10 Ciri-Ciri Orang Stres Karena Terlalu Banyak Tekanan Hidup

Kamis 05 Oktober 2023, 08:30 WIB
Ilustrasi. Ciri-Ciri Orang Stres Karena Terlalu Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi. Ciri-Ciri Orang Stres Karena Terlalu Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang stres karena terlalu banyak tekanan hidup dapat menunjukkan berbagai ciri dan gejala. Tanda orang stres ini mencerminkan dampak stres terhadap kesejahteraan fisik dan emosional mereka. 

Ya, ketika banyak sekali tekanan hidup seseorang rentang mengalami stres. Entah karena terlampau terkena mental atau kesulitan mengelola emosional batin. 

Ada beberapa ciri-ciri umum yang dapat muncul pada seseorang yang mengalami stres akibat tekanan hidup. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

Ciri-Ciri Orang Stres Karena Terlalu Banyak Tekanan Hidup

1. Ketegangan fisik

Stres dapat menyebabkan ketegangan otot, khususnya di area leher, bahu, dan punggung. Ini dapat menyebabkan nyeri otot dan sakit kepala.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

2. Gangguan tidur

Kesulitan tidur, seperti sulit tidur (insomnia), sering terbangun di malam hari, atau tidur yang tidak nyenyak, bisa termasuk sederet gejala stres. Hati-hati, seseorang yang punya banyak tekanan hidup rentan mengalami stres. 

3. Perubahan nafsu makan

Beberapa orang yang stres mungkin mengalami peningkatan nafsu makan dan berat badan. Meskipun ada juga orang yang punya banyak tekanan hidup yang justru bisa mengalami penurunan nafsu makan dan kehilangan berat badan.

4. Perubahan emosi

Stres dapat menyebabkan perubahan emosi, termasuk perasaan gelisah, cemas, marah, atau bahkan depresi. Orang yang stres karena punya banyak tekanan hidup cenderung lebih mudah marah atau mudah tersinggung.

5. Hilang minat dan motivasi

Seseorang yang stres sering merasa kehilangan minat dalam aktivitas yang mereka nikmati sebelumnya. Kemudian, orang yang punya banyak tekanan hidup juga bisa kehilangan motivasi untuk melakukan hal-hal yang perlu mereka selesaikan.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Pura-pura Peduli Padahal Tidak Suka dengan Kita

6. Tidak mampu berkonsentrasi

Stres dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi, membuat mereka merasa bingung atau lupa.

7. Perubahan perilaku

Orang yang stres dapat mengalami perubahan dalam perilaku mereka, seperti menjadi lebih menarik diri, menghindari sosial, atau bahkan menggunakan mekanisme koping yang tidak sehat seperti penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan.

8. Gangguan fisik

Stres dapat menyebabkan gangguan fisik seperti gangguan pencernaan, sakit perut, maag, atau gejala lainnya. Pemicunya bisa datang karena masalah atau tekanan hidup yang terlalu banyak.

9. Tekanan darah tinggi atau masalah kesehatan lain

Stres yang berkepanjangan dapat berkontribusi pada masalah kesehatan fisik, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau gangguan autoimun.

10. Cenderung menghindari masalah

Beberapa orang yang stres karena punya banyak tekanan hidup mungkin cenderung menghindari masalah atau tugas yang menimbulkan stres tambahan.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Merasa Paling Benar, Suka Berdebat Tapi Tidak Mau Dikritik

Jika kamu mengidentifikasi ciri-ciri stres tersebut pada diri sendiri atau seseorang yang kamu kenal, sangat penting untuk mengatasi stres dengan baik. 

Dukungan dari teman, keluarga, atau seorang profesional kesehatan mental dapat membantu. Teknik-teknik relaksasi, olahraga, meditasi, dan manajemen waktu yang baik juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. 

Jika stres berlanjut dan memengaruhi kualitas hidup secara signifikan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan mental untuk saran dan dukungan lebih lanjut.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 Mei 2024, 20:15 WIB

Sakit Asam Urat? Obati dengan 6 Bahan Alami Ini Lengkap dengan Cara Menggunakannya

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi proaktif, suatu kondisi yang menyerang persendian.
Ilustrasi Minyak Nabati- Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi proaktif, suatu kondisi yang menyerang persendian. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Fashion20 Mei 2024, 20:00 WIB

Cantik dan Menutup Aurat, 10 Standar Fashion Kekinian yang Cocok untuk Hijabers

Dengan mengikuti standar fashion kekinian, hijabers dapat tampil modis, nyaman, menutup aurat dan tetap cantik sesuai dengan nilai-nilai kesopanan yang dipegang.
Ilustrasi. Cantik dan Menutup Aurat, Standar Fashion Kekinian yang Cocok untuk Hijabers (Sumber : Pexels.com/BaTik)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 19:45 WIB

Daftar ke PPP, Deden Deni Berpeluang Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin secara resmi mendaftarkan diri ke Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) untuk maju di Pilkada Kabupaten Sukabumi, Senin (20/5/2024).
Deden Deni Wahyudin (Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi mendaftar calon bupati / wakil bupati di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat20 Mei 2024, 19:30 WIB

Cegah Penyakit Gula Darah, 7 Manfaat Luar Biasa Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.
Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)
Life20 Mei 2024, 19:00 WIB

8 Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, Apa Kamu Memilikinya?

Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun membutuhkan usaha yang besar. Ilmu tenang ini termasuk belajar untuk berpikir positif, mengatasi pikiran negatif, dan membangun rutinitas yang menenangkan.
Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)
Sehat20 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Buah dan Sayuran Kuning Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Kaya Vitamin B12

Buah dan Sayuran yang berwarna kuning ternya bsia membantu menurunkan kolesterol tinggi. Karena kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi buah dan sayur kuning kaya akan vitamin B12 yang mampu turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)