11 Cara Terbaik Membangun Kepercayaan Diri pada Anak, Bunda Perlu Tahu!

Minggu 07 April 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Membangun kepercayaan diri pada anak adalah hal penting yang harus diperhatikan orang tua. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)

Ilustrasi - Membangun kepercayaan diri pada anak adalah hal penting yang harus diperhatikan orang tua. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)

SUKABUMIUPDATE.com - Membantu anak menumbuhkan rasa percaya diri sama pentingnya dengan memastikan mereka makan dan minum dengan baik. Sebab, rendah diri pada anak bisa menyebabkan depresi, kebencian pada diri sendiri, dan susah untuk berkembang.

Mengapa Harga Diri pada Anak Begitu Penting?

Perkembangan harga diri dimulai sejak dini pada anak-anak dan sangat terkait dengan kedewasaan mereka nantinya. Kegagalan yang berulang dapat menyebabkan masalah harga diri dan penurunan kepercayaan diri.

Sebaliknya, kesuksesan cenderung menanamkan rasa pencapaian dan kepastian terhadap kemampuan mereka. Namun, anak perlu merasakan rasa bangga atas tindakannya tanpa merasa pantas mendapatkan kemenangan tanpa kerja keras.

Baca Juga: Lompat Tali, 6 Latihan Sederhana yang Dapat Membantu Anak Tumbuh Tinggi

Anak-anak dengan harga diri yang tinggi secara alami akan menyadari bahwa kepercayaan diri mereka membuahkan hasil yang diinginkan, yang selanjutnya meningkatkan peluang mereka untuk mengambil tugas yang lebih menantang untuk membuktikan diri.

Semakin mereka merasa aman, semakin baik kinerja mereka. Hal ini sangat penting agar mereka dapat diterima oleh figur penting seperti orang tua dan guru, yang dukungan dan dorongannya dapat mendorong mereka.

Nah, berikut ini ada beberapa cara membangun kepercayaan diri pada anak, dikutip dari parenting.firstcry.

Baca Juga: 11 Cara Sederhana Menambah Tinggi Badan Anak, Orang Tua Yuk Pahami

1. Habiskan Waktu Bersama Mereka

Sebagai orang tua, penting untuk selalu ada untuk anak Anda. Ini berarti menghabiskan waktu bersama mereka, meskipun hanya sekedar mengajak mereka makan es krim, membacakan cerita dan sebagainya.

Anak-anak di sekolah dasar memerlukan perhatian Anda lebih banyak lagi. Jangan lupa untuk fokus pada mereka selama waktu ini, karena anak-anak cukup tanggap untuk mengetahuinya.

2. Biarkan Mereka Memilih

Memberi anak Anda kebebasan memilih membuat mereka merasa memiliki kendali atas hidup mereka. Pertimbangkan untuk memberi mereka pilihan makanan, pakaian untuk hari itu, dan sebagainya, namun hindari terlalu banyak pilihan, terutama jika mereka masih sangat muda.

Baca Juga: Bantu Anak Tumbuh Tinggi: 11 Makanan dan Minuman Bergizi serta Manfaatnya

Pastikan mereka juga menyadari konsekuensi dari pilihan mereka, sehingga mereka dapat mengambil opini yang sesuai.

3. Yakinkan Mereka Secara Bertahap

Anak-anak perlu tahu bahwa mereka tidak harus selalu sempurna. Cobalah untuk menunjukkan belas kasih dan pengertian dalam reaksi Anda terhadap kegagalan mereka.

Semakin banyak kekecewaan yang Anda tunjukkan, semakin besar pula tingkat kepercayaan diri mereka. Hal ini juga berlaku pada anak-anak kecil, untuk tahap-tahap penting seperti belajar berjalan, berpakaian, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Makanan yang Dapat Membantu Anak Tumbuh Tinggi

4. Beri Mereka Pujian yang Tulus

Pujian yang tulus menunjukkan kepada anak bahwa orang tua menghargai usaha dan prestasinya. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dan memotivasi mereka untuk terus berusaha.

5. Tetapkan Batasan

Meskipun memberi mereka kebebasan untuk melakukan berbagai hal sesuai kecepatan mereka, tetapkan batasan dan persyaratan. Misalnya, jika tugas mereka adalah mencuci piring atau membersihkan kamar pada hari tertentu, desak agar mereka menyelesaikan pekerjaannya.

