7 Manfaat Rutin Melaksanakan Sholat Tahajud, Sangat Sayang Jika Dilewatkan

Rabu 12 Juli 2023, 21:30 WIB
Ilustrasi. Berikut beberapa manfaat Tahajud yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Berikut beberapa manfaat Tahajud yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Sholat Tahajud yang juga dikenal dengan Sholat Malam merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam.

Sholat ini dilaksanakan pada jam-jam larut malam setelah sholat Isya dan sebelum sholat Subuh, waktu tersebut umumnya disebut sepertiga malam.

Dengan rutin melaksanakan sholat sunnah satu ini maka ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat Tahajud yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

1. Mendekatkan Diri dengan Allah SWT

Tahajud memberikan kesempatan untuk memperkuat hubungan seseorang dengan Allah SWT. Ketenangan malam dan kesunyian yang ditawarkannya menciptakan suasana ideal untuk refleksi diri, evaluasi diri, dan mencari kedekatan dengan Allah. Itu memungkinkan seseorang untuk fokus pada spiritualitas mereka dan memperdalam hubungan mereka dengan Sang Pencipta.

Baca Juga: Informasi Jadwal Sholat Sukabumi Bulan Juli 2023

2. Meningkatnya Taqwa

Taqwa mengacu pada kesadaran akan Allah dan ketakutan akan ketidaksenangan-Nya. Dengan melakukan Tahajud secara teratur, individu mengembangkan rasa taqwa yang tinggi, saat mereka bangun dari tidurnya untuk berdiri di hadapan Allah dalam ibadah. Kesadaran ini memengaruhi tindakan dan pilihan mereka sepanjang hari, mempromosikan kebenaran dan menghindari dosa.

3. Peningkatan Disiplin

Bangun di sepertiga malam terakhir untuk melakukan Tahajud membutuhkan disiplin dan manajemen waktu yang efektif. Dengan memasukkan Tahajud ke dalam rutinitas mereka, individu belajar untuk memprioritaskan kewajiban spiritual mereka dan mengatur waktu mereka secara efisien.

Disiplin ini dapat meluas ke aspek kehidupan lainnya, yang mengarah pada peningkatan produktivitas dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca Juga: Kenapa Doa Sulit Diijabah Oleh Allah SWT? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

4. Ketenangan Batin

Tindakan terlibat dalam sholat Tahajud meningkatkan rasa kedamaian dan ketenangan batin. Keheningan malam, ditambah dengan pengabdian terfokus kepada Allah, memungkinkan individu untuk menemukan penghiburan dan ketenangan di tengah kekacauan dan gangguan dunia. Kedamaian batin ini berdampak positif pada kesejahteraan mental dan emosional.

5. Mencari Pengampunan

Tahajud adalah waktu di mana individu dapat meminta pengampunan dari Allah atas dosa dan kekurangan mereka. Ini adalah kesempatan untuk merenungkan tindakan seseorang, bertobat dengan tulus, dan meminta rahmat dan pengampunan Allah. Mencari pengampunan secara teratur mengarah pada hati yang murni dan hati nurani yang lebih ringan.

Baca Juga: Jelang 1 Muharram, Ini Doa Awal dan Akhir Tahun yang Perlu Diketahui umat Muslim

6. Waktu Terbaik Untuk Berdoa

Waktu yang dihabiskan di Tahajud sangat ideal untuk berdoa secara pribadi kepada Allah. Diyakini bahwa doa yang dilakukan selama ini memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk diterima oleh Allah. Individu dapat mencurahkan keinginan, perhatian, dan kebutuhannya yang tulus kepada Allah, mencari bimbingan, berkah, dan bantuan-Nya.

7. Meningkatkan Berkah

Terlibat dalam sholat Tahajud membawa berkah ke dalam hidup seseorang. Barakah mengacu pada peningkatan berkah, produktivitas, dan kebaikan. Keberkahan Tahajud dapat terwujud dalam berbagai aspek, antara lain kesejahteraan jasmani, rohani, dan materi. Ini membawa bantuan ilahi dan bantuan dari Allah dalam semua aspek kehidupan.

Terlibat dalam sholat Tahajud secara teratur dapat memiliki dampak transformatif pada kehidupan individu, meningkatkan spiritualitas dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat21 Juni 2024, 09:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Asam Lambung, Dijamin Efektif Cegah Perut Sakit

Pengobatan rumahan ini dapat membantu mengatasi asam lambung.
Ilustrasi. Pengobatan rumahan ini dapat membantu mengatasi asam lambung. Sumber foto : Freepik/@jcomp
Life21 Juni 2024, 08:30 WIB

15 Cara Mengetahui Apakah Anda Korban Gaslighting, Renungi Pernyataan Psikologis Ini!

Saat Anda berhadapan dengan seseorang yang menggunakan gaslighting sebagai alat manipulasi, perhatikan baik-baik apa yang dilakukannya, bukan kata-kata yang dipilihnya.
Ilustrasi. Cara Mengetahui Apakah Anda Korban Gaslighting, Renungi Pernyataan Psikologis Ini! (Sumber : Pexels/ChristinaMorillo)
Food & Travel21 Juni 2024, 08:00 WIB

9 Makanan Manis Ini Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

Meskipun tidak mengandung kalori, beberapa pemanis buatan dapat mempengaruhi kadar gula darah dan insulin. Penggunaan berlebihan harus dihindari oleh penderita gula darah tinggi.
Ilustrasi. Makanan Manis yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi (Sumber : Freepik/@timolina)
Food & Travel21 Juni 2024, 06:04 WIB

Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat!

Yuk Intip Membuat Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Bisa Jadi Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat di Rumah!
Ilustrasi. Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science21 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juni 2024, Semua Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.  (Sumber : Pixabay.com/@Franz26)
DPRD Kab. Sukabumi21 Juni 2024, 00:12 WIB

Mengenal Kang Yudi Suryadikrama, Wakil Rakyat Sukabumi yang Lekat dengan Thoriqoh

Yudi Suryadikrama, politisi PDI Perjuangan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, dikenal oleh banyak orang. Namun, hanya sedikit yang mengetahui aktivitas sehari-harinya.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi / Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sukabumi20 Juni 2024, 22:28 WIB

5 Nama Digodok Tertutup, Gerindra Akan Segera Umumkan Dukungan di Pilkada Sukabumi

Proses penjaringan kandidat untuk Pilkada Sukabumi tengah dilakukan secara tertutup dengan beberapa nama yang telah mendaftar, yaitu Asep Japar, Iyos Somantri, Yudha Sukmagara, Deden Deden Deni Wahyudin, dan Rastya.
Yudha Sukmagara, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi20 Juni 2024, 21:29 WIB

Pemkab Sukabumi Tawarkan Investasi Pengolahan Padi di Investment Challenge 2024

emerintah Kabupaten Sukabumi berpartisipasi aktif dalam kegiatan Investment Challenge 2024, yang merupakan bagian dari West Java Investment Roadshow 2024. Acara ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat presentasi di Investment Challenge 2024 di Jakarta | Foto : Dokpim
Life20 Juni 2024, 21:15 WIB

7 Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok, Ternyata Ini yang Paling Ampuh

Ngorok bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan lebih serius, terutama jika terjadi secara teratur dan mempengaruhi kualitas tidur serta kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok (Sumber : pixabay.com/@another90)
Sehat20 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.
Ilustrasi Kurang Tidur - Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)