9 Cara Menghadapi Orang yang Keras Kepala, Usahakan Tetap Tenang

Selasa 05 September 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi. 9 Cara Menghadapi Orang yang Keras Kepala, Usahakan Tetap Tenang | Foto: iStock

Ilustrasi. 9 Cara Menghadapi Orang yang Keras Kepala, Usahakan Tetap Tenang | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang keras kepala kerap dipandang negatif karena mereka cenderung menolak untuk mengubah pendapat mengenai sesuatu hal sehingga dianggap menghambat, terutama dalam hal bekerja sama.

Namun, melansir dari laman Hello Sehat, Alice Boyes, peneliti dan psikolog klinis dari Psychology Today menyatakan bahwa seseorang yang keras kepala cenderung memiliki kreativitas lebih tinggi.

Hal itu karena sikap pantang mundur dan tidak ingin melakukan saran orang lain dianggap memungkinkan orang menjadi lebih kreatif dan sangat terpacu untuk mencapai sesuatu.

Baca Juga: 10 Cara Mengendalikan Emosi Saat Amarah Memuncak Agar Kembali Tenang

Lalu bagaimana cara menghadapi orang yang keras kepala mengingat situasi tersebut bisa menjadi situasi yang menantang.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips untuk menghadapi orang yang keras kepala atau yang biasa disebut dengan kepala batu.

1. Tetap Tenang

Pertama dan yang paling penting, cobalah untuk tetap tenang. Jangan biarkan emosi Anda mendominasi interaksi. Dengan tetap tenang, Anda akan lebih mampu berpikir jernih dan merespons dengan baik.

2. Dengarkan dengan Seksama

Cobalah untuk mendengarkan dengan seksama apa yang dikatakan orang tersebut. Usahakan untuk memahami sudut pandang dan argumennya. Ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apa yang membuat mereka keras kepala.

Baca Juga: 7 Cara Menegur Seseorang yang Bau Badan agar Tidak Tersinggung

3. Bertanya dengan Tertarik

Cara menghadapi orang yang keras kepala selanjutnya adalah dengan mengajukan pertanyaan yang pertimbangkan dan menunjukkan minat Anda pada pandangan mereka. Hal ini dapat mengundang mereka untuk berbicara lebih banyak dan merasa didengarkan.

4. Ajukan Alasan dan Fakta

Jika Anda memiliki alasan atau fakta yang mendukung argumen Anda, sampaikan dengan tenang dan dengan niat untuk berbagi informasi, bukan untuk memenangkan argumen.

5. Sampaikan Pendapat dengan Hati-hati

Saat menyampaikan pendapat juga penting diperhatikan ketika menghadapi orang yang keras kepala. Ketika Anda ingin menyampaikan pendapat atau argumen, lakukan dengan sopan dan hati-hati. Hindari mengambil sikap yang terlalu keras, karena hal ini dapat memperburuk konfrontasi.

Baca Juga: 9 Cara Hidup Bahagia Saat Diri Merasa Tidak Baik-baik Saja, Jangan Sedih!

6. Cari Kesamaan Pemikiran

Cobalah untuk menemukan titik kesamaan atau persamaan pemikiran di antara pandangan Anda berdua. Ini dapat menjadi dasar untuk mencapai kesepakatan.

7. Tawarkan Solusi Bersama

Menawarkan solusi bisa menjadi cara menghadapi orang yang keras kepala. Ini bisa melibatkan negosiasi dan kompromi. Ingatlah bahwa tujuan utama adalah mencapai kesepakatan yang memadai, bukan memenangkan argumen.

8. Berikan Ruang dan Waktu

Terkadang, orang perlu waktu untuk memproses informasi dan berubah pikiran. Jangan terlalu mendesak atau memaksakan pendapat Anda. Biarkan mereka memiliki waktu dan ruang untuk merenungkan argumen Anda.

