkan Manajeman Waktu Dengan Benar Pada Anak Remaja, Yuk Terapkan

Senin 13 Mei 2024, 15:15 WIB
Ilustrasi mengajarkan keterampilan manajemen waktu pada anak yang sudah remaja (Sumber : pexels.com /@JuliaMCameron)

Ilustrasi mengajarkan keterampilan manajemen waktu pada anak yang sudah remaja (Sumber : pexels.com /@JuliaMCameron)

SUKABUMIUPDATE.com - Meskipun anak remaja mungkin berpikir tidak apa-apa jika menunggu hingga detik terakhir untuk menyelesaikan tugas sekolahnya, akan tetapi penundaan ini bisa menjadi masalah besar di kemudian hari.

Dia mungkin juga menyadari bahwa menunggu hingga detik terakhir berarti penyakit, keadaan darurat, atau masalah yang tidak terduga akan menghalanginya menyelesaikan pekerjaan.

Akibatnya, remaja yang tidak mempelajari keterampilan manajemen waktu lebih berisiko menjadi orang lebih suka menunda-nunda seumur hidup. Tidak hanya itu, menunggu hingga menit terakhir untuk mendapatkan sesuatu juga dapat menyebabkan masalah mulai dari tingkat stres tinggi sampai masalah hubungan.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Selain itu, remaja biasanya memiliki jadwal yang cukup terstruktur. Antara hari di sekolah dan kegiatan sepulang sekolah sudah direncanakan untuk mereka. Tetapi, banyak dari mereka yang tidak belajar bagaimana mengatur waktu dengan bijak ketika sedang downtime.

Berikut beberapa langkah yang dapat orang tua ambil untuk mengajarkan keterampilan manajemen waktu penting kepada remaja, merangkum dari laman verywellfamily:

1. Berikan Saran Untuk Menulis Jadwal Kegiatan

Jika anak remaja tidak berhati-hati, waktunya mungkin mudah tersita oleh video game atau media sosial. Sehingga, orang tua perlu memberitahu dan mengajari mereka untuk menjadwalkan harinya sehingga dia dapat menyisihkan waktu antara pekerjaan rumah dan tanggung jawab lainnya.

Dorong anak remaja untuk menjadwalkan waktu luangnya, agar waktu tidak berlalu begitu saja tanpa merasa bahwa dia belum melakukan sesuatu yang menyenangkan.

2. Hindari Mengomel

Orang tua mungkin saja tergoda untuk mengomel dan selalu mengingatkan anak remajanya berulang kali. Namun, menyuruh mereka mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas-tugasnya berulang kali justru akan mengurangi rasa tanggung jawabnya.

Maka dari itu, sebagai orang tua perlu menetapkan sebuah aturan yang membuat anak lebih bertanggung jawab. Lalu, tindak lanjuti dengan memberikan konsekuensi yang diperlukan bila dia tidak menuruti, tapi jangan dengan omelan. Berikan pengertian secara baik-baik.

Baca Juga: 7 Gaya Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

3. Dorong Anak Remaja Untuk Mengembangkan Rutinitas

Dorong mereka untuk membangun kebiasaan sehat, seperti melakukan pekerjaan rumah sepulang sekolah. Ketika dia terbiasa melakukan sesuatu dalam urutan tertentu, maka tidak perlu membuang waktu memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

4. Beri Remaja Alat Manajemen Waktu

Baik itu agenda tempat menulis segala sesuatu atau aplikasi yang mengatur jadwal mereka, orang tua juga perlu membantu untuk menemukan alat yang paling cocok untuk membuat para anak remaja bisa memanajemen waktu dengan benar.

Selain itu, bicarakan tentang pentingnya membuat jadwal dan menggunakan daftar untuk memprioritaskan waktunya dengan bijak kepada anak remaja. Langkah ini dilakukan agar mereka bisa menghargai waktu serta menggunakannya dengan kegiatan lebih bermanfaat.

5. Bantu Dia Menetapkan Tujuan

Bicaralah dengan anak tentang tujuan pribadi yang ingin dia capai. Kemudian, orang bantu juga untuk mengidentifikasi berapa banyak waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut setiap hari.

Apakah dia ingin berolahraga selama 30 menit 3 kali setiap minggu atau memutuskan untuk mengajukan beasiswa pada suatu sabtu sore setiap bulan. Penetapan tujuan adalah cara yang bagus untuk membantunya mengatur waktu.

Baca Juga: Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, 8 Langkah Simpel!

