10 Penyebab Orang Mudah Marah, Karena Kesehatan Mental Terganggu?

Senin 07 Agustus 2023, 18:30 WIB
10 Penyebab Orang Mudah Marah, Karena Kesehatan Mental Terganggu?. | (Sumber : Freepik.com)

10 Penyebab Orang Mudah Marah, Karena Kesehatan Mental Terganggu?. | (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Penyebab seseorang mudah marah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti psikologis, biologis, sosial, dan lingkungan. Namun, orang mudah tersinggung biasanya sedang mengalami hal buruk dalam keseharian.

Reaksi mudah marah juga bisa disebabkan oleh tekanan dari pekerjaan, kehidupan pribadi, atau masalah lainnya dapat menyebabkan peningkatan stres, yang akhirnya mengarah pada reaksi marah.

Berikut ini ada beberapa penyebab umum mengapa orang mudah marah yang dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: 30 Kata-kata Motivasi Untuk Diri Sendiri, Ampuh Bikin Semangat!

1. Stres

Stres adalah salah satu penyebab umum dari kemarahan yang berlebihan atau mudah marah. Ketika seseorang mengalami stres yang berkepanjangan atau intens, sistem saraf tubuh dapat terstimulasi secara berlebihan, yang dapat mengganggu keseimbangan emosional dan mengarah pada reaksi kemarahan.

Tekanan dari pekerjaan, hubungan, atau masalah pribadi dapat mengakibatkan penumpukan stres. Jika tidak ditangani dengan baik, stres ini bisa meledak dalam bentuk kemarahan.

2. Kesehatan Mental

Kesehatan mental yang tidak stabil dapat menjadi penyebab dari mudah marah atau reaksi emosional yang tidak proporsional terhadap situasi sehari-hari.

Baca Juga: 11 Tanda Orang Memiliki Kepribadian Baik dan Bijaksana Dalam Bersikap

Beberapa gangguan kesehatan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, atau bipolar dapat mempengaruhi mood dan respons emosional seseorang, termasuk menyebabkan kemarahan yang berlebihan.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur dapat mengganggu kemampuan otak untuk mengatur emosi dengan baik. Ini dapat menyebabkan perasaan mudah tersinggung, merasa lelah secara emosional, dan merespons situasi dengan kemarahan yang berlebihan.

Kurang tidur dapat membuat seseorang lebih mudah marah dan kurang sabar dalam menghadapi situasi. Ketika seseorang kurang tidur dapat mengakibatkan rasa lelah dan kurangnya energi fisik, yang dapat membuat seseorang lebih mudah terganggu dan kurang sabar.

Baca Juga: 7 Tanda Inner Child yang Terluka dan Cara Penyembuhannya, Yuk Kenali!

4. Frustrasi

Ketika harapan atau keinginan seseorang tidak terpenuhi, rasa frustrasi bisa berkembang dan berubah menjadi kemarahan. Jika seseorang terus-menerus menghadapi situasi yang menyebabkan kekecewaan atau frustrasi, mereka mungkin menjadi lebih mudah marah ketika menghadapi situasi serupa di masa depan.

5. Kurangnya Keterampilan Penanganan Emosi

Keterampilan penanganan emosi melibatkan kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, mengelola, dan mengekspresikan emosi dengan cara yang sehat dan konstruktif.

Kurangnya keterampilan ini dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap kemarahan yang berlebihan. Beberapa orang mungkin tidak memiliki keterampilan yang baik dalam mengelola emosi mereka, sehingga mereka cenderung bereaksi secara emosional dalam situasi tertentu.

Baca Juga: 10 Sikap Perhatian Ini Bikin Pria Jatuh Padamu, Bisa Dicoba Nih!

6. Riwayat Trauma atau Pengalaman Buruk

Pengalaman traumatis atau buruk yang tidak tertangani dengan baik dapat meninggalkan dampak emosional yang mendalam dan mengubah cara seseorang merespons situasi tertentu.

Seseorang yang telah mengalami trauma mungkin tidak memiliki keterampilan yang sehat untuk mengatasi emosi negatif. Ini dapat menyebabkan kemarahan menjadi cara tidak sehat untuk mengatasi perasaan yang sulit.

7. Gangguan Hormonal

Hormon memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati dan emosi seseorang, dan perubahan dalam kadar hormon dapat mempengaruhi cara seseorang merespons situasi sehari-hari.

Perubahan hormonal dalam tubuh, seperti saat PMS pada wanita, dapat mempengaruhi mood dan menyebabkan perubahan emosional termasuk kemarahan.

Baca Juga: Kenali 9 Sikap yang Membuat Orang Lain Nyaman Saat Bersamamu

8. Kurangnya Komunikasi

Sulit untuk mengungkapkan perasaan atau masalah dapat menyebabkan penumpukan emosi dan kemarahan. Jika seseorang merasa bahwa perasaan atau pandangannya tidak dihargai atau diabaikan, ini dapat menyebabkan perasaan frustrasi dan marah.

9. Alkohol dan Obat-obatan

Alkohol dan obat-obatan dapat memengaruhi kimia otak dan sistem saraf, yang dapat mempengaruhi regulasi emosi dan mood seseorang. Ini bisa menyebabkan perubahan drastis dalam suasana hati dan merespons situasi dengan kemarahan yang lebih kuat.

10. Lingkungan

Lingkungan tempat seseorang tinggal dan berinteraksi dapat menjadi penyebab mudah marah. Lingkungan yang penuh tekanan, konflik, atau kekerasan dapat mempengaruhi regulasi emosi dan membuat seseorang lebih rentan terhadap kemarahan.

Baca Juga: 7 Tanda Seseorang Memiliki Sikap Karismatik, Bikin Orang Lain Tertarik!

Lingkungan fisik yang tidak aman atau tidak stabil, seperti daerah dengan tingkat kejahatan yang tinggi, dapat memicu perasaan ketidakamanan dan meningkatkan risiko reaksi marah yang berlebihan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)