7 Cara Jitu Meningkatkan Perilaku Baik Pada Anak Sejak Dini, Yuk Bunda Terapkan

Kamis 09 Mei 2024, 12:45 WIB
Ilustrasi perilaku baik anak saat bermain (Sumber : pexels.com/@ErenLi)

Ilustrasi perilaku baik anak saat bermain (Sumber : pexels.com/@ErenLi)

SUKABUMIUPDATE.com – Sebagai orang tua, jika ingin membesarkan anak dengan memiliki perilaku baik. Maka, langkah yang perlu dilakukan adalah memberikan contoh memperlihatkan sikap diri sendiri secara baik di hadapan anak-anak.

Dengan memperhatikan perilaku baik Anda sendiri secara konsisten di hadapan si kecil, sudah pasti mereka akan menirunya setelah mengamati dengan baik yang dilakukan oleh orang tuanya. Karena segala sesuatu yang pertama kali buah hati tiru adalah perilaku orang tuanya.

Berikut adalah beberapa yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membimbing anak mempunyai perilaku baik, merangkum dari laman verywellfamily:

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

1. Percakapan Saat Makan Malam

Makan malam bersama keluarga secara teratur tidak hanya penting untuk kesehatan dan perkembangan anak, tetapi juga dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas, kebiasaan makan lebih sehat, peningkatan keterampilan sosial dan emosional, kinerja sekolah lebih baik, dan masih banyak lagi.

Selain itu, makan malam bersama juga bisa menjadi peluang sangat bagus untuk melatih anak-anak bagaimana berbicara dengan orang lain. Mengetahui cara berada di dalam suatu percakapan, seperti mendengarkan, menunggu giliran untuk berbicara, tidak setuju dengan hormat, dan lain sebagainya.

2. Mintalah Anak Secara Teratur Mengucapkan “Terima Kasih” dan “Tolong”

Baik di rumah maupun restoran, biasakan anak untuk mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang menyajikan makanan, membantunya melakukan sesuatu, memberikannya hadiah, atau hal lainnya. Hal ini dilakukan agar si kecil tahu caranya menghormati seseorang, terutama yang melayaninya.

3. Minta Mereka Menulis Kartu Ucapan Terima Kasih

Menulis kartu ucapan terima kasih yang tepat akan mengungkapkan alasan mengapa anak harus menghargai hadiah atau bantuan tertentu dari seseorang. Selain itu, jangan lupa menyertakan beberapa pengakuan baik mengenai hadiah yang diterima tersebut sebagai rasa hormat kepada pemberi.

Baca Juga: 6 Dampak Buruk Sering Memarahi Anak yang Sering Disepelekan Orang Tua


4. Berikan Contoh yang Baik

Anak tentu saja akan belajar dengan memperhatikan tingkah laku kedua orang tuanya. Karena anak merupakan peniru ulang. Jadi, kita sebagai orang tua harus memperhatikan dengan baik segala perilaku sehari-hari di depan buah hati.

Apakah mengucapkan terima kasih ketika seseorang melakukan sesuatu? Apakah berbicara dengan hormat kepada anak-anak dan orang lain di sekitar? Apakah memperlakukan keluarga, teman, dan bahkan orang asing dengan sopan dan hormat?

Semua itu harus dipikirkan dengan baik oleh orang tua. Evaluasikan tata krama dan tingkah laku jika ada kesalahan. Bila perlu sesuaikan dengan baik sehingga anak-anak bisa menjadikan Anda sebagai panutan ketika belajar cara berinteraksi dengan orang lain secara benar.

5. Tunjukkan Pada Mereka Cara Menulis Pesan atau Email yang Sopan

Saat ini, anak akan lebih sering berkomunikasi melalui email maupun aplikasi chatting. Apalagi bagi mereka yang sudah memasuki fase dewasa atau remaja. Jika Anda mengizinkan anak usia sekolah atau lebih tua memiliki akses ke media sosial, pastikan dia tidak pernah memposting komentar kasar.

Maka dari itu sebagai orang tua perlu memberikan beberapa hal mendasar kepada anak, seperti cara menyapa seseorang melalui email, cara menulis dengan nada yang jelas dan sopan.

Baca Juga: 9 Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat

6. Ajari Mereka Pentingnya Empati

Biasakan anak untuk memperhatikan orang-orang yang mungkin membutuhkan. Contoh seseorang yang kesulitan dengan pintu atau tas berat. Ajarkan dia untuk berpikir caranya membantu orang tersebut sesuai dengan kemampuan diri sendiri.

7. Kurangi Menonton TV

Menurut para pakar, saling mengobrol dan melontarkan kata-kata makian adalah hal yang biasa di acara berita pada TV. Apalagi sikap “lancang” yang sering Anda lihat di banyak acara anak-anak saat ditayangkan pun ada beberapa terhitung wajar untuk memperkuat alur cerita.

Sebagai orang tua, dengan mengambil langkah untuk mengurangi waktu pemakaian TV adalah ide bagus. Karena dalam penelitian menunjukkan bahwa mengurangi menatap layar TV atau ponsel akan meningkatkan kesehatan, nilai, dan perilaku anak-anak, serta manfaat lainnya.

sumber: verywellfamily.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan20 Mei 2024, 11:30 WIB

10 Cara Alami Mengurangi Flek Hitam di Wajah dengan Cepat, Gampang Banget!

Selalu gunakan sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat memperburuk flek hitam.
Ilustrasi. Cara Alami Mengurangi Flek Hitam di Wajah dengan Cepat (Sumber : Pexels/RonLach)
Life20 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Perlakukan Orang Tua yang Merusak Kejiwaan dan Mental Anak, Yuk Hindari!

Orang tua sesungguhnya perlu menghindari perlakukan buruk di hadapan anaknya. Sebab dampaknya berbahaya bagi perkembangan si kecil
Ilustrasi Perlakuan orang tua yang tidak boleh dilakukan kepada anak-anaknya (Sumber : Pexels.com/@augustderichelieu)
Nasional20 Mei 2024, 11:06 WIB

Tidak Semua! Daftar 19 Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan tidak menanggung semua jenis penyakit, termasuk operasi.
(Foto Ilustrasi) Berdasarkan Permenkes Nomor 28 Tahun 2014, hanya beberapa operasi yang ditanggung BPJS Kesehatan. | Foto: Freepik
Life20 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam, Apa Kamu Memilikinya?

Kerendahan hati menunjukkan bahwa seseorang tidak sombong atau terlalu bangga akan dirinya. Sikap ini membuat orang lebih mudah didekati dan disukai.
Ilustrasi - Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam. (Sumber : Pexels/TuấnKiệtJr.)
Sukabumi20 Mei 2024, 10:33 WIB

Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Kota Sukabumi: Semangat Menuju Indonesia Emas 2045

Hari Kebangkitan Nasional merupakan momen untuk mengenang perjuangan para pendiri bangsa dan membangkitkan semangat untuk melanjutkan cita-cita mereka.
Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi, Senin (20/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life20 Mei 2024, 10:30 WIB

5 Kebiasaan Buruk Perusak Ketenangan Batin yang Harus Dihindari Setiap Hari

Kebiasaan tertentu buruk yang tanpa disadari sering dilakukan dapat merusak ketenangan batin seseorang. Makanya, perlu hati-hati dalam melakukan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari
Ilustrasi seseorang yang hidupnya tidak tenang karena memiliki kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari (Sumber : Pexels.com/@anthonishkrabaproduction
Life20 Mei 2024, 10:15 WIB

6 Kebiasaan Baik Pengusaha yang Perlu Ditiru Supaya Bisa Sukses Yuk Dicoba!

Kebiasaan seorang pengusaha pada umumnya sangat luar biasa. Mereka memiliki jam terbang yang tidak dilakukan oleh kebanyakan orang, terutama bagi mereka yang bermalas-malasan meski memiliki bisnis
Ilustrasi - Seorang pengusaha yang memiliki kebiasaan baik untuk ditiru dalam kehidupan sehari-hari (Sumber : Pexels.com/@andreapiacquadio)
Sukabumi20 Mei 2024, 10:03 WIB

Beda Pendapat Warga dan Pemerintah Soal Rusaknya Coran Jalan di Purabaya Sukabumi

Pembangunan jalan coran ini disebut oleh warga tidak menggunakan mesin molen.
Kondisi coran rusak di jalan desa, Kampung Palalangon, Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 19 Mei 2024. | Foto: SU/Ragil Gilang
Life20 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Menjadikan Bayi Anda Cerdas Sejak Usia Dini Hingga Nanti Dewasa

Cara bayi Anda cerdas sejak usia dini dapat dilakukan dengan beberapa tips ini.
Ilustrasi - Cara bayi Anda cerdas sejak usia dini dapat dilakukan dengan beberapa tips ini. (Sumber : pexels/@Ivan Samkov)
Sehat20 Mei 2024, 09:30 WIB

12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

Mengelola dan menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat memerlukan perubahan gaya hidup dan pola makan yang konsisten.
Ilustrasi - Dengan menerapkan perubahan gaya hidup sehat secara konsisten, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung tanpa perlu obat-obatan. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)