Inilah 5 Perbedaan Antara Kirab dan Pawai, Sudah Tahu?

Minggu 20 Agustus 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi. Arak-arakan | Perbedaan Antara Kirab dan Pawai (Sumber : Instagram/@sdnsuku01adiwiyata)

Ilustrasi. Arak-arakan | Perbedaan Antara Kirab dan Pawai (Sumber : Instagram/@sdnsuku01adiwiyata)

SUKABUMIUPDATE.com - Acara Kirab Budaya Merah Putih 2023 termasuk rangkaian acara perayaan HUT ke-78 RI di Sukabumi. Rute yang dimulai dari Lapang Merdeka ini berakhir di Balai Kota Sukabumi, Minggu, 20 Agustus 2023.

Kirab sendiri adalah sebuah acara yang mengumpulkan orang-orang untuk bergerak bersama dalam suatu perjalanan dengan tujuan tertentu bernuansa meriah dan semangat yang khas.

Meski berbeda, kirab identik dengan istilah pawai. Maka tak heran banyak masyarakat yang masih belum mengetahui perbedaan kirab dan pawai.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut sederet perbedaan kirab dan pawai. Yuk, simak!

Baca Juga: Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023: Gratis, Terbuka Untuk Umum!

Pawai dan kirab adalah dua jenis acara yang melibatkan gerakan atau pergerakan sekelompok orang atau kendaraan. Namun, ada perbedaan signifikan antara kedua jenis acara tersebut, terutama dalam konteks tujuan, karakteristik, dan format pelaksanaannya.

Perbedaan Kirab dan Pawai

Ilustrasi. Pawai | Cek Agenda Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023Ilustrasi. Pawai | Cek Agenda Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023

1. Pengertian Kirab dan Pawai

  • Pawai : Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pawai adalah iring-iringan orang, mobil, kendaraan atau perarakan. Pawai kerap disebut sebagai parade, yaitu prosesi orang, biasanya diorganisir di sepanjang jalan, seringkali dengan kostum dan diiringi marching band, kendaraan hias, atau terkadang balon besar.
  • Kirab : Kirab adalah suatu acara atau peristiwa di mana sekelompok orang, kendaraan, atau kelompok hewan bergerak secara bersama-sama dari satu tempat ke tempat lain dalam rangkaian tertentu.

Baca Juga: 3 Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi Berkat Penghargaan Film Internasional

2. Tujuan Kirab dan Pawai

  • Pawai: Pawai sering diadakan untuk merayakan atau menghormati sesuatu, seperti perayaan budaya, hari nasional, atau peristiwa penting lainnya. Pawai seringkali memiliki unsur hiburan dan atraksi yang menarik perhatian penonton.
  • Kirab: Kirab lebih sering memiliki makna simbolis atau religius. Biasanya diadakan sebagai bentuk perayaan agama, peringatan bersejarah, atau upacara keagamaan.

3. Karakteristik Peserta antara Kirab dan Pawai

  • Pawai: Peserta pawai sering kali mengenakan kostum atau pakaian yang mencerminkan tema pawai. Mereka dapat berupa kelompok musisi, penari, pejabat pemerintahan, atau peserta yang berpartisipasi dengan cara tertentu yang menghibur.
  • Kirab: Peserta kirab cenderung membawa barang-barang yang memiliki makna simbolis atau religius. Contohnya, kirab agama mungkin melibatkan peserta yang membawa replika kitab suci atau atribut keagamaan lainnya.

4. Rute dan Penampilan

  • Pawai: Pawai sering memiliki rute tetap di sepanjang jalan atau jalan-jalan tertentu di kota atau lokasi tertentu. Peserta pawai melakukan penampilan atau atraksi yang direncanakan untuk menghibur penonton.
  • Kirab: Kirab dapat memiliki rute yang lebih panjang atau lebih beragam, terkadang melibatkan perjalanan dari satu tempat suci ke tempat suci lainnya. Penampilan peserta kirab lebih serius dan menghormati makna acara.

Baca Juga: 11 Sumber Kebahagiaan Hidup: Suka Memberi dan Membantu Orang Lain

5. Makna dan Simbolisme

  • Pawai: Pawai lebih fokus pada aspek hiburan dan visual, dengan menghadirkan atraksi menarik yang membuat penonton senang dan terkesan.
  • Kirab: Kirab lebih menekankan pada nilai simbolis, makna religius, atau historis. Barang-barang yang dibawa dalam kirab memiliki makna yang lebih dalam dan sering kali dikaitkan dengan peristiwa penting atau agama.

Di beberapa kasus, batas antara pawai dan kirab mungkin menjadi kabur tergantung pada konteks dan budaya tertentu. Namun, perbedaan-perbedaan di atas memberikan gambaran umum tentang ciri khas dari kedua jenis acara tersebut.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts
Musik28 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

Inilah Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki yang Dinyanyikan oleh Lyodra sebagai Original Soundtrack atau OST Film Ipar Adalah Maut.
Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/LyodraOfficial
Sukabumi28 April 2024, 16:57 WIB

Warga Keluhkan Sampah Bau Busuk Dibiarkan Menumpuk di Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi

Warga keluhkan tumpukan salah di pinggir Jalan Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. Baunya tak sedap hingga bahayakan pengguna jalan.
Tumpukan sampah berserakan ke pinggir jalan di Kampung Pangsor Lio, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Life28 April 2024, 16:30 WIB

Bersikap Fleksibel, 10 Cara Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik Untuk Anak

Dari mengajukan pertanyaan hingga berlatih mendengarkan secara aktif, trik berikut akan membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik.
Ilustrasi. Cara menjadi orang tua yang lebih baik. Sumber : Freepik/@freepik
Sukabumi28 April 2024, 16:12 WIB

Lewat Harmoni Budaya, IPB Sukabumi Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Luhur Bangsa

Harmoni Budaya 2024 diharapkan menjadi titik awal bagi semangat pelestarian budaya dan penyaluran bakat seni generasi muda Sukabumi.
Acara Harmoni Budaya 2024 diresmikan secara simbolik oleh Dr. Ir. Aceng Hidayat MT. selaku Dekan Sekolah Vokasi IPB University, dan Rita Handayani S.Ip. M.Si. perwakilan dari Disdikbud Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 16:00 WIB

7 Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya

Kekakuan mental atau ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar atau teknologi bisa menjadi penghalang bagi kemajuan finansial sehingga membuat orang miskin sulit kaya.
Ilustrasi. Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/JoaoJesus)
Life28 April 2024, 15:30 WIB

9 Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak Demi Keluarga Bahagia

Ingin meningkatkan hubungan Anda dengan anak sekaligus mendorong perkembangan sosial dan emosionalnya? Menghabiskan waktu bersama mereka dapat melakukan hal-hal ini dan banyak lagi.
Ilustrasi. Keluarga bahagia. Tips menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Sumber : Freepik/@pressfoto
Inspirasi28 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Lulusan S1 untuk Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun.
Ilustrasi. Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 14:50 WIB

6 Tanda Kamu Golongan Orang Serakah Terhadap Harta, Ini Buktinya

Orang yang serakah terhadap harta bisa diperhatikan dari sikapnya yang cenderung berlebihan dalam mencari dan memelihara harta.
Ilustrasi. Tanda hidup serakah. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 14:32 WIB

Data Sementara BPBD: 17 Rumah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa Laut Garut

Berikut rincian wilayah yang terdampak gempa laut Garut M6,2 di Kabupaten Sukabumi.
Rumah rusak akibat gempa laut Garut di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)