Menghindari Gaya Hidup Sedentary dengan Sunnah Rasulullah SAW

Rabu 06 September 2023, 08:00 WIB
Ilustrasu. Gaya Hidup Sedentary  | Foto: Unplash

Ilustrasu. Gaya Hidup Sedentary | Foto: Unplash

SUKABUMIUPDATE.com - Gaya hidup sedentary merupakan kebiasaan yang melibatkan sedikit atau tanpa aktivitas fisik seperti olahraga. Orang yang memiliki gaya hidup seperti ini biasanya menghabiskan banyak waktu untuk duduk atau berbaring.

Hal tersebut menjadikan tubuh hanya mengeluarkan sedikit kalori sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit bahkan hingga kematian.

Ada beberapa cara untuk mengatasi gaya hidup sedentary ini seperti berolahraga, melakukan berbagai aktivitas bermanfaat dan sebagainya.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Salah Satunya?

Selain itu, bisa juga dengan mengikuti sunnah Rasulullah SAW dalam mengatur jam tidur agar terbebas dari gaya hidup sedentary.

Sebagaimana dikutip dari Akurat.co yang merujuk pada ceramah Ustaz Abdul Somad, Senin (4/9/2023), mengatakan bahwa lamanya waktu tidur Rasulullah SAW adalah kisaran lima sampai enam jam saja, sebagaimana dijelaskan pada hadis berikut:

وَعَنْهَا : أَنَّ النَّبِيَّ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - كَانَ يَنَامُ أَوَّلَ اللَّيْلِ ، وَيَقُومُ آخِرَهُ فَيُصَلِّي . مُتَّفَقٌ عَلَيْه

Artinya: Rasulullah SAW tidur pada awal malam dan bangun pada penghujung malam. Lalu beliau melakukan shalat (Mutafaqqun 'alaih). (Bukhari 1146 dan Muslim 739).

Pada malam hari Rasulullah SAW juga mengatur jam tidurnya lebih awal, seperti yang tercantum dalam hadis riwayat Bukhari Nomor 568 yakni:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَا.

Artinya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membenci tidur sebelum salat Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya. (Bukhari 568).

Baca Juga: 11 Ciri Remaja Mengalami Masalah Kesehatan Mental, Menyendiri dan Cepat Marah

Dari dua hadis tersebut sudah menjelaskan bahwa Rasulullah SAW akan tidur setelah melaksanakan salat Isya dan tidak akan suka mengobrol hal-hal yang tidak bermanfaat setelah shalat Isya. Hal ini dilakukan Rasulullah SAW untuk tidur lebih awal malam, sehingga di penghujung malam Rasulullah SAW bisa bangun untuk melaksanakan shalat malam.

Dengan mengikuti sunnah Rasulullah SAW ini dapat menjadi salah satu cara untuk menghindari kebiasaan sedentary lifestyle yakni dengan tidur lebih awal malam dan bangun pada penghujung malam.

Selain itu, Rasulullah SAW juga menjelaskan tentang waktu untuk tidur yang dianjurkan dan tidak dianjurkan yaitu:

  1. Tidur di pagi hari atau setelah shalat Subuh sangat tidak dianjurkan, sebab melakukan tidur di pagi hari dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan membuat seseorang akan malas dalam beraktivitas seperti berolahraga.
  2. Tidur di waktu sore hari juga dilarang oleh Rasulullah SAW, sebab bisa membuat orang kehilangan konsentrasi dalam berpikir serta emosi yang kurang stabil.
  3. Kemudian untuk waktu tidur yang dianjurkan adalah sebelum menjelang siang atau sebelum salat Zuhur. Melaksanakan tidur siang sebentar dalam Islam disebut dengan waktu qailullah.

Baca Juga: 8 Cara Menghadapi Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

Dalam hadis dijelaskan:

قِيلُوا فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَقِيلُ

Artinya: Tidurlah qailulah (siang hari) kalian, sesungguhnya setan tidak tidur di waktu qailulah (HR Ath-Thabrani)

Rebahan dan duduk lebih dari delapan jam adalah sedentary lifestyle yang banyak sekali dialami oleh anak muda jaman sekarang. Kurangnya gerak dan aktivitas yang produktif membuat sebagian besar anak muda mengalami gaya hidup seperti ini.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 19:45 WIB

Daftar ke PPP, Deden Deni Berpeluang Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin secara resmi mendaftarkan diri ke Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) untuk maju di Pilkada Kabupaten Sukabumi, Senin (20/5/2024).
Deden Deni Wahyudin (Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi mendaftar calon bupati / wakil bupati di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat20 Mei 2024, 19:30 WIB

Cegah Penyakit Gula Darah, 7 Manfaat Luar Biasa Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.
Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)
Life20 Mei 2024, 19:00 WIB

8 Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, Apa Kamu Memilikinya?

Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun membutuhkan usaha yang besar. Ilmu tenang ini termasuk belajar untuk berpikir positif, mengatasi pikiran negatif, dan membangun rutinitas yang menenangkan.
Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)
Sehat20 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Buah dan Sayuran Kuning Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Kaya Vitamin B12

Buah dan Sayuran yang berwarna kuning ternya bsia membantu menurunkan kolesterol tinggi. Karena kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi buah dan sayur kuning kaya akan vitamin B12 yang mampu turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)