Apakah Wanita Boleh Shalat Dzuhur Sebelum Jumatan Selesai? Simak Penjelasannya

Jumat 16 Juni 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi. Jamaah | Penjelasan Apakah Wanita Boleh Shalat Dzuhur Sebelum Jumatan Selesai (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

Ilustrasi. Jamaah | Penjelasan Apakah Wanita Boleh Shalat Dzuhur Sebelum Jumatan Selesai (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Jumat termasuk salah satu hari istimewa dalam Islam. Kaum adam (baca: laki-laki) diwajibkan menunaikan Shalat Jumat pada hari ini yang kerap disebut Jumatan.

Namun, demikian banyak masyarakat yag masih mempertanyakan kapan waktu shalat dzuhur wanita di hari Jumat. Pertanyaan ini muncul karena wanita tidak wajib Shalat Jumat seperti laki-laki.

Selain itu, kebiasaan masyarakat juga menganjurkan wanita untuk shalat dzuhur setelah laki-laki pulang Jumatan. Lantas, bagaimana hukum shalat Jumat bagi wanita? Simak penjelasannya seperti dilansir via Suara.com:

Hukum Shalat Jumat Bagi Perempuan

Pelaksanaan shalat Jumat di masjid tidak diwajibkan bagi kaum wanita dan telah disepakati oleh para ulama. Untuk itu, para Muslimah bisa mengerjakan ibadah sholat dzuhur di rumah, hal ini berdasarkan sebuah hadits:

“Shalat Jum’at itu wajib bagi setiap muslim secara berjama’ah selain empat orang: budak, wanita, anak kecil, dan orang sakit.” (HR. Abu Daud)

Namun, muslimah tetap wajib mengerjakan shalat dzuhur. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran surat An Nissa ayat 103 yang artinya:

“Sesungguhnya shalat adalah kewajiban bagi kaum mukminin yang telah ditetapkan waktunya.” (QS. An-Nisa: 103).

Baca Juga: 4 Fakta Kasus Pencabulan di Al Zaytun, Ponpes Viral Karena Kontroversi Shalat Ied

Atas kesepakatan ini, sebagian orang beranggapan bahwa pelaksanaan shalat dzuhur pada hari Jumat untuk wanita, dilakukan setelah selesainya ibadah shalat Jumat.

Namun, benarkah demikian? Kapan waktu yang tepat bagi wanita untuk melaksanakan shalat dzuhur di hari Jumat? Berikut informasinya:

Waktu Shalat Dzuhur Wanita di Hari Jumat

Untuk waktu pelaksanaan shalat dzuhur bagi wanita ditetapkan dalam sebuah hadits, yang artinya:

"Waktu Dzuhur dimulai saat matahari tergelincir ke barat (waktu zawal) hingga bayangan seseorang sama dengan tingginya dan selama belum masuk waktu ‘Ashar.” (HR. Muslim)

Hadits ini berlaku secara umum, kaum muslimah yang berada di rumahnya tidak harus menunggu hingga Jumatan selesai. Lantaran memang tidak ada perbedaan waktu pelaksanaan shalat dzuhur di hari Jum’at dengan hari-hari selainnya.

Jika wanita shalat di rumahnya, maka ia kerjakan shalat Zhuhur empat rakaat. Adapun wanita yang turut melaksanakan shalat Jumat di masjid bersama imam, maka shalatnya tetap dinilai sah. Namun mereka tidak boleh mengerjakan shalat jumat di rumah.

Baca Juga: Lowongan Kerja Sukabumi untuk Lulusan D3 Semua Jurusan, Cek Infonya!

Berdasarkan penjelasan diatas, kesimpulannya yaitu seorang wanita dapat melaksanakan shalat dzuhur di hari Jumat seperti waktu shalat dzuhur sehari-hari di daerahnya.

Kemudian, meskipun tidak diwajibkan mengerjakan shalat Jumat, namun jika ada wanita yang ikut shalat Jumat di masjid maka tetap dinilai sah.

Seperti diketahui, shalat Jumat adalah shalat sebanyak dua rakaat yang dikerjakan sesudah dua khutbah pada hari Jumat dalam waktu dzuhur. Hukum shalat Jumat sendiri adalah fardhu 'ain bagi setiap muslim, mukallaf, laki-laki, sehat, dan yang bermukim.

Itulah informasi seputar waktu sholat dzuhur wanita di hari Jumat. Semoga bermanfaat!

Sumber: Suara.com/Putri Ayu Nanda Sari

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin