7 Penyebab Anak Broken Home Dicap Nakal, Keluarga Bikin Stress!

Selasa 29 Agustus 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi - Penyebab Anak Broken Home Dicap Nakal, Keluarga Bikin Stress! (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - Penyebab Anak Broken Home Dicap Nakal, Keluarga Bikin Stress! (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Broken Home adalah istilah dalam bahasa inggris yang merujuk pada perceraian orang tua. Keluarga yang bercerai dekat sekali dengan stereotip anak nakal dalam garis keturunannya.

Padahal, anggapan bahwa anak dari keluarga broken home cenderung menjadi "nakal" adalah generalisasi yang tidak akurat dan tidak berdasar. Perilaku anak tidak hanya ditentukan oleh situasi keluarga mereka, tetapi juga oleh berbagai faktor lain, termasuk lingkungan, pendidikan, teman sebaya, dan faktor individu yang unik.

Meski begitu, tak menampil bahwa anak-anak dari keluarga yang bercerai dapat mengalami berbagai perasaan dan tantangan emosional yang lebih kompleks dibandingkan anak lainnya.

Baca Juga: 8 Dampak Buruk Silent Treatment Terhadap Kesehatan Mental

Beberapa anak mungkin menunjukkan tanda-tanda perilaku "nakal" sebagai respons terhadap perubahan dan stres yang mereka alami. Namun tak sedikit pula, anak dari keluarga bercerai dapat berkembang dengan baik dan memiliki perilaku yang positif.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku anak dari keluarga broken home. Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Penyebab Anak Broken Home Di Cap Nakal

1. Stress

Perubahan dalam dinamika keluarga dan situasi tempat tinggal dapat menyebabkan stres dan kesulitan penyesuaian bagi anak-anak. Ini dapat mempengaruhi perilaku mereka sementara waktu.

2. Kurang Dukungan

Jika anak merasa kurang didukung atau kurang mendapatkan perhatian setelah perceraian orangtua, mereka mungkin mencari perhatian di tempat lain, yang bisa saja berujung pada perilaku "anak nakal".

Baca Juga: 11 Dampak Negatif Perceraian Orang Tua, Anak Bisa Krisis Identitas!

3. Sulit Mengatasi Masalah

Beberapa anak mungkin belum memiliki keterampilan yang matang dalam mengatasi stres atau masalah, dan ini bisa mempengaruhi perilaku mereka.

4. Meniru Perilaku Orang Tua

Anak-anak cenderung meniru perilaku yang mereka lihat di lingkungan sekitar mereka. Jika mereka terpapar pada perilaku negatif, ini bisa mempengaruhi perilaku mereka.

5. Keterlibatan Orang Tua

Keterlibatan orang tua dalam kehidupan anak, terlepas dari status pernikahan, berperan penting dalam membentuk perilaku anak.

6. Pendidikan dan Dukungan Emosional

Anak-anak yang mendapatkan dukungan emosional yang baik dan memiliki kesempatan untuk berbicara tentang perasaan mereka cenderung memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengatasi tantangan.

Baca Juga: Dirigen Powerfull Caringin Sukabumi Viral, Risa Damayanti: Terima Kasih

7. Lingkungan Anak

Lingkungan teman sebaya dapat mempengaruhi perilaku anak. Jika mereka bergaul dengan teman yang memiliki perilaku "nakal," mereka mungkin terpengaruh.

Penting untuk menghindari stereotip dan memberikan dukungan yang positif kepada anak-anak dari keluarga yang bercerai.

Jika Updaters khawatir tentang perilaku anak, mencari bantuan dari ahli psikologi anak atau konselor dapat membantu memahami dan mengatasi masalah tersebut dengan cara yang lebih baik.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)
Sukabumi05 Mei 2024, 17:55 WIB

Terungkap! Ini Sosok Ibu di Sukabumi yang Tega Buang Bayinya di Semak-semak

Polisi berhasil mengamankan ibu kandung yang tega buang bayinya sendiri di semak-semak kebun warga Gunungguruh Sukabumi. Ternyata mantan TKW
Sosok YS (46 tahun), ibu kandung yang tega buang bayinya sendiri di semak-semak kebun warga Gunungguruh Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life05 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Kunci Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga, Suami Istri Wajib Tahu Ini!

Menghindari perceraian dalam rumah tangga memang keharusan yang harus dipahami masing-masing pasangan.
Ilustrasi - Menghindari perceraian dalam rumah tangga memang keharusan yang harus dipahami masing-masing pasangan. (Sumber : Pexels/ Timur Weber).
Sukabumi05 Mei 2024, 17:11 WIB

Duel Maut Tewaskan Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, Ini Kata Disdik

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menyebut duel maut pelajar SMP di Cikembar Sukabumi ini terjadi di luar pengawasan sekolah.
Korban duel maut antarpelajar SMP di Cikembar Sukabumi dipulasara di RSUD Syamsudin SH. (Sumber : Istimewa)
Musik05 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu “Bermuara” Rizky Febian Feat Mahalini, Trending di YouTube!

Lagu "Bermuara" memang dibawakan oleh Mahalini dan Rizky Febian. Lagu ini kabarnya dirilis jelang pernikahan mereka pada 3 Mei 2024.
Lagu "Bermuara" memang dibawakan oleh Mahalini dan Rizky Febian.  Lagu ini kabarnya dirilis jelang pernikahan mereka pada 3 Mei 2024. (Sumber : YouTube/@Rizky Febian).
Sukabumi05 Mei 2024, 16:29 WIB

Termasuk Alumni, 8 Orang Ditangkap Terkait Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi

Polisi sebut duel maut pelajar SMP di Cikembar Sukabumi ini bermula dari janjian di Instagram dan ada peran alumni yang terlibat.
Ilustrasi. Polisi tangkap 8 orang pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life05 Mei 2024, 16:00 WIB

Pantas Anak Sulit Disiplin! 6 Kesalahan Orang Tua Saat Mendidiknya di Masa Kecil

Mendidik anak untuk hidup disiplin terkadang mendapati kegagalan. Hal itu biasanya dipengaruhi oleh kesalahan saat mendidiknya di masa kecil
Ilustrasi - Mendidik anak untuk hidup disiplin terkadang mendapati kegagalan. Hal itu biasanya dipengaruhi oleh kesalahan saat mendidiknya di masa kecil. (Sumber : Pexels/Karolina Grabowska).
Sukabumi05 Mei 2024, 15:24 WIB

Bareng TNI Kawal Capaian Target PAT, Distan Sukabumi: Kolaborasi Kunci Keberhasilan

Distan Kabupaten Sukabumi mengimplementasikan kolaborasi dengan TNI untuk pengawalan bersama terhadap capaian PAT melalui pompanisasi.
Kadistan Sri Hastuty Harahap saat teken perjanjian kerja sama dengan Dandim Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo.  (Sumber : Istimewa)
Inspirasi05 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Scanning di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
(Ilustrasi) Lowongan Kerja Sebagai Scanning di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : iStock)