10 Ciri-ciri Orang Introvert, Menyukai Kesendirian dan Lelah Berada di Keramaian

Jumat 19 Mei 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi - 10 Ciri-ciri Orang Introvert, Menyukai Kesendirian dan Lelah Berada di Keramaian (Sumber : Freepik/pressfoto)

Ilustrasi - 10 Ciri-ciri Orang Introvert, Menyukai Kesendirian dan Lelah Berada di Keramaian (Sumber : Freepik/pressfoto)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang Introvert merupakan orang yang memiliki sebuah kepribadian dengan fokus hanya pada perasaannya sendiri.

Selain itu orang Introvert juga lebih suka menghabiskan waktu dengan diri sendiri atau orang-orang terdekat saja daripada berkelompok.

Diketahui juga, kebanyakan orang introvert memilih untuk menyimpan pikiran dan perasaan sendiri dari pada harus menceritakannya kepada orang lain.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Makan Soto Mie di Sukabumi, Terenak dan Murah!

Menghimpun dari laman Verywellmind, dari teori Eysenck menjelaskan jika orang introvert cenderung akan mencari kegiatan dan lingkungan yang dapat memberi kesempatan untuk memproses dan merenungkan apa yang telah mereka pelajari. 

Karena itulah, kebanyakan orang introvert lebih nyaman untuk menyendiri dari pada berbaur bersama orang lain.

Meskipun begitu, biasanya tidak semua orang introvert menyadari jika mereka memiliki kepribadian tersebut. Oleh karenanya, disini kami akan membagikan ciri-ciri orang introvert seperti menghimpun dari Suara.com.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Mie Kocok Terbaik di Sukabumi, Cocok untuk Makan Siang

1. Merasa Lelah Berada di Tempat Ramai

Ilustrasi - Kenali 4 Tipe Kepribadian Introvert, Kamu Mirip yang Mana?. |

Ciri-ciri seorang introvert yang sangat sering dirasakan yaitu, mereka akan merasa lelah ketika berada di keramaian. 

Biasanya, meski di keramaian ia akan mencari tempat untuk menyendiri. Walaupun suka menyendiri, introvert juga tetap hadir pada sebuah acara dan melakukan interaksi sosial. Hanya saja, interaksi yang dilakukannya lebih kepada teman-teman terdekatnya.

2. Sangat Menyukai Kesendirian

Ciri-ciri introvert lainnya yaitu dengan kegemarannya menyendiri. Mereka dengan kepribadian introvert lebih memilih untuk melakukan berbagai kegiatan maupun hobi sendirian.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Seafood di Sukabumi, Enak dan Populer!

 Meski demikian, bukan berarti mereka akan sendirian sepanjang hari. Namun, akan ada satu waktu di mana ia memilih untuk menyendiri.

3. Hanya Memiliki Sedikit Teman Dekat

Ilustrasi. 7 Link Tes Online Kepribadian Introvert dan Extrovert, Ketahui Karakter Kamu Yuk!

Menjadi introvert bukan berarti tidak bersosialisasi. Nyatanya, seorang introvert juga memiliki kelompok pertemanan. 

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Orang Introvert, Diantaranya Lelah Berada di Tempat Ramai

Biasanya, mereka yang introvert akan memiliki kelompok kecil pertemanan yang sangat dekat dan terbuka. Bahkan, hubungannya dengan kelompok tersebut sangat dekat.

4. Sulit Berkenalan dengan Orang Lain

Seorang introvert akan sulit untuk berkenalan dengan orang baru. Ketika menemukan lingkungan baru, introvert akan sangat pendiam, lembut, bahkan sering disalahartikan sebagai pemalu. 

Karena sifatnya tersebut, hal ini membuat orang lain sulit untuk bergaul dengan seorang introvert. Biasanya, orang tersebut hanya akan berbicara dengan introvert saat ada kepentingan saja.

5. Sulit Fokus Saat Berada di Keramaian

Bagi ekstrovert, melakukan situasi di situasi yang ramai adalah hal biasa. Namun, bagi introvert hal ini adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Seorang introvert akan sulit fokus dan kewalahan mengerjakan kepentingannya.

Para peneliti menemukan, introvert cenderung lebih mudah terganggu daripada ekstrovert. Oleh sebab itu, mereka yang introvert sangat sulit untuk melakukan sesuatu di tengah keramaian.

6. Lebih Memperhatikan Diri Sendiri

Orang yang introvert akan sangat memperhatikan dirinya sendiri. Mereka akan berusaha memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Selain itu, mereka juga akan memahami lebih dalam mengenai motivasi dan perasaannya.

Tidak hanya itu, mereka yang introvert juga lebih memiliki waktu untuk mempelajari segala kekurangan dirinya sendiri. Mereka akan sadar jika masih ada hal-hal yang kurang.

7. Tertarik dengan Pekerjaan yang Dilakukan Sendirian

Ciri-ciri seorang introvert lainnya yaitu mereka akan sangat menyukai pekerjaan yang dilakukan sendiri. Hal ini karena akan membuatnya lebih sedikit melakukan interaksi sosial dengan orang lain. 

8. Berbicara dengan Hati-hati

Mengutip dari Orami, seorang Introvert sering digambarkan sebagai sosok yang pendiam dan pemalu, namun pada kenyataannya ciri-ciri tersebut tidak sepenuhnya benar.

Introvert bisa menjadi seorang yang banyak berbicara di dalam situasi yang menurut mereka nyaman. Tapi, introvert memang selalu memilih ucapan dengan hati-hati.

Mereka juga tidak ingin membuang-buang waktu atau energi pada obrolan-obrolan yang tidak perlu. Orang dengan karakter ini paling tidak tahan dengan basa-basi.

9. Senang Belajar Hal Baru

Dibalik sikapnya yang dingin, seorang Introvert ternyata senang mempelajari hal baru. Rasa penasaran yang ada di diri seorang Introvert akan mendorongnya melakukan hal baru yang menarik perhatiannya.

10. Lebih Suka Menulis Dibandingkan Berbicara

Seorang Introvert lebih nyaman menuangkan pikirannya dengan menulis daripada berbicara, terutama saat dirinya tidak siap.

Bahkan tidak sedikit orang dengan kepribadian Introvert lebih menyukai pekerjaan yang berkaitan dengan menulis.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 13:36 WIB

Pelaku Alami Gangguan Jiwa Sejak Kecil? Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Satu per satu informasi tentang tragedi ibu bunuh anak di Kampung Cilandak Desa Sekarsari Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi mulai terungkap
Rahmat alias R alias Herang (26 tahun) terduga pelaku bunuh ibu kandung di Kalibunder Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa/warganet)
Life14 Mei 2024, 13:30 WIB

Sering Makan Tinggi Purin, 7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Asam Urat Kambuh

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi - Sering Makan Tinggi Purin Termasuk Salah Satu Kebiasaan Sepele yang Membuat Asam Urat Kambuh. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi14 Mei 2024, 13:18 WIB

Tusuk Wajah dan Dada Pakai Garpu, Sadisnya Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Terduga pelaku dan korban tinggal berdua di rumah panggung.
Jenazah Inas (43 tahun) setelah diduga dibunuh anak kandungnya, Rahmat alias Herang (25 tahun), di dalam kamar rumah mereka di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 13:15 WIB

6 Golongan Orang yang Gampang Dipercaya di Masyarakat, Anda Termasuk?

Diantara banyaknya tipe orang, terdapat beberapa golongan yang karakternya sangat mudah dipercaya oleh masyarakat dan lingkungan sekitar
Golongan orang yang mudah dipercaya di masyarakat dan lingkungan sekitar (Sumber : Pexels.com /@AlicanHelik)
Sehat14 Mei 2024, 13:00 WIB

Mengenal Kristal Asam Urat: Jenis, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Kristal asam urat terbentuk disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah.
Ilustrasi - Kristal asam urat terbentuk disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi Memilih14 Mei 2024, 12:59 WIB

NasDem Jabar Siapkan Satu Nama untuk Pilkada Kota Sukabumi, Ini Sosoknya

Partai NasDem mengumumkan sejumlah nama calon kepala daerah di 21 kota dan kabupaten se-Jawa Barat untuk Pilkada 2024. Daftar nama tersebut terdapat nama tokoh daerah hingga selebriti.
Nasdem Jabar umumkan 21 nama bakal calon untuk Pilkada kota/kab se Jabar | Foto : Capture youtube metrotv
Sukabumi14 Mei 2024, 12:48 WIB

Beredar Video Korban dan Pelaku Pasca-Kejadian, Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Terduga pelaku yang masih berusia muda sudah berada di sel tahanan.
Tangkapan layar video korban (kiri) dan terduga pelaku (kanan), kasus pembunuhan ibu oleh anak kandung di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 12:45 WIB

Jangan Dianggap Sepele, Berikut 7 Kebiasaan Buruk Remaja yang Harus Dihentikan

terkadang kebiasaan sehari-hari yang dilakukan anak remaja, sering dianggap sepele oleh orang tua. Padahal, itu bisa berdampak buruk dikemudian hari
Ilustrasi kebiasaan remaja yang sering dianggap sepele (Sumber : pexels.com/@LizaSummer)
Internasional14 Mei 2024, 12:39 WIB

Helm, Tatap Mata dan Batagor : Kisah 3 Pemuda Thailand Kuliah di Sukabumi

Ketiganya adalah mahasiswa asing yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, untuk tahun ajaran 2023/2024.
Eldie dan Mae, pemuda Yala, Thailand yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Sumber: tim peliput UMMI)
Life14 Mei 2024, 12:30 WIB

8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hati Bahagia, Jangan Ragu Lakukan!

Kebiasaan sederhana yang bisa membuat hati bahagia ini dapat membantu Anda mengalami lebih banyak kedamaian dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi. Sisihkan waktu untuk melakukan hal-hal yang dinikmati dan memberi diri sendiri kesenangan termasuk salah satu kebiasaan sederhana yang bisa membuat hati bahagia. (Sumber : Freepik/@freepik)