Buka Pintu Kebijaksanaan: 7 Rekomendasi Buku Filsafat untuk Mencerahkan Pikiranmu

Selasa 12 Desember 2023, 09:50 WIB
Ilustrasi buku filsafat. | Foto: Pixabay.com/moritz320

Ilustrasi buku filsafat. | Foto: Pixabay.com/moritz320

SUKABUMIUPDATE.com - Filsafat bisa dikatakan sebagai bentuk pemikiran kritis dan reflektif, di dalamnya filsafat menawarkan wawasan yang mendalam tentang makna hidup, eksistensi, dan berbagai pertanyaan filosofis lainnya. Membaca buku filsafat juga bisa menjadi perjalanan intelektual yang memuasakan, membuka cakrawala pemikiran, dan memperkaya jiwa. Berikut adalah 7 rekomendasi buku filsafat yang akan selalu mengajakmu merenung:

1. “Meditations” – oleh Marcus Aurelius

Buku filsafat rekomendasi pertama adalah “Meditations yang ditulis oleh Marcus Aurelius yang merupahkan kaisar romawi dan juga filsuf stoik terkemuka. Di dalam bukunya ini terdapat catatan pribadi pemikirannya sendiri yang menggali konsep-konsep penerimaan takdir, kontrol diri, dan kebijaksanaan dalam menjalani hidup. Buku ini juga akan mengajak pembacanya merenung tentang nilai-nilai hidup.

2. “Being And Time” – oleh Martin Heidegger

Buku filsafat rekomendasi ini merupahkan karya monumental Martin Heidegger, "Being and Time," didalamnya buku ini mengandung eksplorasi mendalam tentang eksistensi manusia. Heidegger membahas konsep-konsep seperti keberadaan, waktu, dan kebenaran dalam konteks pengalaman manusia. Buku ini menantang pembaca untuk berpikir lebih mendalam tentang makna kehidupan dan eksistensi mereka.

Baca Juga: Asal Usul Depresi Versi Era Filsafat Yunani dan Romawi Kuno, Sudah Tahu?

3. “Thus Spoke Zarathustra” – oleh Friedrich Nietzsche

Friedrich Nietzsche adalah filsuf kontroversial yang kerap menyajikan gagasannya tentang kehendak kuat dan supermannya. Melalui karya “Thus Spoke Zarathustra” ini, Nietzsche mengajak pembaca merenung tentang nilai-nilai moral, kebebasan dan evolusi spiritual.
Nietzsche juga mengajak kita untuk melepaskan diri dari tradiri dan menciptakan makna hidup sendiri.

4. “The Republic” – oleh Plato

Buku ini menjadi salah satu karya paling terkenal dari filsuf dunia yaitu Plato, "The Republic" akan membahas ide-ide tentang keadilan, bentuk negara ideal, dan alam manusia. Dialog filosofis dalam buku ini akan menggali konsep-konsep politik menjadi etika relevan hingga saat ini. Plato menghadirkan wawasan yang mendalam tentang bagaimana masyarakat seharusnya diorganisir.

5. “Criticue Of Pure Reason” – oleh Immanuel Kant

Immanuel Kant membangun dasar bagi pemikiran filosofis dengan karyanya yaitu “Critique Of Pure Reason” yang didalam buku ini akan membahas hubungan antara pengalaman dan pengetahuan yang cukup mendalam, juga membahas konsep ruang, waktu dan kausalitas. Kant juga mengajak pembacanya untuk mempertanyakan batasan pengetahuan manusia dan sumber-sumber pengetahuan yang mendasar selama ini.

6. “The Second Sex” – oleh Simone De Beauvoir

Dalam buku “The Second Sex” Simone membahas posisi perempuan dalam masyarakat dan explorasi filsafat feminis. Buku ini telah memberikan pemahaman yang mendalam tentang ketidaksetaraan gender dan tantangan yang dihadapi perempuan. Simone mendorong pembacanya untuk merenungkan struktur sosial dan bagaimana perempuan dapat mencapai kesetaraan.

7. “Beyond Good And Evil – oleh Friedrich Nietzsche

Karya lain dari Nietzsche ialah “beyond Good And Evil” yang didalamnya terdapat pandanganya yang sangat merinci tentang moralitas, kekuasaan, dan perspektif yang subyektif. Nietzsche ini telah berhasil merangsang pikiran pembaca dengan menantang konsep-konsep tradisional tentang baik dan jahat.

Buku ini akan mengajak kita untuk mempertanyakan ulang normal moral yang telah diterima manusia selama ini, selain itu buku ini akan mengajak kita untuk mencari kebenaran dalam pluralitas perspektif.

Banyak membaca buku filsafat bukan hanya menggali pemahaman tentang konsep-konsep filosofis saja, tetapi juga merangsang pemikiran kritis dan refleksi diri. Setiap karya memberikan lapisan tambahan pada cakrawala intelektual, juga membuka pintu pemahaman yang lebih dalam tentang diri, dunia, dan keterhubungan keduanya. Selamat menjelajah dalam dunia filsafat yang memukau dan penuh kebijaksanaan ini!

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel21 Juli 2024, 07:00 WIB

Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat & Perbedaannya dengan Gula Aren

Gula jawa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih biasa, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengelola kadar gula darah.
Ilustrasi. Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat dan Perbedaan dengan Gula Aren (Sumber : Freepik/@freepik)
Science21 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juli 2024, Minggu Pagi Potensi Cerah Berawan untuk Wilayah Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.(Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa