9 Jenis Makanan yang Dapat Mengurangi Kecemasan, Coklat Salah Satunya

Jumat 08 Maret 2024, 05:01 WIB
Ilustrasi 9 jenis makanan yang dapat mengurangi kecemasan | Foto : Freepik / @freepik

Ilustrasi 9 jenis makanan yang dapat mengurangi kecemasan | Foto : Freepik / @freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kecemasan merupakan suatu penyakit mental yang paling umum, dan menyerang populasi dunia. gejala yang terlihat dapat berupa perasaan tegang, khawatir, gugup secara terus menerus, yang dimana hal ini dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, kita tidak perlu terlalu khawatir, karena kecemasan dapat diatasi dan dikurangi gejalanya dengan berbagai cara, salah satunya dengan selalu konsumsi makanan sehat.

Mengutip dari situs resmi healthline , berikut beberapa makanan dan minuman yang disinyalir dapat mengurangi kecemasan :

1. Ikan Salmon

Salmon mungkin bermanfaat untuk mengurangi kecemasan. Karena ikan ini mengandung nutrisi yang meningkatkan kesehatan otak, termasuk vitamin D dan asam lemak omega-3 asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic ( DHA).

Nutrisi ini dapat membantu mengatur neurotransmitter dopamin dan serotonin, yang memiliki sifat menenangkan dan membuat rileks serta mencegah disfungsi sel otak yang umum terjadi pada penderita kecemasan. Selain itu, hal ini juga dapat mendukung kemampuan otak untuk beradaptasi terhadap perubahan, menangani pemicu stres yang dapat memunculkan gejala kecemasan dengan lebih baik).

Baca Juga: Pengawasan Ketenagakerjaan, Komisi IV DPRD Sukabumi Kembali Kunjungi PT ADJ

Vitamin D juga telah diteliti efek positifnya dalam mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, coba tambahkan salmon ke dalam menu makanan 2–3 kali seminggu.

2. Kamomil

Chamomile merupakan salah satu ramuan yang dapat membantu mengurangi kecemasan. Dan kamomil juga mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan peradangan yang terkait dengan kecemasan, dopamin, dan gamma- asam aminobutirat (GABA).

Selain daripada itu, ini juga dapat membantu mengatur poros hipotalamus-hipofisis-adrenokortikal (HPA), yang merupakan bagian utama dari respons stres tubuh..

3. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang mengandung senyawa yang diteliti perannya dalam meningkatkan kesehatan otak dan mencegah gangguan kecemasan.

Jenis rempah ini juga dikenal karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya yang tinggi, karena kurkumin dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel otak yang berhubungan dengan peradangan kronis dan stres oksidatif.

4. Cokelat hitam

Memasukkan coklat hitam ke dalam makanan yang disukai juga dapat membantu meredakan kecemasan. Cokelat hitam mengandung flavonoid, seperti epikatekin dan katekin, yang merupakan senyawa tanaman yang berperan sebagai antioksidan.

Baca Juga: Singgung Pajak hingga CSR, Warga Minta Tower Indosat di Sagaranten Sukabumi Dibongkar

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan dalam coklat hitam bermanfaat bagi fungsi otak dan memiliki efek neuroprotektif. Secara khusus, flavonoid dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan jalur sinyal sel.

Efek ini memungkinkan pengidapnya menyesuaikan diri dengan lebih baik terhadap situasi stres yang dapat menyebabkan kecemasan dan gangguan suasana hati lainnya. Beberapa peneliti juga berpendapat bahwa peran coklat hitam dalam kesehatan otak mungkin disebabkan oleh rasanya, yang dapat memberikan rasa nyaman bagi mereka yang memiliki gangguan mood

5. Yogurt

Meskipun yogurt masih merupakan bidang penelitian yang sedang berkembang, namun nyatanya probiotik dapat mendukung poros usus-otak atau sistem rumit antara saluran pencernaan dan otak.

Secara khusus, penelitian menunjukkan bakteri usus yang sehat mungkin dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik Selanjutnya, makanan probiotik seperti yogurt dapat meningkatkan kesehatan mental dan fungsi otak dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati, seperti sebagai serotonin

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi yogurt probiotik setiap hari selama 6 minggu dikaitkan dengan peningkatan kecemasan, stres, dan kualitas hidup pada wanita pascamenopause.

Baca Juga: Temui Massa Aksi, Pj Wali Kota Sukabumi Terima 9 Tuntutan Mahasiswa soal Harga Beras

6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang telah diteliti efek positifnya terhadap kesehatan otak dan kecemasan, hormon stres yang dikaitkan dengan kecemasan. Efek ini mungkin disebabkan oleh potensi L-theanine untuk mencegah saraf menjadi terlalu bersemangat. Selain itu, L-theanine dapat meningkatkan GABA, dopamin, dan serotonin, neurotransmitter yang telah terbukti memiliki efek anti-kecemasan

Selain itu, teh hijau juga mengandung epigallocatechin gallate (EGCG), yaitu antioksidan yang disarankan untuk meningkatkan kesehatan otak. Ini mungkin berperan dalam mengurangi gejala tertentu dengan juga meningkatkan GABA di otak.
Menariknya, kombinasi L-theanine, EGCG, dan senyawa lain yang ditemukan dalam teh hijau tampaknya memainkan peran sinergis dalam meningkatkan ketenangan dan mengurangi kecemasan dan mungkin lebih efektif jika digabungkan dibandingkan sebagai bahan terpisah.

