Contoh Khutbah Idul Fitri Singkat, Teks Ceramah Sebelum Shalat Ied

Rabu 19 April 2023, 03:30 WIB
Ilustrasi. Mimbar | Teks Khutbah Idul Fitri Singkat, Contoh Ceramah Sebelum Shalat Ied (Sumber : Freepik/@wirestock)

Ilustrasi. Mimbar | Teks Khutbah Idul Fitri Singkat, Contoh Ceramah Sebelum Shalat Ied (Sumber : Freepik/@wirestock)

SUKABUMIUPDATE.com - Khutbah Idul Fitri adalah salah satu bentuk kegiatan ibadah yang dilaksanakan umat Muslim di Hari Raya Idul Fitri. Isi dari Khutbah yaitu khatib menyampaikan sepatah nasihat, ajakan, informasi hingga peringatan kepada jamaah sebelum Shalat Ied dilaksanakan.

Untuk Updaters yang sedang mencari Contoh Khutbah Idul Fitri Singkat, berikut naskah yang diadaptasi dari laman nu.or.id via suara.com. Yuk, simak!

Teks Khutbah Idul Fitri Singkat, Contoh Ceramah Sebelum Shalat Ied

"Bissmillahirohmanirrahim, Assaalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Hadirin Hadirot, Kaum mulsimin muslimat jamaah Shalat Idul Fitri yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Baca Juga: Tol Bocimi Seksi 2 Fungsional Mulai 15 April, Lebaran Bisa Mudik via Jalur Pansela

Alhamdulillah, pada hari ini, kita bisa sama-sama merasakan nikmat dan rahmat dari Allah SWT sehingga kita bisa bersama-sama melaksanakan Shalat Idul Fitri. Oleh karenanya, mari kita sama-sama mengucapakan,

'Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Alhamdulillahirabbil ‘alamin.'

Di hari raya nan fitri ini, mari kita sama-sama mengukuhkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT dari lahir hingga batin, sehingga kita semua mendapatkan ridho Allah selama hidup di dunia hingga saat kita dipanggil kelak. Amin amin amin ya Rabbal ‘alamin.

Hadirin hadirot, kaum muslimin muslimat jamaah Shalat Idul Fitri ingkang minulyo …

Kurang lebih dalam waktu dua tahun lalu kita merayakan Hari Raya Idul Fitri dalam suasana Pandemi. Alhamdulillah, pada Hari Raya Idul Fitri ini, kita sudah kembali ke suasana normal. Meskipun demikian, kita tetap harus berhati-hati dan menjaga kesehatan, sesuai dengan sunnah Rasul.

Baca Juga: Link Live Streaming CCTV Jalan Tol, Pantauan Realtime Arus Mudik Lebaran 2023

Ya Ayyuhallana man a'ullha wa a'ur-rasla wa ulil-amri mingkum, fa in tanza'tum f syai`in fa ruddhu ilallhi war-rasli ing kuntum tu`minna billhi wal-yaumil-khir, lika khairuw wa asanu ta`wl

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Alquran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Oleh karenanya, agar kehidupan kita lebih aman, sehat, dan tentram, mari senantiasa menjaga kesehatan dan mengikuti perintah-perintah Allah SWT serta mengikuti sunnah Rasul.

Jika berbuat kesalahan kepada Allah SWT, segera bertaubat. Kita harus beristighfar sepenuh hati dan tidak mengulangi kesalahan. Kita jadikan Hari Raya Idul Fitri ini momentum untuk meminta maaf kepada Allah SWT setulus-tulusnya dan meminta maaf kepada sesama, kepada bapak dan ibu, kepada teman, saudara, rekan kerja, dan lain-lain kemudian memulai lembaran baru.

Ma’asyiral muslimin wal muslimat jamaah Shalat Idul Fitri rahimakumullah, saling memaafkan akan membawa kita kepada kedamaian. Bagi Anda yang orang tuanya sudah meninggal, ziarahilah makamnya, kirimkan doa.