Bantulah mereka memahami bahwa tidak melakukan bagian mereka akan berdampak pada orang-orang di sekitar mereka juga.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Mengarahkan!

6. Jangan Menghina Mereka

Tidaklah baik untuk melampiaskan amarah Anda pada anak-anak Anda. Jangan pernah melecehkan mereka, menyebut nama mereka, menghina mereka dengan cara apa pun, atau meremehkan perasaan mereka.

Ingatlah bahwa Anda menyayangi anak Anda, meskipun tindakannya memengaruhi Anda. Penguatan negatif mungkin membuat mereka mengubah cara hidupnya untuk sementara, namun dapat menghancurkan harga diri mereka dalam jangka panjang.

7. Biarkan Mereka Memikirkannya

Jika Anda melakukan segalanya untuk anak Anda, mereka tidak akan pernah belajar menyelesaikan masalahnya sendiri. Ini mungkin menakutkan bagi Anda, namun membiarkan mereka mengambil risiko adalah cara terbaik bagi mereka untuk menghadapi tantangan baru.

Misalnya, biarkan anak Anda menuangkan segelas air untuk dirinya sendiri meskipun itu berarti dia akan menumpahkan setengahnya. Mereka akan tahu bagaimana menghadapi masalah di lain waktu.

8. Beri Mereka Tanggung Jawab

Mintalah mereka untuk membantu aktivitas di sekitar rumah dan membuat mereka bertanggung jawab atas tugas-tugas tersebut. Hal ini akan membuat mereka mandiri dan bersedia melakukan segala sesuatunya sendiri.

Rasa kompetensi ini merupakan bagian integral dalam membangun harga diri anak-anak karena membuat mereka merasa bahwa mereka menyumbangkan sesuatu yang berharga.

9. Perlakukan Mereka Tanpa Syarat

Terimalah anak Anda apa adanya. Pegang, cium, peluk mereka, tunjukkan kasih sayang sebanyak-banyaknya. Hindari segala bentuk perbandingan dengan saudara atau teman yang berprestasi lebih baik di sekolah.

Anak-anak perlu tahu bahwa Anda akan selalu ada untuk mereka apapun yang terjadi agar mereka merasa aman dengan diri mereka sendiri dan kemampuan mereka.

10. Pelajari Perspektif Mereka

Pahami bahwa tidak semua anak sama, dan tidak ada anak yang memandang dunia seperti Anda. Jika si kecil menangis atau merengek tanpa alasan, mungkin saja itu karena sudut pandang Anda. Anak-anak dipengaruhi oleh hal-hal yang berbeda dibandingkan orang dewasa dan tentunya lebih rentan secara emosional.

11. Kembangkan Harga Diri Anda Sendiri

Sebelum anak Anda dapat membangun harga dirinya, penting bagi Anda untuk percaya diri. Orang tua harus menjadi panutan pertama ketika anak belajar segalanya dari Anda. Jika Anda mengerjakan tugas Anda tanpa mengeluh, anak Anda akan belajar melakukan hal yang sama.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Meminta Rezeki dari Segala Penjuru: Halal, Berkah dan Berlimpah

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi. Berdoa.  Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel
Jawa Barat02 Mei 2024, 17:52 WIB

Sukseskan WHO24, LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang

Untuk sukseskan program Wajib Halal Oktober 2024 (WHO24), formatur pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal Edukasi Wakaf Indonesia (LP3H EWI) Kabupaten Bogor menginisiasi temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Jabar
LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang | Foto : Ist
Sukabumi02 Mei 2024, 17:28 WIB

Setuju Duel Terkapar 1, Polisi Tetapkan 2 Tersangka Tawuran Pelajar di Palabuhanratu Sukabumi

Polisi ungkap kronologi aksi tawuran yang viral di media sosial antara dua kelompok pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang menelan korban luka parah.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Bola02 Mei 2024, 16:28 WIB

Malam Ini, Nobar Pila AFC U-23 Indonesia VS Irak di Halaman Mapolres Kota Sukabumi

Perebutan juara ketiga yang mempertemukan antara Indonesia dengan Irak itu akan digelar hari ini pada Kamis (02/5) sekira pukul 22:30 WIB, malam.
Nonton bareng pertandingan Piala AFC U-23 Indonesia vs Irak di Halaman Maporles Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay