Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Sabtu 27 April 2024, 12:30 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).

Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).

SUKABUMIUPDATE.com - Semut merupakan salah satu hama rumah tangga yang seringkali kehadirannya cukup menyebalkan. Mereka bisa muncul dimana saja seperti di dapur, kamar mandi, bahkan di ruang tamu.

Namun, jangan khawatir! Kehadiran semut di rumah yang membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu ketenangan dapat diatasi. Berikut adalah beberapa cara untuk mengusir semut dari rumah Anda:

1. Menyingkirkan Jejak Aroma Semut

Semut menggunakan feromon untuk menandai jalur mereka dan mengarahkan anggota koloni lainnya ke sumber makanan. Bersihkan area-area di mana semut sering muncul dengan larutan air dan deterjen untuk menghilangkan jejak feromon mereka.

2. Menggunakan Cairan Pengusir Serangga Alami

Gunakan bahan-bahan alami seperti minyak kayu putih, minyak peppermint, atau cuka untuk membuat cairan pengusir serangga. Semprotkan larutan ini di sekitar pintu, jendela, dan celah-celah lain di mana semut bisa masuk.

3. Menyiapkan Perangkap Semut

Tempatkan perangkap semut di area yang terkena dampak, seperti di sekitar dapur atau ruang makan. Perangkap ini biasanya mengandung umpan yang menarik semut dan menangkap mereka saat mereka mendekat.

4. Menggunakan Cairan Pembunuh Semut

Jika masalah semut terus berlanjut, Anda bisa menggunakan cairan pembunuh semut yang tersedia di pasaran. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar dan menghindari kontak langsung dengan bahan kimia tersebut.

5. Menutup Celah dan Retakan

Perbaiki atau tutup celah dan retakan di dinding, lantai, atau jendela yang dapat digunakan semut sebagai jalur masuk ke dalam rumah. Ini akan membantu mencegah masuknya semut ke dalam rumah Anda.

6. Menjaga Kebersihan

Rutin membersihkan rumah Anda untuk menghilangkan sisa makanan, minuman, atau kelembapan yang dapat menarik semut. Simpan makanan dalam wadah tertutup rapat atau dalam kulkas untuk mencegah semut mencari makanan di dapur Anda.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini secara konsisten, Anda dapat membantu menghilangkan dan mencegah masuknya semut ke dalam rumah Anda. 




Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se wilayah V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)
Sukabumi08 Mei 2024, 19:37 WIB

Mau Jadi Duta Baca Kabupaten Sukabumi 2024, Cek Syaratnya di Sini

Pendaftaran Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024 dibuka, berikut kriteria dan syaratnya.
Finalis Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2023. (Sumber : Istimewa)