6. Bantu Anak Remaja Memprioritaskan Aktivitas

Remaja sering mengalami konflik dengan jadwalnya, seperti pertandingan bola basket, pesta ulang tahun, dan kegiatan lain yang mungkin semuanya terjadi bersamaan.

Maka dari itu, orang tua dapat membantu dengan cara membicarakan hal ini bersama mereka tentang bagaimana memprioritaskan aktivitas berdasarkan nilai-nilai dan komitmennya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 Mei 2024, 23:38 WIB

Sandiaga Uno Puji Gelaran Hari Nelayan Palabuhanratu, Ngaku Deg-degan Nonton Atraksi Lais

Menparekraf Sandiaga Uno menyaksikan atraksi seni Lais di acara Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Sukabumi ke-64.
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Sukabumi ke-64. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life23 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Kebiasaan Unik yang Selalu Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur

Orang sukses memahami pentingnya rutinitas malam yang baik untuk menjaga keseimbangan hidup dan mencapai produktivitas yang optimal.
Ilustrasi. Membaca. Kebiasaan Unik yang Selalu Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/NutrisenseInc)
Sukabumi23 Mei 2024, 20:53 WIB

Gegara Knalpot Bising, Keributan Antarpemuda Warnai Pawai Samen di Kadudampit Sukabumi

Video keributan antarpemuda saat pawai Samen di Kadudampit Sukabumi ini viral di media sosial.
Tangkapan layar video viral keributan antarpemuda saat pawai samen di Kadudampit Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Fashion23 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Rekomendasi Fashion untuk Anak Laki-laki dan Tips Memilihnya

Dengan memperhatikan rekomendasi fashion anak ini, Anda dapat memastikan anak laki-laki selalu tampil modis dan nyaman dalam berbagai situasi.
Ilustrasi. Rekomendasi Fashion untuk Anak Laki-laki (Sumber : Freepik/@jcomp)
Nasional23 Mei 2024, 20:06 WIB

DPW PKS DKI Putuskan Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024

Anies Baswedan diusung DPW PKS DKI Jakarta untuk maju di Pilgub Jakarta 2024.
Anies Baswedan saat menghadiri acara PKS. | Foto: pks.id
Sukabumi23 Mei 2024, 19:23 WIB

Sandiaga Uno Ajak Santri Sukabumi Kembangkan Seni Kaligrafi di Dunia NFT

Menurut Sandiaga Uno, ini jadi peluang usaha baru bagi para santri Sukabumi untuk mengembangkan produk karya kaligrafi di pasar digital berupa NFT.
Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat berkunjung ke Ponpes Syamsul Ulum Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Film23 Mei 2024, 19:00 WIB

Sinopsis Film How to Make Millions Before Grandma Dies, Tayang di Sukabumi!

Tayang di Sukabumi! Film How to Make Millions Before Grandma Dies dirilis di bioskop Indonesia pada 15 Mei 2024.
Ilustrasi. Poster Film di Bioskop. Sinopsis Film How to Make Millions Before Grandma Dies yang Resmi Tayang di Sukabumi! (Sumber : Istimewa)
Sukabumi23 Mei 2024, 18:54 WIB

Festival Kompetisi Bahasa Inggris SMP 2024 Sukses Digelar di Cikembar Sukabumi

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi sukses menyelenggarakan Festival Kompetensi Bahasa Inggris (FKBI) di SMP Negeri Model yang berlokasi di Jl Pelabuhan 2, KM 22 Cikembang - Cimanggu, Kecamatan Cikembar.
Festival Kompetisi Bahasa Inggris SMP 2024 Sukses Digelar di Cikembar Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi23 Mei 2024, 18:36 WIB

Dulu Primadona Kini Mati Suri, Objek Wisata Leuwi Kenit Sukabumi Butuh Sentuhan

Masuk zona Geopark Ciletuh CPUGGp, objek wisata Leuwi Kenit di Ciracap Sukabumi kini mati suri.
Leuwi Kenit aliran Sungai Cikarang Desa Pasirpanjang Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life23 Mei 2024, 18:00 WIB

9 Kebiasaan yang Membuat Seseorang Terserang Penyakit Asam Urat dan Cara Mencegahnya

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan pemicu asam urat dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat, seseorang dapat mengurangi risiko terkena penyakit asam urat dan mengendalikan gejalanya dengan lebih baik.
Ilustrasi. Serangan Asam Urat Kambuh. Ketahui Apa Saja Kebiasaan yang Membuat Seseorang Terserang Penyakit Asam Urat. Sumber: Freepik/jcomp