11 Cara Sederhana Menambah Tinggi Badan Anak, Orang Tua Yuk Pahami

Jumat 05 April 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi - Cara sederhana yang diterapkan oleh orang tau dapat membantu menambah tinggi badan anak. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production).

Ilustrasi - Cara sederhana yang diterapkan oleh orang tau dapat membantu menambah tinggi badan anak. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production).

SUKABUMIUPDATE.com - Semua orang tua pasti ingin anak-anak mereka menjadi tinggi dan kuat, karena hal ini secara luas dianggap sebagai tanda kesehatan yang baik. Orang tua biasanya berusaha keras untuk memastikan bahwa anak-anak mereka tumbuh dengan sehat, dan tinggi.

Sebenarnya dalam hal ini gen mempunyai pengaruh paling besar dalam menentukan tinggi badan seorang anak. Namun, gen bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhinya. Banyak faktor eksternal, seperti kondisi kehidupan dan pola makan yang sehat, dapat cukup mempengaruhi tinggi badan anak.

Oleh karena itu, orang tua dapat meningkatkan peluang anaknya untuk tumbuh menjadi tinggi dan kuat melalui cara-cara sederhana. Ingatlah bahwa setiap anak berbeda dan akan berkembang pada waktunya masing-masing.

Baca Juga: Bantu Anak Tumbuh Tinggi: 11 Makanan dan Minuman Bergizi serta Manfaatnya

Yang dapat Anda lakukan hanyalah mendukung mereka dengan bantuan cara-cara yang disebutkan di bawah ini dan membuat anak Anda tumbuh lebih tinggi. Ada banyak cara orang tua dapat memengaruhi tinggi badan anaknya, dan berikut adalah daftar 11 cara terbaiknya yang dikutip dari parenting.firstcry.

1. Pola Makan Seimbang

Aspek terpenting dalam cara menambah tinggi badan anak Anda adalah memastikan ia mendapat nutrisi yang tepat. Makanan yang dikonsumsinya harus sehat agar tumbuh tinggi. Pola makan yang seimbang harus mencakup protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam proporsi yang benar.

Anda juga harus memastikan bahwa anak Anda selalu menjauhi junk food termasuk makanan seperti burger, minuman manis soda, dan makanan yang digoreng secara umum. Protein tanpa lemak harus didapat dalam jumlah banyak, bersama dengan sayuran berdaun dan makanan yang kaya mineral seperti kalsium dan potasium.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Makanan yang Dapat Membantu Anak Tumbuh Tinggi

Karbohidrat sederhana seperti pizza dan kue sebagian besar harus dihindari. Seng diketahui mempunyai dampak besar pada pertumbuhan anak, sehingga makanan kaya seng seperti biji labu dan kacang tanah juga harus ditambahkan ke dalam menu makanan mereka. Pola makan yang seimbang tidak hanya memberikan nutrisi yang tepat untuk menambah tinggi badan anak Anda tetapi juga akan membuatnya lebih kuat dalam segala hal.

2. Latihan Peregangan

Latihan peregangan , meskipun sederhana, dapat berdampak besar pada tinggi badan anak Anda. Memperkenalkan anak pada latihan peregangan sejak dari kecil akan memudahkan proses anak tumbuh tinggi.

Peregangan membantu memanjangkan tulang belakang dan juga memperbaiki postur tubuh anak Anda setiap saat. Latihannya bisa sederhana. Buat dia berdiri berjinjit dengan punggung menempel ke dinding dan regangkan otot-otot di kakinya sambil meraih ke atas secara bersamaan.

Baca Juga: Bunda Harus Tahu dan Mengarahkan, Ini 8 Cara Cepat Agar Anak Tumbuh Tinggi

Latihan peregangan sederhana lainnya melibatkan anak duduk di lantai dengan kaki terbuka lebar, dan menyentuh jari-jari kaki kedua kaki dengan lengannya.

3. Latihan Menggantung

Menggantung telah direkomendasikan selama beberapa dekade, bagi para orang tua yang ingin anaknya menjadi lebih tinggi. Menggantung di jeruji juga membantu memanjangkan tulang belakang, yang merupakan bagian penting untuk menjadi lebih tinggi.

Selain melakukan gantung diri secara rutin, Anda juga bisa mendorong anak Anda untuk melakukan pull-up dan chin-up. Ini membuat otot lengan dan punggung anak menjadi lebih kuat dan termasuk latihan yang bagus untuk membantunya tetap bugar.

4. Yoga

Latihan yoga melibatkan banyak peregangan dan keseimbangan, sehingga sangat ideal bagi anak-anak untuk menambah tinggi badan mereka. Beberapa asana yoga sangat bermanfaat dalam membantu anak Anda tumbuh tinggi.

5. Latihan Skipping

Skipping dikenal karena efeknya yang luar biasa pada jantung, ini juga merupakan latihan yang bagus untuk dilakukan jika Anda ingin anak Anda menjadi lebih tinggi. Tubuh meregang seluruhnya ketika seseorang melakukan lompatan, sehingga mendorong pertumbuhan vertikal pada anak.

