Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Rabu 24 April 2024, 13:58 WIB
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring

Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring

SUKABUMIUPDATE.com - Pada suatu saat, hampir semua anak akan berusaha keras memandang orang tuanya, dan menjawab dengan tegas, "Tidak!" ketika mereka disuruh melakukan sesuatu. Meskipun hal ini membuat frustasi, ketidakpatuhan dapat menjadi bagian dari perkembangan anak yang sehat.

Ketika anak-anak menguji batasan atau menegaskan diri mereka sendiri, mereka berusaha menjadi lebih mandiri. Meskipun kemandirian yang mulai tumbuh merupakan hal yang sehat, namun pola pembangkangan yang terus menerus tidaklah sehat.

Apakah anak-anak Anda berkata, “Kamu tidak bisa memaksa saya!” ketika Anda menyuruh mereka untuk mengambil mainannya, atau mereka berpura-pura tidak dapat mendengar ketika Anda memberitahu mereka bahwa sudah waktunya untuk masuk ke dalam rumah, maka segera ambil tindakan yang tepat untuk memotivasi mereka agar mulai mendengarkan dengan lebih baik.

Berikut cara menanggapi saat anak tidak patuh

1. Berikan Perhatian Positif

Ketidakpatuhan bisa menjadi cara yang bagus bagi anak-anak untuk mendapatkan banyak perhatian. Meski perhatiannya negatif, sebagian anak tetap mendambakannya. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa mengabaikan perilaku tidak patuh efektif dalam membuat anak lebih patuh.

Cara lain untuk mencegah perilaku mencari perhatian karena ketidakpatuhan adalah dengan memberikan perhatian positif.

2. Puji Perilaku Patuh

Meskipun sulit untuk memperhatikan perilaku yang baik ketika anak Anda terus-menerus menolak untuk mendengarkan, namun penting untuk menemukan perilaku yang baik untuk dipuji. Anda bahkan mungkin harus memberikan anak-anak Anda beberapa permintaan sederhana dengan tujuan memberi pujian atas kepatuhan mereka.

Baca Juga: Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

3. Berikan Instruksi yang Efektif

Pastikan perilaku menantang yang Anda saksikan benar-benar merupakan pembangkangan. Jika anak tidak mendengarkan Anda, atau perhatian mereka terlalu teralihkan saat bermain video game atau menggunakan ponsel, Anda mungkin perlu mengubah cara memberikan arahan.

Menjalin kontak mata atau meletakkan tangan di bahunya akan membantu menarik perhatiannya sebelum berbicara. Matikan kebisingan latar belakang dan pastikan anak-anak memperhatikan sehingga mereka dapat menyerap apa yang Anda perintahkan.

4. Tawarkan Pilihan Spesifik

Salah satu cara terbaik untuk melawan perilaku menantang adalah dengan menawarkan dua pilihan. Saat menawarkan pilihan, anak Anda merasa mereka punya kendali atas situasi.

5. Gunakan Aturan Disiplin Nenek

Aturan Disiplin Nenek yang membingkai segala sesuatunya sebagai insentif dan bukannya menunjukkan konsekuensi negatif, dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk mendorong kepatuhan. Jika digunakan secara rutin, anak-anak akan mulai menyadari bahwa mereka mempunyai kendali atas kapan mereka akan memperoleh hak istimewa tersebut.

6. Buat Sistem Penghargaan

Ciptakan sistem penghargaan yang memberi anak Anda insentif untuk patuh. Berikan penguatan positif sesering mungkin dan pertimbangkan untuk menciptakan sistem ekonomi token agar anak Anda tetap pada jalurnya. Ini adalah bentuk modifikasi perilaku yang berfungsi untuk mendorong perilaku yang sehat dan kooperatif dengan menawarkan penguatan (atau penghargaan) yang positif.

7. Kembangkan Kontrak Perilaku

Kontrak perilaku mengingatkan anak-anak bahwa mereka dapat memperoleh lebih banyak hak istimewa setelah menunjukkan bahwa mereka dapat berperilaku secara bertanggung jawab. Kontrak perilaku yang efektif dapat membantu anak-anak menunjukkan kapan mereka siap untuk mendapatkan lebih banyak hak istimewa.

