14 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kamu Merasa Lelah dengan Kehidupan

Kamis 28 September 2023, 21:15 WIB
Ilustrasi - 14 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kamu Merasa Lelah dengan Kehidupan. (Sumber : unplash/@Claudia Wolff).

Ilustrasi - 14 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kamu Merasa Lelah dengan Kehidupan. (Sumber : unplash/@Claudia Wolff).

SUKABUMIUPDATE.com - Rutinitas sehari-hari yang tinggi dan padat tentunya akan sangat melelahkan. Saat lelah secara fisik mungkin bisa diobati dengan istirahat yang cukup, namun bagaimana dengan lelah mental?

Tentunya itu sangat berat dan kamu pastinya akan merasa lelah dengan kehidupan. Ketika merasakan kondisi tersebut, penting untuk mengambil langkah-langkah yang dapat membantu kamu meremajakan diri dan mendapatkan kembali semangat.

Jika keadaan seperti itu dibiarkan selama berkepanjangan, akan berakibat pada hal negatif. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat merasa lelah dengan kehidupan:

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Tidak Bahagia, Kamu Juga Termasuk?

1. Istirahat yang Cukup

Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang berkualitas adalah kunci untuk menjaga kesejahteraan fisik dan mental. Agar mendapatkan tidur yang berkualitas, dianjurkan untuk tidur lebih awal dan lakukan rutinitas ini secara konsisten.

2. Refleksi Diri

Luangkan waktu untuk merenung tentang perasaan, coba identifikasi sumber stres dan ketidakbahagiaan yang kamu alami. Melakukan refleksi diri adalah salah satu cara yang dapat dilakukan saat merasa lelah dengan kehidupan.

3. Atur Prioritas

Tentukan apa yang benar-benar penting dalam hidupmu. Fokus pada hal-hal yang sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan kamu. Abaikan atau buang hal yang menurutmu tidak penting dan buatlah diri bahagia.

Baca Juga: 10 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Orang Tua untuk Anak-anak di Zaman Modern

4. Bicarakan Perasaan dengan Orang yang Dipercaya

Berbicaralah dengan seseorang yang kamu percayai tentang perasaan. Terkadang, berbicara tentang masalah dapat membantu meredakan beban emosional. Ini perlu dilakukan jika kamu sudah merasa lelah dengan kehidupan.

5. Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri

Ingatlah bahwa merasa lelah dengan kehidupan adalah pengalaman yang normal. Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan cobalah untuk memaafkan jika ada hal yang tidak bisa tercapai dalam hidup.

6.Ambil Waktu untuk Hiburan

Luangkan waktu untuk mengejar hobi atau aktivitas yang kamu nikmati saat merasa lelah dengan kehidupan. Ini dapat memberikan kebahagiaan dan rasa pencapaian yang mungkin tidak pernah kamu rasakan.

Baca Juga: 12 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Memiliki Sikap Disiplin dan Penurut

7. Luangkan Waktu untuk Menikmati Alam

Jika memungkinkan, habiskan waktu di alam. Berjalan di taman, hutan, atau pantai dapat membawa ketenangan. Ini adalah salah satu cara yang bisa membawa ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup.

8. Coba Cari Dukungan Sosial

Temui teman-teman dan keluarga yang kamu cintai. Interaksi sosial dapat memberikan dukungan emosional. Jangan menutup diri, ingatlah manusia adalah makhluk sosial yang perlu interaksi satu sama lain.

9. Tetapkan Batasan

Belajar mengatakan "tidak" ketika kamu merasa terlalu diberatkan oleh tanggung jawab atau permintaan orang lain. Jangan merasa malu atau tidak enakan saat kamu merasakan tidak sesuai.

Baca Juga: 14 Hal yang Perlu Dilakukan Orang Tua untuk Mempersiapkan Masa Depan Anak

10. Membaca Buku

Membaca buku yang di sukai dapat membawa kamu ke dunia yang berbeda dan memberikan waktu santai. Ini juga akan merefleksi diri untuk istirahat sejenak dari padatnya rutinitas harian.

11. Luangkan Waktu untuk Seni

Bermain musik, melukis, atau mengejar bentuk seni lainnya dapat membantu kamu mengekspresikan diri dan merasa lebih baik. Seni dapat meluapkan ekspresi yang saat ini kamu rasakan.

12. Batasi Media Sosial

Batasi penggunaan media sosial adalah salah satu langkah yang bijak untuk diambil saat kamu merasa lelah dengan kehidupan. Media sosial dapat menjadi sumber stres dan kecemasan bagi banyak orang, dan menghabiskan terlalu banyak waktu di platform tersebut dapat memengaruhi kesejahteraan kamu.

Baca Juga: 8 Ciri Kucing Bahagia, Yuk Kenali Agar Anabul di Rumah Betah Terus!

13. Praktikkan Rasa Syukur

Menyadari hal-hal yang kamu hargai dalam hidup dapat meningkatkan suasana hatimu. Meskipun saat ini kamu tengah merasa lelah dengan kehidupan, bukan berarti kamu harus melupakan rasa syukur.

14. Pikirkan Kembali Tujuan dan Impian Kamu

Mungkin saat yang tepat untuk merenungkan kembali apa yang kamu ingin capai dalam hidup dan membuat rencana baru. Ingat, perjalanan masih panjang dan kamu adalah orang spesial yang sudah bisa berjuang sejauh ini.

Merasa lelah dengan kehidupan adalah pengalaman yang bisa dialami semua orang. Mengambil langkah-langkah positif untuk mengatasi perasaan tersebut dan merawat diri sendiri adalah langkah penting menuju perbaikan kesejahteraan kamu.

Baca Juga: 10 Bahaya Memiliki Sifat Iri, Salah Satunya Susah Hidup Bahagia

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan29 April 2024, 18:54 WIB

Awal Triwulan II 2024, Realisasi Belanja di KPPN Sukabumi Capai Rp6,4 Triliun

Realisasi belanja negara yang disalurkan melalui KPPN Sukabumi berhasil mencapai Rp6,4 triliun di awal Triwulan II 2024.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Life29 April 2024, 18:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Mental Semakin Kuat dan Matang, Yuk Terapkan!

Menerapkan kebiasaan tertentu akan membantu diri memiliki mental yang kuat dan tidak mudah rapuh dalam menjalani kehidupan yang keras.
Ilustrasi. Memiliki kebiasaan yang membuat mental kuat. Sumber foto : Pexels/ Nothing Ahead
Bola29 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Timnas Indonesia Menang Melawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.
Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi Memilih29 April 2024, 17:40 WIB

PKB, Demokrat dan PKS Sepakat Berkoalisi untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

Deklarasi koalisi PKB, Demokrat dan PKS untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 ini rencananya digelar pada 4 Mei 2024 mendatang.
Hasil pertemuan di teras muara Palabuhanratu, PKB, Demokrat dan PKS sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 April 2024, 17:30 WIB

6 Cara Berkelas Menghadapi Orang Licik Agar Tidak Diremehkan dan Direndahkan

Menghadapi orang licik harus dengan cara berkelas. Ini langkah supaya orang licik tidak sembarangan menipu daya demi keuntungannya sendiri.
Ilustrasi. Cara berkelas menghadapi orang licik. Sumber Foto : Pexels/Yan Krukau
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaraan Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist