Mengenal Kirab Budaya Merah Putih, Acara Perayaan HUT RI di Sukabumi

Minggu 20 Agustus 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi. Pawai | Acara Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023 (Sumber : Instagram/@dishubkotasukabumi)

Ilustrasi. Pawai | Acara Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023 (Sumber : Instagram/@dishubkotasukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 20 Agustus 2023 dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Titik awal Kirab yaitu dari Lapang Merdeka Kota Sukabumi dengan tujuan akhir Balai Kota Sukabumi.

Acara Kirab Budaya Merah Putih ini termasuk rangkaian acara perayaan HUT ke-78 RI di Sukabumi. 

Dewasa ini, banyak yang belum tahu tentang apa itu kirab atau kirab merah putih. Maka dari itu, simak penjelasannya berikut ini seperti merangkum dari berbagai sumber.

Pengertian Kirab

Kirab adalah suatu acara atau peristiwa di mana sekelompok orang, kendaraan, atau kelompok hewan bergerak secara bersama-sama dari satu tempat ke tempat lain dalam rangkaian tertentu.

Baca Juga: Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023: Gratis, Terbuka Untuk Umum!

Kirab sering diadakan sebagai perayaan, peringatan, atau acara budaya, dan biasanya melibatkan peserta yang mengenakan pakaian khusus, membawa barang-barang atau atribut yang memiliki makna simbolis, dan sering kali diiringi oleh musik, tarian, dan berbagai atraksi lainnya.

Kirab memiliki berbagai tujuan, misalnya merayakan peristiwa bersejarah, mempromosikan kebudayaan atau tradisi lokal, atau menyampaikan pesan tertentu kepada masyarakat. Contoh kirab yang terkenal termasuk kirab pernikahan, kirab agama, kirab budaya dan kirab nasional.

Menjadi catatan bahwa untuk beberapa konteks, istilah "kirab" juga dapat mengacu pada perjalanan suci atau ziarah dalam agama tertentu. Para penganut agama melakukan perjalanan ke tempat-tempat suci atau bersejarah sebagai bentuk pengabdian atau ibadah.

Baca Juga: Nama 139 Caleg DPRD Dapil IV Kabupaten Sukabumi Pemilu 2024

Kesimpulannya, kirab adalah sebuah acara yang mengumpulkan orang-orang untuk bergerak bersama dalam suatu perjalanan dengan tujuan tertentu bernuansa meriah dan semangat yang khas.

Lantas, Apa Itu Kirab Merah Putih?

Merujuk pada penggunaan katanya, Kirab Budaya Merah Putih - seperti di Sukabumi-, termasuk jenis Kirab Budaya.

Kirab Merah Putih merujuk pada acara atau peristiwa di mana bendera merah dan putih, yang merupakan bendera nasional Indonesia, dikibarkan atau ditampilkan dalam jumlah yang besar dan diarak dengan penuh semangat oleh sekelompok orang. Acara ini biasanya diselenggarakan untuk merayakan momen-momen penting dalam sejarah Indonesia atau untuk merayakan peristiwa-peristiwa nasional yang berhubungan dengan kemerdekaan dan patriotisme.

Kirab Merah Putih menjadi bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus.

Baca Juga: 3 Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi Berkat Penghargaan Film Internasional

Pada tanggal 17 Agustus, bendera merah dan putih dikibarkan di seluruh negeri untuk memperingati kemerdekaan Indonesia dari penjajahan. Kirab Merah Putih dapat melibatkan partisipasi dari berbagai lapisan masyarakat, seperti pelajar, organisasi masyarakat, kelompok seni, pasukan militer, dan warga umum.

Selain merayakan Hari Kemerdekaan, Kirab Merah Putih juga dapat diadakan dalam berbagai kesempatan lain, seperti perayaan nasional lainnya, acara peringatan sejarah, atau untuk menguatkan semangat patriotisme dan nasionalisme di kalangan masyarakat.

Kirab Merah Putih adalah cara yang indah dan bermakna untuk membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, serta untuk menghormati bendera nasional sebagai simbol kemerdekaan dan identitas nasional.

Baca Juga: Lab Kebakaran, Mahasiswi Meninggal Dunia Saat Menyusun Penelitian Tesis

Sebelumnya diberitakan, Kirab Budaya Merah Putih di Kota Sukabumi terbuka untuk umum dan dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Masyarakat bakal memulai Kirab Budaya Merah Putih dari titik start Lapang Merdeka Kota Sukabumi menuju titik finish di Balai Kota Sukabumi.

Adapun lengkapnya, Rute Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023 yakni:

  • Lapang Merdeka Kota Sukabumi-Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Ahmad Yani, Jalan Gudang-Jalan RE Martadinata, Jalan Siliwangi-Jalan R. Syamsudin, SH-Balai Kota Sukabumi.

Di titik akhir Kirab Budaya Merah Putih, masyarakat bakal disuguhkan dengan berbagai penampilan salah satunya atraksi budaya dari tujuh kecamatan di Kota Sukabumi.

Secara detail, Agenda Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023 meliputi Marching Band Setukpa Lemdiklat Polri, Gema Suara Kota dan Marching Band MY. Kemudian ada juga penampilan dari Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kontingen Tujuh Kecamatan, Komunitas, Sekolah dan Kafilah.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 21:51 WIB

Pemotor Wanita Asal Jakarta Tewas Usai Terjatuh di Jalan Cicurug Sukabumi

Seorang pemotor wanita meninggal dunia setalah terjatuh saat melintasi Jalan Alternatif Tenjoayu, Kampung Baru RT 05/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya Tenjoayu Cicurug Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 21:19 WIB

Hidden Agenda Dibalik Koalisi 6 Parpol? Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024

Enam partai politik di Kota Sukabumi dikabarkan telah bersepakat untuk berkoalisi dalam mengusung pasangan calon wali kota / wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024
6 Partai sepakat berkoalisi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life09 Mei 2024, 21:00 WIB

Hindari 10 Posisi Tidur yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Hindari! Ternyata posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat.
Ilustrasi. Posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat. (Sumber : pixabay.com/@Kat)
Sehat09 Mei 2024, 20:30 WIB

Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter.
Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari