5 Langkah Praktis Untuk Melindungi Anak dari Dampak Buruk Kekerasan Virtual

Kamis 09 Mei 2024, 15:15 WIB
Ilustrasi  orang tua melindungi anak dari dampak kekerasan virtual (Sumber : pexels.com/@chienba)

Ilustrasi orang tua melindungi anak dari dampak kekerasan virtual (Sumber : pexels.com/@chienba)

SUKABUMIUPDATE.com - Penggunaan media sosial adalah salah satu wadah yang memiliki banyak sekali topik, terutama terkait kesehatan yang sering didiskusikan oleh dokter anak dengan orang tua.

Namun, tidak semua orang bisa melindungi anak dari segala jenis bentuk kekerasan virtual di dalam media sosial. Hal ini dikarenakan tidak semua anak memberitahu kita mengenai apa yang tengah diaksesnya.

Terkadang orang tua baru mengetahui anak telah menonton atau mengetahui kekerasan virtual, ketika tidak sengaja melihat si kecil meniru apa yang dilihat dari media sosial, TV, film, hingga video game.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Tentu saja hal tersebut akan menjadi kekhawatiran yang besar. Karena sebagian besar orang tua takut kalau yang ditiru sang anak bisa merugikannya suatu hari nanti, atau menjadi sifat yang sulit dikendalikan.

Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah yang bisa membantu orang tua untuk meminimalisir dampak buruk dari konten kekerasan terhadap anak, saat ini dan di masa depan.

Berikut 5 langkah praktis yang bisa dilakukan orang tua untuk melindungi anak dari dampak kekerasan virtual, merangkum dari laman healthychildren:

Baca Juga: 10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang


1. Batasi Apa Yang Ditonton dan Dimainkan Oleh Anak Yang Masih Sangat Kecil

Jika Anda memiliki anak di bawah usia 6 tahun, cobalah untuk mengecualikan konten kekerasan dari “media” mereka. Anak-anak semuda ini tidak bisa membedakan fantasi dari kenyataan. Bagi mereka, bahkan kekerasan yang terkesan kartun pun tampak nyata.

2. Gunakan Kontrol Orang Tua dan Rating Media

Berbagai teknologi menjanjikan untuk memberi orang tua kendali atas kebiasaan menonton dan bermain anak-anak. Tentu saja kehadiran teknologi itu membantu kita untuk mempelajari cara menggunakannya agar bisa mengawasi anak.

Namun, tidak ada program yang dapat menggantikan keterlibatan pribadi dalam pilihan anak-anak. Si kecil harus selalu meminta izin orang tuanya sebelum mereka menonton atau bermain video game di perangkat apa pun.

Pelajari lebih lanjut juga tentang rating konten TV dan rating film yang akan dilihat atau digunakan anak. Hal ini bisa membantu orang tua untuk memilih dengan bijak tontonan keluarga.

Baca Juga: 6 Dampak Buruk Sering Memarahi Anak yang Sering Disepelekan Orang Tua

3. Menonton atau Bermain Dengan Anak-Anak

Perhatian orang tua memiliki kekuatan yang luar biasa. Jelaskan bahwa Anda tertarik dengan hal-hal yang mereka suka tonton dan mainkan. Duduklah bersama sang anak sebentar untuk mengukur tingkat kekerasan virtual di acara, film, game, atau aplikasi favoritnya.

Ini akan memberi Anda dasar pengetahuan yang dapat membantu menetapkan batasan dan ekspektasi realistis di kemudian hari kepada anak, terutama saat dewasa nanti.

4. Diskusikan Apa yang Orang Tua Lihat

Saat menikmati berbagai hiburan bersama anak Anda, luangkan waktu untuk membicarakannya dengan mereka. Tanyakan juga bagaimana perasaan sang buah hati terhadap adegan kekerasan atau agresif yang ada di depan matanya. Tunjukkan ketertarikan pada kesan dan pendapat anak-anak tanpa berdebat dengannya.

Percakapan ini akan membandingkan apa yang dilihat anak Anda dengan nilai-nilai keluarga seperti rasa hormat, toleransi, kebaikan, dan saling pengertian. Mereka juga memberi Anda kesempatan untuk menyebutkan contoh-contoh di mana kekerasan dihargai atau diagungkan dan menawarkan sudut pandang yang berbeda.

5. Buat Rencana Media Keluarga

American Academy of Pediatrics (AAP) menawarkan alat yang mudah digunakan untuk membantu orang tua dan pengasuh mengelola penggunaan media keluarga. Anda akan menemukan daftar prioritas media yang dapat dipilih, tip praktis untuk menjamin kesuksesan, dan kemampuan mencetak dalam membagikan rencana antara orang tua dengan pengasuh, keluarga, sampai teman.

Baca Juga: 9 Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat

Orang tua bahkan dapat menyimpan rencana dan mengeditnya ketika ada perubahan kebutuhan keluarga Anda dan anak seiring waktu.

sumber: healthychildren.org

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Menjadikan Bayi Anda Cerdas Sejak Usia Dini Hingga Nanti Dewasa

Cara bayi Anda cerdas sejak usia dini dapat dilakukan dengan beberapa tips ini.
Ilustrasi - Cara bayi Anda cerdas sejak usia dini dapat dilakukan dengan beberapa tips ini. (Sumber : pexels/@Ivan Samkov)
Sehat20 Mei 2024, 09:30 WIB

12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

Mengelola dan menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat memerlukan perubahan gaya hidup dan pola makan yang konsisten.
Ilustrasi - Dengan menerapkan perubahan gaya hidup sehat secara konsisten, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung tanpa perlu obat-obatan. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)
Sukabumi20 Mei 2024, 09:11 WIB

Kota Sukabumi Raih Penghargaan Surveilans AFP dan Discarded MR Terbaik Nasional

Kusmana Hartadji mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan ini.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan kota dengan Kinerja Surveilans AFP dan Discarded MR terbaik kedua tingkat nasional, Minggu, 19 Mei 2024 di Jakarta Pusat. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 Mei 2024, 09:00 WIB

Hilang dan Gak Kambuh Lagi, 10 Cara Alami Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

Asam urat dapat dicegah dan diobati dengan cara alami agar tidak kambuh.
Ilustrasi minum air putih - Asam urat dapat dicegah dan diobati dengan cara alami agar tidak kambuh. | (Sumber : Freepik.com)
Inspirasi20 Mei 2024, 08:30 WIB

Loker Purchasing Officer Lulusan S1, Cek Syarat dan Cara Daftarnya!

Loker Purchasing Officer Lulusan S1 ini Dibuka untuk Penempatan di Jakarta Timur.
Ilustrasi. Loker Purchasing Officer Lulusan S1, Cek Syarat dan Cara Daftarnya! (Sumber : Pexels/MikhailNilov)
Life20 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Jenis Kebiasaan yang Membuat Anak Malas Beraktivitas, Hindari Segera!

Mengidentifikasi dan mengubah kebiasaan malas dapat membantu anak memulai hari dengan lebih baik dan lebih energik.
Ilustrasi. Malas Beraktivitas. Kebiasaan yang Membuat Anak Malas Beraktivitas. (Sumber : Pixabay/@useatyourface)
Sukabumi20 Mei 2024, 07:40 WIB

Pembangunan Huntap Disetop, Penyintas Tanah Bergerak Ciherang Sukabumi Disodorkan 3 Pilihan

Pembangunan huntap diberhentikan, nasib penyintas tanah bergerak di Dusun Ciherang Nyalindung Sukabumi makin terkatung-katung.
Salah satu rumah atau huntap yang sudah terbangun di di Kampung Baru Cibuluh, Desa Cijangkar, Nyalindung Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel20 Mei 2024, 07:00 WIB

Hidup Sehat, 10 Rekomendasi Sarapan Pagi untuk Penderita Asam Urat

Ketahui Apa Saja Rekomendasi Sarapan Pagi untuk Penderita Asam Urat Agar Hidup Sehat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Rekomendasi Sarapan Sehat untuk Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/JaneTranDoan)
Food & Travel20 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Ketumbar untuk Asam Urat, Gampang dan Simpel!

Ketumbar memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk membantu meredakan gejala asam urat.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Ketumbar untuk Asam Urat, Gampang dan Simpel! (Sumber : Instagram/@kantongsayur.idn)
Science20 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 Mei 2024, Cek Dulu Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 20 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 20 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)