Coba Berbohong, 6 Masalah Umum Perilaku Anak Prasekolah dan Cara Mengatasinya

Jumat 26 April 2024, 10:32 WIB
Ilustrasi anak prasekolah. | Foto: Freepik

Ilustrasi anak prasekolah. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Sangat umum bagi anak-anak prasekolah untuk melampaui batas dan kadang-kadang bertingkah, dan orang tua mereka bertanya-tanya bagaimana cara menangani masalah perilaku anak usia 3 dan 4 tahun ini. Amukan dan tangisan, serta menegaskan kemandirian dengan mengatakan “tidak”, adalah perilaku normal pada usia ini.

Meskipun demikian, masalah perilaku tertentu pada anak prasekolah tidak boleh diabaikan, karena dapat berubah menjadi masalah jangka panjang jika tidak ditangani. Berikut masalah perilaku yang umum terjadi pada anak prasekolah.

1. Menyela saat Anda Berbicara

Anak Anda mungkin bersemangat untuk memberitahukan sesuatu atau mengajukan pertanyaan, tetapi membiarkan mereka ikut campur dalam percakapan Anda tidak mengajarkan mereka bagaimana memperhatikan orang lain atau menyibukkan diri ketika Anda sedang sibuk, Akibatnya, mereka akan berpikir bahwa mereka berhak mendapatkan perhatian orang lain dan tidak akan mampu mentoleransi rasa frustasi.

2. Bermain Terlalu Kasar

Anda tahu bahwa Anda harus turun tangan ketika anak-anak memukul teman bermainnya, namun Anda tidak boleh mengabaikan tindakan agresi yang lebih halus seperti mendorong saudaranya atau mencubit temannya. Maka dari itu, penting untuk memiliki kebijakan yang tidak mentoleransi perilaku agresif anak Anda.

Baca Juga: Jelaskan tentang Perbedaan, 4 Cara Bantu Anak Bangun Rasa Percaya Diri Sejak Usia Dini

3. Berpura-pura Tidak Mendengarmu

Memberitahu anak Anda dua, tiga, atau bahkan empat kali untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin mereka lakukan, seperti masuk ke mobil atau mengambil mainannya, mengirimkan pesan bahwa tidak apa-apa mengabaikan Anda dan bahwa mereka bukan sedang menjalankan pertunjukan.

Jika Anda membiarkan perilaku tersebut terus berlanjut, kemungkinan besar anak akan menjadi pemberontak dan suka mengontrol. Daripada berbicara dengan anak Anda dari seberang ruangan, lebih baim berjalanlah ke arah mereka, tingkatkan level mereka, dan beri tahu apa yang perlu mereka lakukan.

4. Membantu Diri Mereka Sendiri untuk Melakukan Apa Saja

Memang nyaman jika anak Anda bisa mendapatkan makanan ringan atau menyalakan TV sendiri, namun membiarkan mereka mengontrol aktivitas yang harus Anda atur akan mengajarkan bahwa mereka tidak perlu mengikuti aturan.

Tetapkan sejumlah kecil peraturan rumah dan sering-seringlah membicarakannya dengan anak Anda.
Menyatakan aturan tersebut dengan lantang akan membantu mereka menginternalisasikannya. Pada usia ini, usahakan untuk membatasi jumlah peraturan rumah menjadi sekitar dua atau tiga. Karena jika lebih dari itu mungkin sulit untuk mereka ingat

5. Memiliki Sedikit Sikap Menyebalkan

Anda mungkin tidak berpikir anak Anda akan memutar mata atau menggunakan nada bicara yang kasar sampai mereka menginjak usia remaja, namun perilaku lancang sering kali dimulai ketika anak-anak prasekolah meniru anak-anak yang lebih besar. Hal ini dilakukan untuk menguji reaksi orang tuanya.

Beberapa orang tua mengabaikannya karena mereka menganggap ini adalah fase yang berlalu. Tetapi jika kamu tidak menghadapinya, kamu mungkin akan mendapati dirimu berada di tengah-tengah siswa kelas tiga yang tidak sopan dan sulit menjalin pertemanan.

Buatlah anak Anda sadar akan perilakunya. Katakan kepada mereka: Saat kamu memutar mata seperti itu, sepertinya kamu tidak menyukai apa yang saya katakan. Tidak apa-apa untuk tidak menyukai keputusan saya, tetapi tidak baik untuk memutar mata.

