30 Ucapan Hari Batik Nasional, Mari Lestarikan Budaya Milik Anak Bangsa

Senin 02 Oktober 2023, 12:45 WIB
30 Ucapan Hari Batik Nasional, Mari Lestarikan Budaya Milik Anak Bangsa | Sumber: Freepik.com (wirestock)

30 Ucapan Hari Batik Nasional, Mari Lestarikan Budaya Milik Anak Bangsa | Sumber: Freepik.com (wirestock)

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Batik Nasional yang jatuh pada Senin (2/10/2023) merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengingat dan melestarikan batik yang merupakan karya anak bangsa.

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang dimiliki Indonesia, karena mempunyai motif unik. Bahkan, untuk membuatnya diperlukan kepiawaian dalam seni karena harus melukisnya di atas kain.

Untuk memperingati Hari Batik Nasional setiap masyarakat diwajibkan mengenakan batik, baik di sekolah maupun tempat kerja. Tetapi bisa juga dengan menggunakan ucapan yang dibagikan ke sosial media untuk merayakannya.

Baca Juga: Mengenal Filosofi 8 Motif Batik Khas Nusantara di Hari Batik Nasional

Apa saja sih? Berikut 30 ucapan untuk memperingati Hari Batik Nasional 2023 yang dikutip dari Suara.com

30 Ucapan Hari Batik Nasional

1. Sejak tahun 2009 lalu, 2 Oktober selalu jadi hari spesial untuk batik nusantara. Semoga batik terus dilestarikan, dan menjadi ciri khas bangsa kepulauan ini hingga akhir masa.

2. Mari kita melestarikan kekayaan budaya yang kita miliki sebagai sebuah identitas. Hari Batik Nasional 2023!

3. Selamat Hari Batik Nasional 2023, mari selalu mencintai budaya dan hasil karya anak bangsa dengan menggunakan batik di berbagai kesempatan.

4. Selamat Hari Batik Nasional, mari senantiasa lestarikan warisan budaya agar anak cucu bisa merasakan keagungan peninggalan nenek moyang ini.

5. Memakai batik dalam berbagai kesempatan adalah satu wujud nyata rasa cinta pada negeri sendiri dan kebudayaannya. Selalu cintai kebudayaan kita, dan Selamat Hari Batik Nasional 2023.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Lakukan Hal Ini

6. Selamat merayakan Hari Batik Nasional 2023. Menjadi warisan budaya yang masih digunakan hingga sekarang, mari lestarikan sepenuh hati.

7. Dengan berbagai motif yang melambangkan artinya masing-masing, batik akan selalu jadi corak kain yang tepat digunakan untuk berbagai acara. Selamat Hari Batik Nasional 2023!

8. Lewat momentum perayaan Hari Batik Nasional 2023 ini, mari terus belajar tentang batik, dan menggunakannya dalam berbagai acara sesuai dengan maknanya.

9. Selamat menyambut Hari Batik Nasional 2023. Semoga batik tidak hanya menjadi warisan budaya, tapi juga mengambil peran pada perekonomian negara untuk memakmurkan pengusaha dan perajin batik.

10. Kain batik telah menjadi satu identitas bangsa Indonesia. Dengan teknik dari leluhur yang terus diwariskan, nilai estetika batik akan terus terjaga. Selamat Hari Batik Nasional 2023.

11. Menjadi salah satu kekayaan bangsa ini, semoga batik terus digunakan dan dilestarikan hingga masa yang akan datang. Selamat Hari Batik Nasional 2023.

Baca Juga: 11 Ciri Pasangan Mulai Menyerah dan Lelah Menjalani Hubungan Bersamamu

12. Batik adalah seni, batik adalah budaya, batik adalah identitas bangsa. Selamat Hari Batik Nasional 2023, mari lestarikan budaya kita selamanya!

13. Dibuat oleh nenek moyang dan diwariskan hingga ke generasi terkini, mari terus kembangkan seni batik untuk melestarikannya. Selamat Hari Batik Nasional 2023.

14. Hasil karya tangan terampil dan pengamatan pada nilai-nilai yang ada di Bumi Pertiwi, semoga batik terus menjadi pakaian khas yang digunakan banyak orang. Selamat Hari Batik Nasional!

15. Selamat Hari Batik Nasional, semoga keindahan dan kekayaan budaya batik senantiasa memberikan inspirasi untuk kita.

16. Mari rayakan Hari Batik Nasional dengan harapan warisan budaya ini akan terus berkembang dan disegani dunia.

17. Hari Batik Nasional menjadi momen untuk kita selalu mengembangkan nilai keindahan, kerja keras, dan tradisi yang ada di dalam batik agar tetap hidup dan lestari.