8. Hindari Perebutan Kekuasaan

Hindari terlibat perebutan kekuasaan dengan anak yang tidak patuh. Ketika Anda berebut kekuasaan, hal itu hanya akan memperburuk perlawanan. Sebaliknya, gunakan peringatan seperti pernyataan “jika / maka” untuk membalikkan perilaku tersebut. Berikan satu peringatan saja dan tindak lanjuti dengan konsekuensi bila perlu.

9. Gunakan Konsekuensi Logis

Setiap contoh ketidakpatuhan harus diatasi dengan konsekuensi negatif. Time-out atau konsekuensi logis seperti hilangnya hak istimewa, merupakan cara yang efektif untuk mencegah pembangkangan. Perlu diingat, disiplin yang konsisten adalah kunci untuk mengurangi perilaku menantang.

10. Carilah Bantuan Profesional

Meskipun pembangkangan ekstrem dapat menandakan masalah yang lebih serius, seperti gangguan pembangkangan oposisi, dan ketidakpatuhan yang terjadi sesekali adalah masalah perilaku anak yang normal. Jika khawatir anak Anda mungkin mempunyai masalah yang lebih serius, atau jika strategi disiplin Anda tidak berhasil, bicarakan dengan dokter anak anak untuk mendapatkan bantuan profesional.

Selain mencari penjelasan atas perilaku tersebut, dokter anak Anda mungkin dapat memberikan saran untuk kelas atau lokakarya parenting yang dapat membantu Anda mengasah keterampilan Anda.

Sumber: Very Well Family

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola06 Mei 2024, 10:32 WIB

Miel Mundt dan Van Gogh, Kisah Pesepak Bola Eropa-Belanda Kelahiran Sukabumi

Lothar Van Gogh menyelamatkan Belanda dalam pertandingan melawan Belgia.
Lothar Van Gogh (duduk-posisi sebelah kanan). Van Gogh adalah pesepak bola Belanda kelahiran Sukabumi pada 7 Februari 1888. | Foto: Irman Firmansyah
Life06 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Bahaya Perceraian Orang Tua pada Anak yang Diabaikan

Perceraian kedua orang tua pada akhirnya akan memiliki dampak buruk terhadap kondisi psikologi seorang anak di kemudian hari.
Ilustrasi. Dampak buruk perceraian orang tua kepada anak. Sumber Foto : Pexels/ Gustavo Fring
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Life06 Mei 2024, 09:34 WIB

Orang Tua Wajib Tahu Dampak Buruknya, Ini 6 Bahaya Terlalu Mengekang Anak!

Terlalu mengekang anak rupanya tidak baik untuk perkembangannya saat tumbuh dewasa. Dampak buruk dari pola asuh tersebut sangat besar.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu mengekang anak. Sumber foto : Pexels/Antoni Shkraba
Sehat06 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup Sehat dan Bahagia, 5 Langkah Sederhana Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya.
Ilustrasi - Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi06 Mei 2024, 08:40 WIB

Melalui Diskumindag, Pemkot Sukabumi Fokus Berdayakan Potensi UMKM

Pemberdayaan UMKM merupakan target yang dibebankan kepada Diskumindag.
Opening ceremony program UMKM Naik Kelas di Ruang Pertemuan Balai Kota Sukabumi, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 08:12 WIB

Masyarakat Ingin Perubahan? 7 Nama Potensial untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi

Terdapat tujuh kandidat yang berpotensi menjadi pemimpin di Kabupaten Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Direktur JSPP Muhamad Salman Ramdhani menyampailkan pandangannya terkait hasil survei Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024. | Foto: SU
Inspirasi06 Mei 2024, 08:00 WIB

Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development

Jika Minat dengan Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development, Simak Informasi Berikut!
Ilustrasi. Wawancara kerja. | Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development (Sumber : Freepik.com)
Life06 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?
Ilustrasi. Tertawa bersama teman. | Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri. Foto: Freepik
Food & Travel06 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Air Lemon. Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat | Foto:  Pixabay/Ri_Ya