Hai Bun, Usia Berapa Anak Harus Belajar Puasa? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Selasa 20 Februari 2024, 10:39 WIB
Ilustrasi anak belajar puasa. | Foto: Freepik

Ilustrasi anak belajar puasa. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi umat muslim khususnya yang sudah baligh, diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa setiap bulan suci Ramadan. Lalu, bagaimana untuk anak-anak?

Anak-anak yang belum baligh, tidak diwajibkan untuk berpuasa. Namun menurut Ustadz Adi Hidayat, orang tua harus tetap melatihnya agar anak senantiasa terbiasa belajar berpuasa.

Lantas, pada usia berapa anak harus belajar puasa? Apakah ketika anak belajar puasa, harus sempurna atau semampunya? Ustadz Adi Hidayat pun menjelaskan tentang hal ini untuk dipahami oleh para orang tua.

Mengutip dari sebuah video ceramah yang diunggah oleh kanal YouTube Adi Hidayat Official, pada 18 Februari 2022. Ustadz Adi Hidayat menjawab sebuah pertanyaan soal usia yang tepat untuk anak belajar puasa.

Dalam video berdurasi 4 menit 11 detik tersebut, Ustadz Adi Hidayat menyebutkan bahwa mempersiapkan latihan puasa diikat dengan dua hal. Yang pertama adalah momentum usia anak sebelum baligh, dan yang kedua adalah kemampuan anak itu sendiri.

Baca Juga: Bikinnya Cuma 20 Menit! Ini Resep Kolak Labu Kuning Buat Takjil Buka Puasa

Dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat, bahwa rentang usia baligh setiap anak itu berbeda, baik perempuan atau laki-laki. Anak perempuan dikatakan baligh ketika sudah haid, dan laki-laki ketika sudah bermimpi tertentu atau sudah sempurna akal penalarannya.

"Berbeda-beda kan, ada yang 13, ada yang 15 usianya (saat baligh). Namun poinnya, sebelum sampai ke situ (usia baligh), sepanjang dia punya kemampuan itu boleh berpuasa," tutur Ustadz Adi Hidayat.

Lebih jelasnya, menurut pemaparan Ustadz Adi Hidayat bahwa anak bisa dilatih atau diajarkan puasa sejak sebelum baligh sesuai kemampuannya. Sehingga ketika tiba waktunya anak wajib puasa, ia telah terbiasa.

"Berapa usia wajarnya? Kadang-kadang ada anak usia 4 tahun, 5 tahun, 6 tahun sudah mulai berlatih (puasa)," ujar Ustadz Adi Hidayat.

Namun demikian, Ustadz Adi Hidayat menekankan agar orang tua jangan mendorong anak yang masih belajar puasa untuk sempurna atau berpuasa penuh waktu.

"Latihan puasa itu, tidak harus menjadikan anak didorong untuk sempurna sampai maghrib, semampu dia dulu. Misal dia berlatih awalnya dari subuh, dia tahan sampai jam sepuluh atau jam sebelas, alhamdulillah. Orang tua harus support," jelas Ustadz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat juga menyampaikan bahwa ketika anak pada usia sebelum baligh sudah sering belajar puasa, maka secara alami tubuhnya akan terbiasa hingga akhirnya bisa berpuasa sempurna hingga maghrib.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel21 Juni 2024, 08:00 WIB

9 Makanan Manis Ini Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

Meskipun tidak mengandung kalori, beberapa pemanis buatan dapat mempengaruhi kadar gula darah dan insulin. Penggunaan berlebihan harus dihindari oleh penderita gula darah tinggi.
Ilustrasi. Makanan Manis yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi (Sumber : Freepik/@timolina)
Food & Travel21 Juni 2024, 06:04 WIB

Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat!

Yuk Intip Membuat Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Bisa Jadi Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat di Rumah!
Ilustrasi. Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science21 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juni 2024, Semua Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.  (Sumber : Pixabay.com/@Franz26)
DPRD Kab. Sukabumi21 Juni 2024, 00:12 WIB

Mengenal Kang Yudi Suryadikrama, Wakil Rakyat Sukabumi yang Lekat dengan Thoriqoh

Yudi Suryadikrama, politisi PDI Perjuangan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, dikenal oleh banyak orang. Namun, hanya sedikit yang mengetahui aktivitas sehari-harinya.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi / Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sukabumi20 Juni 2024, 22:28 WIB

5 Nama Digodok Tertutup, Gerindra Akan Segera Umumkan Dukungan di Pilkada Sukabumi

Proses penjaringan kandidat untuk Pilkada Sukabumi tengah dilakukan secara tertutup dengan beberapa nama yang telah mendaftar, yaitu Asep Japar, Iyos Somantri, Yudha Sukmagara, Deden Deden Deni Wahyudin, dan Rastya.
Yudha Sukmagara, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi20 Juni 2024, 21:29 WIB

Pemkab Sukabumi Tawarkan Investasi Pengolahan Padi di Investment Challenge 2024

emerintah Kabupaten Sukabumi berpartisipasi aktif dalam kegiatan Investment Challenge 2024, yang merupakan bagian dari West Java Investment Roadshow 2024. Acara ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat presentasi di Investment Challenge 2024 di Jakarta | Foto : Dokpim
Life20 Juni 2024, 21:15 WIB

7 Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok, Ternyata Ini yang Paling Ampuh

Ngorok bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan lebih serius, terutama jika terjadi secara teratur dan mempengaruhi kualitas tidur serta kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok (Sumber : pixabay.com/@another90)
Sehat20 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.
Ilustrasi Kurang Tidur - Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi20 Juni 2024, 20:57 WIB

3 Akun Medsos Dilaporkan, Polres Sukabumi Selidiki Dugaan Pencemaran Nama Baik Habib

Polres Sukabumi sedang menyelidiki laporan dugaan pencemaran nama baik terhadap para habib di media sosial
Inilah 3 akun Medsos yang memposting narasi diduga mencemarkan nama baik habib | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel20 Juni 2024, 20:45 WIB

Simpel, Inilah Cara Membuat Air Ketumbar Untuk Mengobati Asam Urat

Untungnya, ada pengobatan rumahan alami yang memanfaatkan biji ketumbar untuk membantu mengelola dan mengatur kadar asam urat. Biji ketumbar ini sering digunakan pada bumbu ataupun minuman herbal.
Air ketumbar menjadi salah satu minuman herbal untuk mengobati asam urat (Sumber : YouTube/Ur Indian reviews)