Baca Juga: 9 Ciri-ciri Orang yang Punya Trauma, Terlihat dari Perilakunya Sehari-hari

18. Batik telah menjadi simbol persatuan dan keanekaragaman. Semoga Indonesia terus bersatu dalam keberagaman, dan selamat Hari Batik Nasional!

19. Dalam setiap pola di dalam batik selalu terkandung harapan akan masa depan yang cerah. Semoga Indonesia selalu jaya, dan selamat merayakan Hari Batik Nasional!

20. Hari ini menjadi momen kita semua merayakan Hari Batik Nasional. Di sini kita belajar, keindahan bisa diciptakan melalui kerja keras dan dedikasi, serta rasa yang mendalam pada apa yang ada di alam.

21. Batik mengajarkan kita tentang ketelitian dan kesabaran. Hari Batik Nasional menjadi momen tepat melakukan eksplorasi kain dan motif indah yang harus selalu dijaga selamanya.

22. Selamat Hari Batik Nasional 2023. Motif batik selalu memiliki arti yang mendalam, maka selalu berbanggalah saat memakai batik!

23. Sudah selayaknya kita sebagai masyarakat Indonesia bangga dengan adanya warisan budaya berupa batik ini. Selamat Hari Batik Nasional 2023.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Terbaca dari Sikapnya

24. Jika menggunakan batik saja tidak pernah, bagaimana kebudayaan Indonesia akan lestari? Ayo pakai batik, dan rayakan Hari Batik Nasional 2023 dengan bangga!

25. Batik tidak sekedar pakaian, tapi juga identitas dan warisan. Selamat Hari Batik nasional 2023, semoga menjadi momen membanggakan bagi setiap pengguna batik di Indonesia!

26. Selamat merayakan Hari Batik Nasional 2023, tetaplah bangga akan dirimu sendiri sebagai bagian dari tanah air Indonesia ini dengan menggunakan batik.

27. Batik menjadi cerminan nilai seni dan budaya Indonesia, serta kreativitas masyarakatnya yang luar biasa. Selamat Hari Batik Nasional 2023.

28. Hari Batik Nasional, saatnya berbangga dengan kekayaan budaya Indonesia yang telah mendunia!

29. Otentik hasil karya leluhur negeri ini, warisan budaya batik harus selalu dijaga dan dilestarikan. Semoga terus berkembang sampai akhir jaman.

30. Selamat Hari Batik Nasional 2023. Ingat, sekedar menggunakan batik bisa menunjukkan kecintaan pada budaya negeri ini, jadi ayo pakai batik!

Baca Juga: Ada Orang yang Tidak Suka dengan Kita? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan

Itulah 30 ucapan yang bisa digunakan untuk memperingati Hari Batik Nasional 2023. Semoga suka.

Sumber: Suara.com (I Made Rendika Ardian)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 08:26 WIB

Saber Pungli Selidiki Dugaan Pungutan Liar Tenaga Kerja di Pabrik Sukabumi

Tim Saber Pungli tengah melakukan penyelidikan terkait adanya informasi dugaan pungutan liar terhadap para pencari kerja di salah satu pabrik di Kabupaten Sukabumi.
Ketua Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi Kompol Rizka Fadhila. (Sumber : SU/Ilyas)
Life04 Mei 2024, 08:00 WIB

7 Ciri Anak Stres Karena Suka Dimarahi Orang Tua, Sikapnya Tak Biasa

Ciri-Ciri Anak Stres Karena Suka Dimarahi Orang Tua Dapat Dilihat Dari Sikapnya yang Tak Biasa. Ayah Bunda Jangan Abai!
Ilustrasi. Sikap anak yang tidak biasa mengindikasikan bahwa mereka sedang mengalami stres hingga tekanan emosional dan psikologis yang berat. (Sumber : Pixabay/GabrielMiguelBero)
Food & Travel04 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Langkah Mudah, Ini Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menjaga Gula Darah Stabil

Berikut Sembilan Langkah Mudah untuk Membuat Air Jeruk Peras untuk Menjaga Gula Darah Stabil. Yuk, Coba!
Jeruk peras memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi yang kaya, terutama vitamin C. (Sumber : Pexels/pixabay)
Sukabumi04 Mei 2024, 06:28 WIB

KAI akan Tutup Perlintasan Liar TKP Pasutri Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi

Lokasi kejadian pasutri tertabrak KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi merupakan perlintasan sebidang liar.
Lokasi kejadian pasutri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Science04 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Mei 2024, Cek Dulu Langit Sebelum Berakhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 4 September 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 4 September 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)