7 Rekomendasi Makanan yang Dapat Membantu Anak Tumbuh Tinggi

Kamis 04 April 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi -  Pola makan mempunyai peran penting dalam membantu pertumbuhan anak. (Sumber : pexels.com/@Alex Green).

Ilustrasi - Pola makan mempunyai peran penting dalam membantu pertumbuhan anak. (Sumber : pexels.com/@Alex Green).

SUKABUMIUPDATE.com - Memahami peran gizi dalam pertumbuhan anak penting untuk dijelaskan bahwa meskipun faktor genetik memainkan peran penting, pola makan bergizi sangat penting dalam proses pertumbuhan anak.

Mengutip healthyheights, Ahli bedah ortopedi terkenal menekankan pentingnya pola makan kaya kalsium dan vitamin D selama masa pra-remaja dan remaja. Anak perempuan biasanya mengalami pertumbuhan paling cepat antara usia 10 hingga 14 tahun, dan berakhir sekitar usia 16 tahun.

Sebaliknya, anak laki-laki tumbuh paling cepat dari usia 12 tahun hingga sekitar 16 atau 18 tahun, dan beberapa, dalam kasus yang jarang terjadi, terus tumbuh hingga usia 20 tahun.

Baca Juga: Bunda Harus Tahu dan Mengarahkan, Ini 8 Cara Cepat Agar Anak Tumbuh Tinggi

Setelah periode pertumbuhan yang cepat ini, tinggi badan kita biasanya tidak bertambah banyak. Namun, menjaga pola makan seimbang hingga dewasa dapat membantu mencegah pengeroposan dan penyusutan tulang, terutama di usia lanjut.

Nutrisi penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tinggi badan termasuk protein, kalsium, vitamin D, magnesium, vitamin B, dan vitamin C.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan bergizi untuk membantu anak tumbuh tinggi, disadur dari Times of India.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Mengarahkan!

1. Makanan Olahan Susu

Selain susu, makanan olahan susu juga sebaiknya dikonsumsi karena berpengaruh terhadap tinggi badan. Makanan seperti keju yoghurt, whipping cream, dan es krim kaya akan vitamin A, B, D, dan E.

Makanan tersebut juga mengandung protein dan kalsium. Vitamin D dan kalsium sangat penting untuk anak tumbuh tinggi. Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan pertambahan tinggi badan yang rendah. Mendapatkan kalsium yang cukup juga penting, terutama selama masa pubertas.

2. Pati dan biji-bijian

Pati dan biji-bijian merupakan sumber energi utama dalam tubuh manusia. Selain itu, dalam makanan jenis ini menyediakan vitamin B, serat, zat besi, magnesium dan selenium. Karena menyediakan kalori yang dibutuhkan, konsumsinya harus ditingkatkan, terutama pada masa pubertas, ketika anak-anak sedang melalui fase pertumbuhan yang pesat.

Baca Juga: 6 Tips Menambah Tinggi Badan Secara Alami dan Sehat, Atur Pola Makan!

Nasi merah, popcorn, gandum utuh, dan pasta gandum utuh bermanfaat untuk anak tumbuh tinggi

3. Telur

Telur termasuk sumber protein yang baik. Albumen putih dalam telur mengandung 100 persen protein tetapi Anda harus menghindari kuknya karena mengandung lemak. Telur juga mengandung vitamin B2, yang juga dikenal sebagai riboflavin. Untuk menambah tinggi badan, 2-4 butir telur harus dimasukkan dalam menu makanan anak sejak dini.

4. Kedelai

Kedelai mengandung protein tertinggi di antara semua makanan vegetarian. Kandungan protein murni di dalam kedelai dapat meningkatkan massa tulang dan jaringan. Untuk menambah tinggi badan, dianjurkan mengonsumsi 50 gram kedelai setiap hari. Para vegetarian dapat memenuhi kebutuhan proteinnya dari kedelai yang sangat bergizi.

5. Sayuran Berdaun

Keluarga sayuran berwarna hijau tua seperti bayam mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, serat, folat, magnesium, zat besi, kalium dan kalsium. Hal ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan. Itu sebabnya jika Anda ingin anak Anda tumbuh tinggi, maka sertakan sayuran hijau dalam makanan untuk menambah tinggi badannya.

6. ​Pisang

Pisang merupakan buah yang paling penting bagi anak Anda untuk menambah tinggi badan. Ini kaya akan banyak nutrisi penting seperti potasium, mangan, kalsium, serat larut, Vitamin B6, C, A, dan prebiotik yang sehat. Ini adalah salah satu makanan yang tidak bisa Anda abaikan saat memilih makanan seimbang untuk anak Anda guna menambah tinggi badan.

7. Ikan

Ikan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tinggi badan karena mengandung asam lemak omega-3. 100 gram ikan salmon mengandung 2,3 gram omega-3, serta zat besi, kalsium, fosfor, selenium, dan vitamin penting.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2017, asam lemak omega-3 memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak sekaligus meningkatkan fungsi kognitif, kesehatan jantung, dan sistem kekebalan tubuh.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Gula Darah Naik (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update