11 Tips Menjadi Teman yang Baik, Coba Hindari Gosip Ya!

Senin 31 Juli 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi. Bestie | Tips Menjadi Teman yang Baik: Hindari Gosip dan Coba Quality Time Bersama! (Sumber : Freepik/@freepik)

Ilustrasi. Bestie | Tips Menjadi Teman yang Baik: Hindari Gosip dan Coba Quality Time Bersama! (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Persahabatan adalah hubungan kasih sayang antara dua orang atau lebih. Ini adalah bentuk ikatan interpersonal yang lebih kuat daripada "teman", sehingga kerap disebut best friend atau teman terbaik.

Panggilan teman baik juga memiliki istilah populer jaman now, yaitu bestie. Bahkan di tahun 2022 kata "bestie" masuk di deretan kata yang paling banyak dicari oleh orang Indonesia.

Hubungan persahabatan sejatinya ditopang dengan kualitas pertemanan. Sayangnya, mungkin banyak yang belum menerapkan bagaimana cara menjadi teman baik sehingga pertengkaran tak dapat terelakkan.

Baca Juga: 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian

Ini karena menjadi teman yang baik harus melibatkan sikap, perilaku, dan komunikasi yang positif. Maka dari itu, merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips tentang cara menjadi teman yang baik:

Tips Menjadi Teman yang Baik

1. Jadi pendengar yang baik

Berikan perhatian penuh saat teman berbicara. Dengarkan tanpa mengganggu dan tunjukkan minat pada cerita atau masalah mereka.

2. Bersikap empati

Cobalah untuk memahami perasaan dan perspektif teman. Bersikaplah simpatik dan tunjukkan dukungan saat mereka mengalami kesulitan.

3. Jangan menghakimi

Hindari menghakimi atau mengkritik teman secara berlebihan. Sebagai gantinya, tawarkan dukungan dan nasihat dengan cara yang bijaksana dan bijaksana.

4. Jujur dan terpercaya

Pertahankan kepercayaan teman dengan bersikap jujur dan dapat diandalkan.

Baca Juga: 10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bahasa Tubuhnya

Jika teman mempercayakan rahasia maka tetap pegang teguh kepercayaan tersebut.

5. Hargai perbedaan

Hormati setiap perbedaan pendapat dan minat dari teman. Jangan pernah mencoba mengubah mereka menjadi seseorang yang kamu inginkan, namun tetap dukung keputusan mereka.

6. Beri dukungan

Saat teman menghadapi kesulitan atau masalah, tawarkan dukungan dan bantuan. Tunjukkan bahwa kamu peduli dan siap membantu dengan cara yang bisa kamu lakukan.

7. Hindari gosip

Jauhi perilaku menyebarkan gosip atau berbicara buruk tentang orang lain. Jika ada masalah, bicarakan secara langsung dengan teman yang bersangkutan daripada berbicara di belakangnya.

8. Hargai waktu

Menghargai waktu teman termasuk salah satu tanda penghormatan. Jangan selalu meminta bantuan atau mengandalkan mereka untuk segala sesuatu.

9. Rayakan keberhasilan dan dukung dalam kegagalan

Jika temanmu berhasil meraih kesuksesan, maka kamu bisa merayakan hal tersebut bersamanya. Kemudian, jika menghadapi kegagalan, coba berikan dukungan dan dorongan untuk bangkit kembali.

10. Komunikasi

Jika ada masalah dalam hubungan persahabatan, bicarakan secara terbuka dan jujur. Hindari menumpuk perasaan negatif, tetapi temukan cara untuk mencari solusi bersama.

11. Quality Time bersama

Cari kesempatan untuk bersenang-senang bersama teman. Bagikan waktu berkualitas dan lakukan kegiatan yang menyenangkan bersama.

Baca Juga: 7 Ciri Seseorang Punya Mental Kuat, Optimis dan Tenang

Ingat selalu bahwa menjadi teman yang baik adalah tentang memberikan dan menerima dukungan, saling menghargai serta peduli satu sama lain.

Setiap persahabatan memiliki tantangan dan keunikan masing-masing,. Akan tetapi dengan komitmen untuk bersikap baik dan peduli, kamu dapat membangun hubungan persahabatan yang kokoh dan berharga.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat28 April 2024, 07:00 WIB

Bantu Melancarkan Pencernaan, 5 Manfaat Minum Air Hangat Saat Perut Kosong di Pagi Hari

Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.
Ilustrasi minum air putih - Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. | (Sumber : Freepik.com)
Science28 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Berpotensi Turun Hujan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)