Bunda Perlu Waspada, 5 Ciri Kurang Sopan Santun Yang Dimiliki Anak-Anak

Kamis 09 Mei 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi sopan santun yang kurang anak (Sumber : pexela.com/@KetutSubiyanto)

Ilustrasi sopan santun yang kurang anak (Sumber : pexela.com/@KetutSubiyanto)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengingat kita sering melihat perilaku buruk di mana-mana, terutama di lingkungan sekitar. Tentu akan membuat orang tua khawatir kalau anak-anak akan meniru perilaku tersebut.

Apalagi perilaku buruk tersebut mungkin jauh lebih mudah untuk diterima oleh anak-anak, lalu menjadikan mereka tidak sopan santun terhadap orang dewasa, hingga melupakan tata krama yang baik.

Lalu sebagai orang tua apa yang harus dilakukan untuk memastikan anak-anak berperilaku baik? Memperlakukan orang lain dengan sopan dan hormat?

Berikut 5 ciri sopan santun yang kurang dimiliki anak-anak saat ini untuk diketahui oleh orang tua, merangkum dari laman verywellfamily:

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

1. Bermain Ponsel Daripada Berinteraksi Dengan Orang di Sebelahnya

Bermain ponsel merupakan perilaku sangat umum di kalangan orang dewasa dan anak-anak saat ini. Hingga ada istilah seperti phubbing, atau phone snubbing untuk menggambarkan keadaan orang-orang yang lebih memilih main ponsel daripada berinteraksi dengan orang sekitar.

Saat ini, anak-anak jauh lebih sering menggunakan ponsel atau alat komunikasi lain meski sedang bersama teman atau orang dewasa. Tentunya hal ini merupakan bentuk kurangnya sopan santun dan menghormati orang lain.

2. Tidak Menyapa Orang Dengan Benar atau Berbicara

Banyak anak-anak saat ini yang tidak mempraktikkan dasar sopan santun ketika bertemu atau berbicara dengan orang lain. Mereka terkadang lupa caranya menyapa seseorang dan tata krama ketika berbicara.

Padahal etika baik saat bicara atau menyapa adalah dengan menatap mata orang lain ketika menyapa dan berbicara dengannya, mendengarkan apa yang dikatakan, menjawab pertanyaan dengan ramah, dan menunggu giliran untuk berbicara. Sikap tersebut sekarang sudah sangat kurang dimiliki oleh anak-anak saat ini.

Baca Juga: 10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang

3. Acuh Melihat Orang Lain Kesusahan

Apakah sebagai orang tua pernah melihat ketika anak memperhatikan seseorang sedang kesulitan dengan kereta dorong atau tas? Lalu menyadari bahwa mungkin orang tersebut memerlukan bantuan, seperti membuka pintu?

Lalu pernahkah melihat anak tengah mengamati orang lanjut usia sedang kesulitan membawa tas besar dan bertanya apakah mereka memerlukan bantuan? Jika jawabannya tidak, sudah waktunya sebagai orang tua mengajarkan anaknya untuk tidak bersikap acuh pada seseorang yang membutuhkan bantuan.

Jika anak melihat hal tersebut dan dikira bisa membantu. Maka ajarkan mereka untuk menawarkan bantuan yang baik kepada orang lain. Ingatkan juga sang buah agar melakukannya dengan ikhlas. Sikap ini akan menumbuhkan rasa peduli si kecil kepada seseorang yang membutuhkan bantuan.

4. Tidak Mengucapkan “Terima kasih” dan “Tolong”

Merupakan fakta yang menyedihkan mengetahui banyak anak saat ini bersikap sangat kasar kepada seseorang yang melayaninya atau membantu di sebuah restoran atau tempat lainnya. Mereka lupa caranya untuk berterima kasih dan tolong kepada orang lain.

Maka dari itu, penting untuk secara rutin mengingatkan anak untuk mengucapkan terima kasih, terutama ketika buah hati sudah menginjak usia 3 dan 4 tahun. Karena seringkali kita melihat anak-anak dari segalah usia, apalagi yang sudah dewasa masih perlu diingatkan untuk memahami sikap dasar ini.