Baca Juga: 10 Pola Pikir yang Harus Dihindari Jika Ingin Sukses, Buang Jauh-jauh

9. Hindari Konfrontasi

Hindari konfrontasi fisik atau verbal saat menghadapi orang yang keras kepala karena hal itu bisa memperburuk situasi. Jika situasi menjadi terlalu panas, lebih baik mundur sejenak untuk merilekskan diri.

Ingatlah bahwa menghadapi orang yang keras kepala bisa menjadi proses yang memakan waktu, dan Anda mungkin tidak selalu berhasil mengubah pikiran mereka.

Tujuan utama adalah menciptakan komunikasi yang terbuka dan saling pengertian. Jika perlu, Anda juga dapat mencari bantuan dari mediator atau konselor untuk membantu mengatasi konflik jika situasinya semakin sulit.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life13 April 2024, 10:00 WIB

Sering Bertengkar, 10 Ciri Kamu dan Pasangan Tidak Berjodoh Meski Saling Mencintai

Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi.
Ilustrasi - Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Science13 April 2024, 09:39 WIB

Potensi Ombak Capai 2,5 Meter di Pantai Selatan Jabar-DIY, Wisatawan Diimbau Waspada

BMKG peringatkan potensi ombak capai 2,5 meter di Pantai Selatan Jabar hingga DIY pada hari ketiga libur Lebaran, Sabtu 13 April 2024.
Ilustrasi. Ombak laut yang menghempas pantai. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Sehat13 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Atasi Depresi, 8 Manfaat Asam Lemak Omega-3 untuk Kesehatan

Potensi manfaat kesehatan dari omega-3 termasuk melindungi kesehatan jantung, fungsi otak, kesehatan mata, dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis.
Ilustrasi - Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting yang dikonsumsi melalui makanan atau suplemen. (Sumber : Freepik.com).
Motor13 April 2024, 08:00 WIB

10 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru

Dengan mempersiapkan hal-hal berikut, Updaters dapat memastikan bahwa Anda siap untuk membeli motor baru dan mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Ini Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Life13 April 2024, 07:00 WIB

Jangan Diremehkan! Ini 10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres

Menghindari kebiasaan-kebiasaan sepele penyebab anak stres dan menciptakan lingkungan yang positif, penuh kasih serta mendukungnya merupakan kunci untuk membantu anak mengatasi stres dan berkembang dengan baik secara emosional.
Ilustrasi. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres Ini Jangan Pernah Diremehkan! (Sumber : pixabay.com/@ DigitalPhotoandDesignDigiPD.com)
Food & Travel13 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional

Daun jambu biji memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diare, gangguan pencernaan, dan infeksi saluran kemih.
Ilustrasi. Daun Jambu Biji. Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional. (Sumber : pexels.com/RanjeerChauhan)
Science13 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 April 2024, Berpotensi Diguyur Hujan Sejak Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi12 April 2024, 22:59 WIB

Retribusi Pantai Minajaya Dikomplain Tak Sesuai Fasilitas, Ini Kata Dispar Sukabumi

Retribusi ke kawasan Pantai Minajaya Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi menjadi sorotan warga. Pasalnya tarif yang dikenakan mengalami kenaikan, bahkan dianggap terlalu mahal dan tidak wajar.
Pos Retribusi Pantai Minajaya Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 April 2024, 22:33 WIB

Operasional Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka hingga Malam Hari Kecuali Hujan

Tol Bocimi Seksi 2 dari arah Sukabumi menuju Bogor-Jakarta dibuka hingga malam hari, sekira pukul 19.00 WIB, berbeda dengan hari pertama kemarin yang sudah ditutup pada sore hari.
Buka tutup tol Bocimi seksi 2 saat libur lebaran | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi12 April 2024, 22:23 WIB

Urai Kemacetan di Lebaran H+2, Polisi Terapkan Skema One Way di Sekitar Exit Tol Parungkuda

Rekayasa lalu lintas satu arah alias one way di sepanjang ruas jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di sekitar Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, telah berakhir pada Jumat (12/4/2024).
Polantas berlakukan skema one way di sekitar Exit Tol Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari