11 Ciri Anak Laki-laki Stres Karena Sering Dimarahi, Benci Orang Tua?

Kamis 19 Oktober 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi. Ciri Anak Laki-laki Stres Karena Sering Dimarahi, Benci Orang Tua? (Sumber : pixabay.com/@wendyCORNIQUET)

Ilustrasi. Ciri Anak Laki-laki Stres Karena Sering Dimarahi, Benci Orang Tua? (Sumber : pixabay.com/@wendyCORNIQUET)

SUKABUMIUPDATE.com - Anak laki-laki yang sering dimarahi oleh orang tua atau orang dewasa lainnya bisa menunjukkan berbagai ciri stres dan dampak emosional. Stres berkepanjangan dan sering dimarahi orang tua dapat berdampak negatif pada perkembangan anak laki-laki.

Bahkan, di beberapa situasi, anak laki-laki menyimpan dendam dan benci karena sering dimarahi orang tua. Mereka akan tumbuh menjadi anak keras kepala dan membenci orang tuanya sendiri.

Ada ciri-ciri yang mungkin terlihat pada anak laki-laki stres karena sering dimarahi orang tua. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa diantaranya:

Ciri Anak Laki-laki Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

1. Perubahan Perilaku

Anak laki-laki yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin menunjukkan perubahan dalam perilakunya, seperti menjadi lebih tertutup, cemas, atau agresif. Mereka bisa lebih sering marah atau mudah terpancing emosinya.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Stres Karena Sering Dimarahi Ayah

Di kondisi yang ekstrem, imbas anak laki-laki stres karena sering dimarahi orang tua, mereka akan tumbuh menjadi anak keras kepala hingga membenci orang tuanya sendiri.

2. Tidak Percaya Diri

Anak laki-laki yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin merasa rendah diri atau tidak mampu melakukan sesuatu dengan baik karena sering dimarahi. Mereka mungkin merasa bahwa mereka selalu salah.

3. Ketakutan dan Kecemasan

Anak laki-laki yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin hidup dalam ketakutan dan kecemasan karena mereka tidak tahu kapan akan dihukum atau dimarahi lagi.

4. Penurunan Prestasi Akademik

Stres dan tekanan akibat sering dimarahi orang tua dapat berdampak negatif pada prestasi akademik anak.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Tidak Punya Teman di Sekolah, Menyendiri dan Kesepian

Anak laki-laki yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin kesulitan berkonsentrasi dan belajar dengan baik di sekolah.

5. Isolasi Sosial

Anak laki-laki yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin mulai menjauh dari teman-teman dan keluarga. Mereka merasa sulit untuk berinteraksi dengan orang lain atau merasa malu tentang situasi mereka.

6. Gangguan Tidur dan Kesehatan

Stres dapat memengaruhi tidur anak dan kesehatan mereka. Anak laki-laki yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin mengalami masalah tidur, seperti insomnia atau mimpi buruk.

7. Kurangnya Keterampilan Sosial

Anak laki-laki yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin kesulitan dalam mengembangkan keterampilan sosial karena mereka tidak merasa nyaman dalam berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga: 8 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Orang Tua

8. Depresi

Marah yang sering dan tekanan emosional dapat menyebabkan depresi atau kecenderungan depresi pada anak. Hati-hati ya bund, depresi menjadi salah satu ciri anak laki-laki stres karena sering dimarahi orang tua yang harus diwaspadai!

9. Merasa Tidak Aman di Rumah

Anak laki-laki yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin merasa tidak aman di rumah karena mereka selalu merasa seperti dalam tekanan atau takut akan marahnya orang tua.

10. Masalah Perilaku

Beberapa anak laki-laki stres karena sering dimarahi orang tua, sehingga memilih mengekspresikan stres melalui perilaku eksternal seperti ketidakpatuhan, berbicara kotor, atau perilaku merusak.

11. Merasa Bersalah

Anak laki-laki yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin merasa bersalah atau bertanggung jawab atas marahnya orang tua, meskipun mereka tidak sepenuhnya bersalah.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang Tidak Senang Melihat Kita Bahagia, Bersikap Iri Hati

Penting untuk mengenali tanda anak laki-laki stres karena sering dimarahi orang tua dan memberikan dukungan yang diperlukan kepada anak yang mungkin mengalami stres akibat sering dimarahi.

Jika Anda melihat tanda-tanda anak yang stres karena sering dimarahi orang tua. Updaters dapat mertimbangkan untuk mencari bantuan dari seorang profesional kesehatan mental atau konselor untuk membantu anak mengatasi stres sekaligus mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan.

Selain itu, orang tua juga penting untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung di rumah serta berkomunikasi dengan anak secara positif dan empatik.

Sumber: Berbagai Sumber.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)
Sehat29 Mei 2024, 14:00 WIB

Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari lakukan beberapa kegiatan sehat secara rutin
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Mei 2024, 13:45 WIB

Ingin Sukses Diet? Konsumsi 7 Makanan Kaya Protein dan Rendah Lemak Ini

Saat sedang diet, sangat disarankan untuk merubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengkonsumsi makana kaya protein dan rendah lemak diperlukan agar diet sukses
Mengkonsumsi beberapa makanan kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk diet (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 13:30 WIB

5 Pesan yang Bisa Orang Tua Sampaikan Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

Sebagai orang tua ingin menanamkan rasa percaya diri pada anak. Karena anak-anak yang percaya diri dan percaya pada diri sendiri dalam menghadapi tantangan baru tanpa rasa takut merupakan faktor penting untuk hidup bahagia
Ilustrasi pesan yang bisa disampaikan orang tua agar anak tumbuh percaya diri (Sumber : Pexels.com/@ketutsubiyanto)
Entertainment29 Mei 2024, 13:00 WIB

Berawal DM TikTok Bersemi Cinta: Kisah Cinta Sule dan Santyka Fauziah yang Makin Serius

Hubungan komedian Sule dan Syantika makin serius ke arah pernikahan.
Hubungan komedian Sule dan Syantika makin serius ke arah pernikahan. (Sumber : Instagram/@santykafauziah).