Baca Juga: 9 Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat

5. Enggan Menulis Kartu Ucapan Terima Kasih

Ini adalah sesuatu yang sudah jarang terjadi sejak kita semua mulai menggunakan email SMS, dan aplikasi chat. Meskipun menggunakan semua itu bisa untuk mengungkapkan rasa terima kasih dengan baik.

Namun, alangkah baiknya mengungkapkan terima kasih atas hadiah atau bantuan dari seseorang dengan duduk manis sambil menulis kalimat tersebut dalam bentuk tulisan di kartu ucapan.

sumber: verywellfamily.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 Mei 2024, 12:15 WIB

5 Tata Krama yang Perlu Diajarkan pada Anak agar Menjadi Orang Baik saat Dewasa

Tata Krama sejatinya persoalan dasar yang mesti diajarkan kepada anak sejak kecil. Dalam hal ini, orang tua sudah harus mengajarinya agar terbiasa saat dewasa
Ilustrasi - Tata Krama yang harus diajarkan orang tua kepada anak sejak kecil (Sumber : Pexels.com/@Ketutsubiyanto)
Bola20 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Final Championship Series, Persib Bandung Main Kandang Lebih Dulu

Persib Bandung akan memainkan laga kandang lebih dulu di Final Championship Series.
Persib Bandung akan memainkan laga kandang lebih dulu di Final Championship Series. (Sumber : x/@MaduraUnitedFC/@persib).
Life20 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Alasan Kenapa Orang Tua Tak Boleh Memanjakan Anak, Ini Dampaknya

Memanjakan anak adalah pola asuh yang sebaiknya dihindari oleh orang tua. Ini akan membahayakan bagi perkembangan psikologis dan karakter anak ketika dewasa nanti
Alasan Memanjakan Anak Tidak Disarankan kepada Orang Tua (Sumber : Pexels.com/@kampusproduction)
Internasional20 Mei 2024, 11:44 WIB

Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter

Kementerian Luar Negeri RI belum memberikan pernyataan atas kejadian ini.
Presiden Iran Ebrahim Raisi dikabarkan meninggal dalam kecelakaan helikopter. | Foto: Istimewa
Kecantikan20 Mei 2024, 11:30 WIB

10 Cara Alami Mengurangi Flek Hitam di Wajah dengan Cepat, Gampang Banget!

Selalu gunakan sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat memperburuk flek hitam.
Ilustrasi. Cara Alami Mengurangi Flek Hitam di Wajah dengan Cepat (Sumber : Pexels/RonLach)
Life20 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Perlakukan Orang Tua yang Merusak Kejiwaan dan Mental Anak, Yuk Hindari!

Orang tua sesungguhnya perlu menghindari perlakukan buruk di hadapan anaknya. Sebab dampaknya berbahaya bagi perkembangan si kecil
Ilustrasi Perlakuan orang tua yang tidak boleh dilakukan kepada anak-anaknya (Sumber : Pexels.com/@augustderichelieu)
Nasional20 Mei 2024, 11:06 WIB

Tidak Semua! Daftar 19 Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan tidak menanggung semua jenis penyakit, termasuk operasi.
(Foto Ilustrasi) Berdasarkan Permenkes Nomor 28 Tahun 2014, hanya beberapa operasi yang ditanggung BPJS Kesehatan. | Foto: Freepik
Life20 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam, Apa Kamu Memilikinya?

Kerendahan hati menunjukkan bahwa seseorang tidak sombong atau terlalu bangga akan dirinya. Sikap ini membuat orang lebih mudah didekati dan disukai.
Ilustrasi - Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam. (Sumber : Pexels/TuấnKiệtJr.)
Sukabumi20 Mei 2024, 10:33 WIB

Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Kota Sukabumi: Semangat Menuju Indonesia Emas 2045

Hari Kebangkitan Nasional merupakan momen untuk mengenang perjuangan para pendiri bangsa dan membangkitkan semangat untuk melanjutkan cita-cita mereka.
Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi, Senin (20/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life20 Mei 2024, 10:30 WIB

5 Kebiasaan Buruk Perusak Ketenangan Batin yang Harus Dihindari Setiap Hari

Kebiasaan tertentu buruk yang tanpa disadari sering dilakukan dapat merusak ketenangan batin seseorang. Makanya, perlu hati-hati dalam melakukan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari
Ilustrasi seseorang yang hidupnya tidak tenang karena memiliki kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari (Sumber : Pexels.com/@anthonishkrabaproduction