Jelaskan tentang Perbedaan, 4 Cara Bantu Anak Bangun Rasa Percaya Diri Sejak Usia Dini

Jumat 26 April 2024, 10:24 WIB
Ilustrasi anak yang percaya diri. | Foto: Freepik

Ilustrasi anak yang percaya diri. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika anak-anak sudah cukup besar untuk merasa ditolak oleh teman-temannya, hal ini akan membuat kita merindukan hari-hari dimana mereka masih bayi, dan ketika kita dapat dengan jelas mengidentifikasi bahaya keselamatan serta melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Seiring bertambahnya usia anak-anak, kita menyadari betapa pentingnya mengidentifikasi dan mengatasi bahaya keamanan emosional tersebut, namun sayangnya, mereka tidak melakukan upaya untuk mengatasi hal tersebut.

Anak-anak berusia sekitar 5 tahun terkenal blak-blakan. Mereka belum mendapatkan keistimewaan sosial dengan tidak menatap, menunjuk, atau melontarkan komentar-komentar yang tidak pantas. Kami memandang apa yang mereka katakan sebagai hal yang memalukan atau menyakitkan, namun seringkali mereka hanya mengatakan apa yang mereka lihat, seperti narator dari pengalaman mereka sendiri. Dan mereka belum menginternalisasikan hal-hal yang disebut norma sosial.

Baca Juga: Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Berikut ini cara untuk membantu anak-anak membangun rasa percaya diri:

1. Puji Sifat dan Perilaku Tertentu

Untuk fokus membangun kepercayaan diri dan harga diri di rumah, pujilah sifat dan perilaku tertentu, seperti "Saya suka cara Anda menggunakan imajinasi Anda untuk membuat permainan menyenangkan itu. Ingatlah bahwa ketika memuji, yang penting adalah pujian itu selektif dan tulus.

2. Jelaskan tentang Perbedaan

Pada usia ini, anak-anak menjadi lebih menyadari betapa mereka sama dan berbeda, sehingga Anda juga dapat memahami dalam percakapan sehari-hari betapa kerennya setiap orang itu unik. Tanyakan kepada anak Anda apa yang menurutnya membuat mereka berbeda dari anak-anak lain, dan apa yang mereka sukai atau tidak sukai dari perbedaan tersebut. Sertakan juga apa yang Anda sukai dari perbedaan mereka. Pesan positif yang konsisten dari orang tua ini berperan penting dalam membuat setiap anak merasa percaya diri dan memiliki harga diri yang kuat.

3. Amati Interaksi dengan Teman Sebayanya

Jika merasa anak Anda dipilih oleh teman-temannya karena sifat uniknya, Anda perlu beralih dari membangun rasa percaya diri di rumah menjadi mengamati apa yang terjadi di seluruh dunia. Anak Anda mungkin menganggap tanggapan anak-anak lain sebagai hal yang negatif, atau mungkin juga tidak.

Maka dari itu, amati interaksinya jika memungkinkan, bicarakan dengan guru tentang apa yang mereka lihat, dan teruslah berbicara dengan anak Anda. Mereka mungkin ingin mengubah kebiasaannya sehingga mereka merasa lebih nyaman dengan anak-anak lain, atau Anda mungkin menilai bahwa hal itu akan membantu mereka lebih akrab dengan anak-anak lain dengan melakukan beberapa perubahan.

4. Beri Mereka Alat untuk Mengatasinya

Kenyataan dari perkembangan sosial adalah kita harus mempunyai ekspektasi sosial yang perlu dipatuhi seiring bertambahnya usia. Kita ingin anak-anak selalu mencintai diri mereka sendiri, namun ada kalanya kita juga dapat membantu mereka mengubah perilaku.

Bagian dari uraian tugas kita sebagai orang tua adalah membimbing mereka melalui pertumbuhan sebagai makhluk sosial di dunia. Menargetkan rasa percaya diri dan harga diri meletakkan dasar keamanan emosional di rumah, yang memberikan anak-anak kita alat untuk mengelola apa yang tidak dapat kita kendalikan di bagian lain dunia mereka.

Yang penting adalah Anda ada untuk mereka, merayakan siapa mereka sebagai pribadi, dan menemani setiap langkahnya. Saat mereka mengetahui siapa diri mereka di dunia ini, satu demi satu fase sosial, maka mereka akan mengetahui pada intinya bahwa mereka dicintai dan istimewa. Percayalah, hal ini memiliki kekuatan yang lebih besar untuk membangun kepercayaan diri dan harga diri dibandingkan dengan cara termewah yang bisa dibeli dengan uang.

Sumber: Parents.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)