7 Rekomendasi Makanan yang Dapat Membantu Anak Tumbuh Tinggi

Kamis 04 April 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi -  Pola makan mempunyai peran penting dalam membantu pertumbuhan anak. (Sumber : pexels.com/@Alex Green).

Ilustrasi - Pola makan mempunyai peran penting dalam membantu pertumbuhan anak. (Sumber : pexels.com/@Alex Green).

SUKABUMIUPDATE.com - Memahami peran gizi dalam pertumbuhan anak penting untuk dijelaskan bahwa meskipun faktor genetik memainkan peran penting, pola makan bergizi sangat penting dalam proses pertumbuhan anak.

Mengutip healthyheights, Ahli bedah ortopedi terkenal menekankan pentingnya pola makan kaya kalsium dan vitamin D selama masa pra-remaja dan remaja. Anak perempuan biasanya mengalami pertumbuhan paling cepat antara usia 10 hingga 14 tahun, dan berakhir sekitar usia 16 tahun.

Sebaliknya, anak laki-laki tumbuh paling cepat dari usia 12 tahun hingga sekitar 16 atau 18 tahun, dan beberapa, dalam kasus yang jarang terjadi, terus tumbuh hingga usia 20 tahun.

Baca Juga: Bunda Harus Tahu dan Mengarahkan, Ini 8 Cara Cepat Agar Anak Tumbuh Tinggi

Setelah periode pertumbuhan yang cepat ini, tinggi badan kita biasanya tidak bertambah banyak. Namun, menjaga pola makan seimbang hingga dewasa dapat membantu mencegah pengeroposan dan penyusutan tulang, terutama di usia lanjut.

Nutrisi penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tinggi badan termasuk protein, kalsium, vitamin D, magnesium, vitamin B, dan vitamin C.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan bergizi untuk membantu anak tumbuh tinggi, disadur dari Times of India.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Mengarahkan!

1. Makanan Olahan Susu

Selain susu, makanan olahan susu juga sebaiknya dikonsumsi karena berpengaruh terhadap tinggi badan. Makanan seperti keju yoghurt, whipping cream, dan es krim kaya akan vitamin A, B, D, dan E.

Makanan tersebut juga mengandung protein dan kalsium. Vitamin D dan kalsium sangat penting untuk anak tumbuh tinggi. Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan pertambahan tinggi badan yang rendah. Mendapatkan kalsium yang cukup juga penting, terutama selama masa pubertas.

2. Pati dan biji-bijian

Pati dan biji-bijian merupakan sumber energi utama dalam tubuh manusia. Selain itu, dalam makanan jenis ini menyediakan vitamin B, serat, zat besi, magnesium dan selenium. Karena menyediakan kalori yang dibutuhkan, konsumsinya harus ditingkatkan, terutama pada masa pubertas, ketika anak-anak sedang melalui fase pertumbuhan yang pesat.

Baca Juga: 6 Tips Menambah Tinggi Badan Secara Alami dan Sehat, Atur Pola Makan!

Nasi merah, popcorn, gandum utuh, dan pasta gandum utuh bermanfaat untuk anak tumbuh tinggi

3. Telur

Telur termasuk sumber protein yang baik. Albumen putih dalam telur mengandung 100 persen protein tetapi Anda harus menghindari kuknya karena mengandung lemak. Telur juga mengandung vitamin B2, yang juga dikenal sebagai riboflavin. Untuk menambah tinggi badan, 2-4 butir telur harus dimasukkan dalam menu makanan anak sejak dini.

4. Kedelai

Kedelai mengandung protein tertinggi di antara semua makanan vegetarian. Kandungan protein murni di dalam kedelai dapat meningkatkan massa tulang dan jaringan. Untuk menambah tinggi badan, dianjurkan mengonsumsi 50 gram kedelai setiap hari. Para vegetarian dapat memenuhi kebutuhan proteinnya dari kedelai yang sangat bergizi.

5. Sayuran Berdaun

Keluarga sayuran berwarna hijau tua seperti bayam mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, serat, folat, magnesium, zat besi, kalium dan kalsium. Hal ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan. Itu sebabnya jika Anda ingin anak Anda tumbuh tinggi, maka sertakan sayuran hijau dalam makanan untuk menambah tinggi badannya.

6. ​Pisang

Pisang merupakan buah yang paling penting bagi anak Anda untuk menambah tinggi badan. Ini kaya akan banyak nutrisi penting seperti potasium, mangan, kalsium, serat larut, Vitamin B6, C, A, dan prebiotik yang sehat. Ini adalah salah satu makanan yang tidak bisa Anda abaikan saat memilih makanan seimbang untuk anak Anda guna menambah tinggi badan.

7. Ikan

Ikan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tinggi badan karena mengandung asam lemak omega-3. 100 gram ikan salmon mengandung 2,3 gram omega-3, serta zat besi, kalsium, fosfor, selenium, dan vitamin penting.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2017, asam lemak omega-3 memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak sekaligus meningkatkan fungsi kognitif, kesehatan jantung, dan sistem kekebalan tubuh.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)