6. Mencoba Berbohong

Meskipun sepertinya bukan masalah besar jika anak-anak mengatakan bahwa mereka membereskan tempat tidurnya ketika mereka hampir tidak membuka selimutnya, penting untuk menghadapi segala jenis ketidakjujuran. Bagi anak-anak prasekolah, bereksperimen dengan berbohong adalah hal yang sesuai dengan perkembangannya , dan Anda bebas menentukan ekspektasi seputar kejujuran sejak awal.

Saat anak Anda berbohong, duduklah bersama mereka dan luruskan hal itu. Perlakukan ini sebagai kesempatan untuk mengajari anak Anda tentang kejujuran daripada mendisiplinkannya. Anak-anak cenderung terus berbohong ketika mereka takut mendapat masalah atau dihukum.

Selain itu, lihat motivasi mereka berbohong untuk memastikan mereka tidak mencapai tujuannya. Misalnya, jika anak Anda mengatakan bahwa mereka menyikat gigi padahal sebenarnya tidak, mintalah mereka kembali dan menyikat gigi sebelum membiarkannya melakukan aktivitas berikutnya yang ingin mereka lakukan.

Sumber: Parents.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Mei 2024, 16:29 WIB

Termasuk Alumni, 8 Orang Ditangkap Terkait Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi

Polisi sebut duel maut pelajar SMP di Cikembar Sukabumi ini bermula dari janjian di Instagram dan ada peran alumni yang terlibat.
Ilustrasi. Polisi tangkap 8 orang pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life05 Mei 2024, 16:00 WIB

Pantas Anak Sulit Disiplin! 6 Kesalahan Orang Tua Saat Mendidiknya di Masa Kecil

Mendidik anak untuk hidup disiplin terkadang mendapati kegagalan. Hal itu biasanya dipengaruhi oleh kesalahan saat mendidiknya di masa kecil
Ilustrasi - Mendidik anak untuk hidup disiplin terkadang mendapati kegagalan. Hal itu biasanya dipengaruhi oleh kesalahan saat mendidiknya di masa kecil. (Sumber : Pexels/Karolina Grabowska).
Sukabumi05 Mei 2024, 15:24 WIB

Bareng TNI Kawal Capaian Target PAT, Distan Sukabumi: Kolaborasi Kunci Keberhasilan

Distan Kabupaten Sukabumi mengimplementasikan kolaborasi dengan TNI untuk pengawalan bersama terhadap capaian PAT melalui pompanisasi.
Kadistan Sri Hastuty Harahap saat teken perjanjian kerja sama dengan Dandim Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo.  (Sumber : Istimewa)
Inspirasi05 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Scanning di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
(Ilustrasi) Lowongan Kerja Sebagai Scanning di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : iStock)
Life05 Mei 2024, 14:30 WIB

Kesehatan Mental Terganggu! 6 Dampak Buruk Terlalu Keras dan Kasar dalam Mendidik Anak

Siapa sangka, terlalu keras dalam mendidik anak rupanya tidak dianjurkan dalam parenting anak. Karena memiliki dampak buruk nantinya.
Ilustrasi - Siapa sangka, terlalu keras dalam mendidik anak rupanya tidak dianjurkan dalam parenting anak. Karena memiliki dampak buruk nantinya. (Sumber : Pexels/August de Richelieu).
Sehat05 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Sakit Lambung, Instan dan Efektif

Sakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya.
Ilustrasi - ASakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life05 Mei 2024, 13:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya! 6 Bahaya Perselingkuhan Orang Tua kepada Anak

Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga
Ilustrasi - Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga. (Sumber : Pexels/Junery Docto).
Sukabumi05 Mei 2024, 13:19 WIB

Pelaku Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Ditangkap, Polisi Sebut Ada Peran Alumni

Tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, polisi sebut ada peran alumni dalam kejadian ini.
Ilustrasi borgol. Polisi tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. |Foto: Pixabay/jhusemannde.
Sehat05 Mei 2024, 13:00 WIB

Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol.
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)
Sukabumi05 Mei 2024, 12:39 WIB

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Belum tersentuh pemerintah, Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Cidadap Sukabumi ini bikin waswas warga.
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)