6. Berenang

Berenang adalah kebiasaan sehat lainnya yang membantu anak Anda tetap aktif dan menikmatinya. Berenang adalah olahraga seluruh tubuh, artinya berenang melatih semua otot di tubuh dengan efek yang luar biasa.

Berenang dalam waktu lama dapat membantu anak Anda menghilangkan lemak berlebih, sehingga membuatnya lebih sehat secara keseluruhan. Latihan ini melibatkan banyak peregangan ke depan, yang memperkuat tulang belakang dan menjadi landasan bagi tubuh yang tinggi dan sehat.

7. Jogging

Jogging adalah olahraga yang luar biasa, tidak hanya untuk anak-anak, namun juga memiliki beragam manfaat bagi orang dewasa. Jogging memperkuat tulang di kaki dan juga meningkatkan jumlah HGH, hormon pertumbuhan, yang dibutuhkan untuk setiap pertumbuhan tubuh.

Agar lebih menyenangkan, Anda mungkin bisa mengajak anak Anda dan menjadikan jogging sebagai aktivitas yang Anda lakukan bersama.

8. Tidur

Pentingnya tidur tidak pernah cukup untuk ditekankan, tidak hanya untuk anak-anak – juga untuk orang dewasa. Melewatkan tidur sesekali tidak mempengaruhi pertumbuhan anak Anda dalam jangka panjang. Namun, Anda harus memastikan bahwa anak mendapatkan tidur yang cukup selama 8 jam hampir setiap malam, agar ia menjadi lebih tinggi dan kuat.

Pasalnya, hormon pertumbuhan pada anak yaitu HGH hanya dikeluarkan saat anak tidur. Hal ini berperan langsung dalam membuat anak Anda lebih tinggi, jadi melewatkan tidur terus-menerus jelas merupakan ide yang buruk.

9. Menjaga Postur tubuh

Untuk menambah tinggi badan anak Anda, penting bagi ia untuk memiliki postur tubuh yang benar. Merosot atau membungkuk dapat memberikan tekanan yang tidak perlu pada tulang belakang yang dapat menimbulkan banyak dampak negatif pada tubuh.

Selain itu, postur tubuh yang buruk dapat mengubah bentuk tulang belakang anak Anda sehingga dapat mengganggu pertumbuhannya. Pastikan anak Anda mempraktikkan postur tubuh yang baik tidak hanya untuk menambah tinggi badannya tetapi juga untuk mencegah masalah kesehatan jangka panjang. Ingatkan dia untuk duduk dan berdiri tegak setiap kali Anda melihatnya membungkuk.

10. Dapatkan Sinar matahari

Sinar matahari adalah sumber Vitamin D. Vitamin D membantu pertumbuhan otot dan tulang yang akan membantu meningkatkan tinggi badan anak Anda. Vitamin D sangat membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan dan membantu memperkuat tulang anak Anda.

11. Bersepeda

Saat bersepeda, Anda harus berusaha keras untuk menjalankan siklus dengan cepat dan lancar. Seseorang harus mendayung, yang memperkuat tulang-tulang kaki dan meregangkan otot-otot kaki.

Gerakan kaki ini memulai peningkatan tinggi badan. Jadi, Anda harus mendorong anak Anda untuk melakukan bersepeda sistematis setidaknya setengah jam setiap hari.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi05 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Scanning di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
(Ilustrasi) Lowongan Kerja Sebagai Scanning di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : iStock)
Life05 Mei 2024, 14:30 WIB

Kesehatan Mental Terganggu! 6 Dampak Buruk Terlalu Keras dan Kasar dalam Mendidik Anak

Siapa sangka, terlalu keras dalam mendidik anak rupanya tidak dianjurkan dalam parenting anak. Karena memiliki dampak buruk nantinya.
Ilustrasi - Siapa sangka, terlalu keras dalam mendidik anak rupanya tidak dianjurkan dalam parenting anak. Karena memiliki dampak buruk nantinya. (Sumber : Pexels/August de Richelieu).
Sehat05 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Sakit Lambung, Instan dan Efektif

Sakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya.
Ilustrasi - ASakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life05 Mei 2024, 13:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya! 6 Bahaya Perselingkuhan Orang Tua kepada Anak

Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga
Ilustrasi - Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga. (Sumber : Pexels/Junery Docto).
Sukabumi05 Mei 2024, 13:19 WIB

Pelaku Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Ditangkap, Polisi Sebut Ada Peran Alumni

Tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, polisi sebut ada peran alumni dalam kejadian ini.
Ilustrasi borgol. Polisi tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. |Foto: Pixabay/jhusemannde.
Sehat05 Mei 2024, 13:00 WIB

Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol.
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)
Sukabumi05 Mei 2024, 12:39 WIB

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Belum tersentuh pemerintah, Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Cidadap Sukabumi ini bikin waswas warga.
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)
Sukabumi Memilih05 Mei 2024, 12:30 WIB

Ayep Zaki Gelar Aksi Sosial Bagi-Bagi Tempe dan Jalan Santai Bersama Warga Sukabumi

Kegiatan bagi-bagi tempe ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyapa langsung masyarakat dengan kegiatan bagi-bagi tempe dan jalan santai di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production