7. Kacang Almond

Almond adalah sumber beberapa nutrisi yang dianggap dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk vitamin E dan lemak sehat, dan juga menawarkan khasiat penambah suasana hati lainnya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kacang-kacangan termasuk almond, dikaitkan dengan penurunan gejala depresi.

8. Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin C dan antioksidan lain, seperti flavonoid, yang telah diteliti kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan otak dan meredakan nyeri serta dapat mengurangi kecemasan.

9. Telur

Telur adalah sumber triptofan yang sangat baik, neurotransmitter yang mungkin bermanfaat untuk mengatasi gejala kecemasan, yang keduanya banyak terkandung dalam telur dan dapat dikaitkan dengan tingkat kecemasan yang lebih tinggi

Telur juga mengandung vitamin D, dengan sekitar 6% dari Nilai Harian (DV) yang direkomendasikan dalam satu telur besar.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi14 Mei 2024, 17:38 WIB

DPRD Sukabumi Dukung Surat Edaran Pj Gubernur Jabar dan Disdik soal Study Tour

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf harap study tour sekolah harus memperhatikan asas kemanfaatan dan keamanan.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Alasan Orang Tua Tidak Boleh Membentak Anak saat Mendidiknya, Ini Bahayanya

Membentak anak bukan cara mendidik yang baik dari orang tua. Tentu ada beberapa alasan kenapa sampai tidak boleh melakukan demikian
Alasan orang tua tidak boleh membentak anak (Sumber : Pexels.com/@RDNEStockprojec)
Inspirasi14 Mei 2024, 17:24 WIB

Machiavelli: Perlakukan Rakyat dengan Benar, Maka Mereka Akan Menjadi Milik Anda

Filsuf Italia abad ke-16, Niccolo Machiavelli dikenal dengan pandangan-pandangan politiknya tentang bagaimana caranya seseorang mendapatkan kekuasaan, dan terus melanjutkan kekuasaannya secara efektif.
Niccolo Machiavelli , Filsuf Italia abad ke-16, Penulis buku The Prince (Sang Pangeran) | Foto : SU
Life14 Mei 2024, 17:15 WIB

6 Bahaya Buruk Sering Memukul Anak yang Harus Dihindari Orang Tua

Orang tua harus tahu bahwa kebiasaan sering memukul anak bisa mengundang bahaya buruk saat tumbuh dewasa nanti dan menjadikannya punya dendam kepada kalian
Bahaya buruk sering memukul anak selama mendidik (Sumber : Pexels.com/@MonsteraProduction)
Keuangan14 Mei 2024, 17:13 WIB

Disambut Antusias, 148 Nasabah Sudah Buka Rekening Tahara di BPR Cisolok Sukabumi

BPR Sukabumi cabang Cisolok catat sudah ada 148 nasabah yang buka rekening Tahara tahun ini.
Kantor Perumda BPR Sukabumi Cabang Cisolok. (Sumber : SU/Ilyas)
Nasional14 Mei 2024, 17:12 WIB

Komunitas Pers Tolak Draf RUU Penyiaran

Dewan Pers dan seluruh komunitas pers dengan tegas menolak isi draf Rancangan Undang-Undang Penyiaran. RUU ini merupakan inisiatif DPR yang direncanakan untuk menggantikan UU nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.
Dewan Pers | Foto : Ist
Musik14 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Dari Planet Lain Sal Priadi yang Viral di TikTok

Inilah Full Lirik Lagu Dari Planet Lain Sal Priadi yang Viral d TikTok: "Sepertinya kau memang dari planet yang lain, Dikirim ke bumi untuk orang orang sepertiku"
Official Music Video Lagu Dari Planet Lain Sal Priadi. Foto: YouTube/SalPriadi
Keuangan14 Mei 2024, 16:59 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Serahkan Santunan JKM ke Anggota SRC

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan atas nama Unang Sumaryana pemilik warung kelontong Sampoerna Retail Comunity (SRC)
Serahkan Santunan JKM ke Peserta BPJS Kesehatan Komunitas Sampoerna Retal Club | Foto : Dok. BPJS Kesehatan
Sukabumi14 Mei 2024, 16:46 WIB

Jadi Pintu Tol Bocimi Seksi 3, Ternyata 20 Bidang Tanah di Cibolang Kaler Belum Diganti Rugi

Berikut progres pembangunan exit Tol Bocimi Seksi 3 di Cibolang Kaler Cisaat Sukabumi.
Suasana pembangunan exit Tol Bocimi Seksi 3 di Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life14 Mei 2024, 16:45 WIB

Jangan Gunakan Emosi, Ini 6 Cara Mudah Menenangkan Bayi yang Sering Menangis

Bayi menangis bukan berarti Anda adalah orang tua yang buruk, karena tangisan pada akhirnya akan berakhir dengan beberapa metode di bawah ini
gambaran ketika bayi menangis sepanjang hari dan perlu ditenangkan (Sumber : pexels.com/@AntoniShkraba)