Keridhaan Allah SWT kepada kita tergantung kepada keridhaan orang tua dan kemarahan Allah SWT tergantung kepada kemarahan orang tua.

Baca Juga: Film Buya Hamka Tayang 19 April, Najwa Shihab Sorot Adegan Tolak Poligami

Oleh karenanya, di hari yang berbahagia ini, mari kita berdoa bersama-sama untuk orang tua agar senantiasa selalu diberi keberkahan. Semoga mereka selalu mendapatkan perlindungan dan kesehatan serta kemudahan-kemudahan. Selain itu, di hari nan Fitri ini, mari kita sama-sama saling memaafkan dan meraih keberkahan.

Allahumma’thini khaira hadzal yaum wa khaira ma fihi. Washrif anni syarra ma fihi. Allahummaktubli fihi kulla khairin waj’alni barran fihi bi walidayya, waj’alni ya Allah min ibadikal maghfur lahum fi hadzal yaum al-mubarak. Allahumarham mautana wa mautal muslimin. Allahumma taqabbal minna tha’ati waghfir lanal khathaya was sayyi’at.

Artinya: Ya Allah berikanlah aku kebaikan dari hari ini, dan kebaikan dari setiap hal yang ada pada hari ini. Dan jauhkanlah aku dari kejelekan di hari ini dan kejelekan setiap sesuatu yang ada pada hari ini.

Ya Allah catatlah pada hari ini setiap kebaikan dan jadikanlah kebaikan bagi kedua orang tuaku dan jadikanlah aku sebagai hamba-Mu yang Engkau ampuni pada hari yang berkah ini. Ya Allah ampunilah dosa para keluarga kami yang sudah meninggal dan seluruh kaum muslimin yang sudah meninggal. Ya Allah terimalah ketaatan kami dan ampunilah segala kesahalan dan keburukan yang telah kami perbuat.

Wallahu a’lam.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh"

Baca Juga: Tol Bocimi Seksi 2 Gratis, Cek Titik Macet Mudik Lebaran 2023 di Sukabumi

Demikian Contoh Khutbah Idul Fitri Singkat yang bisa dihapal untuk Hari Raya Idul Fitri 2023 nanti. Semoga bermanfaat!

Sumber: Suara.com/Mutaya Saroh

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi13 April 2024, 11:11 WIB

Respons DPRD soal Keluhan Tarif Baru Retribusi Objek Wisata Pantai Minajaya Sukabumi

Berikut respons Anggota DPRD terkait adanya keluhan tarif baru retribusi objek wisata Pantai Minajaya Sukabumi.
Suasana di objek wisata Pantai Minajaya Sukabumi pada Jumat (12/4/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Inspirasi13 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Lulusan S1 Teknik di Perusahaan Makanan, Penempatan Jakarta Utara

Berikut Informasi Lowongan Lulusan S1 Teknik di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Jakarta Utara.
Lowongan Lulusan S1 Teknik di Perusahaan Makanan, Penempatan Jakarta Utara (Sumber : Istimewa)
Life13 April 2024, 10:00 WIB

Sering Bertengkar, 10 Ciri Kamu dan Pasangan Tidak Berjodoh Meski Saling Mencintai

Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi.
Ilustrasi - Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Science13 April 2024, 09:39 WIB

Potensi Ombak Capai 2,5 Meter di Pantai Selatan Jabar-DIY, Wisatawan Diimbau Waspada

BMKG peringatkan potensi ombak capai 2,5 meter di Pantai Selatan Jabar hingga DIY pada hari ketiga libur Lebaran, Sabtu 13 April 2024.
Ilustrasi. Ombak laut yang menghempas pantai. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Sehat13 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Atasi Depresi, 8 Manfaat Asam Lemak Omega-3 untuk Kesehatan

Potensi manfaat kesehatan dari omega-3 termasuk melindungi kesehatan jantung, fungsi otak, kesehatan mata, dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis.
Ilustrasi - Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting yang dikonsumsi melalui makanan atau suplemen. (Sumber : Freepik.com).
Motor13 April 2024, 08:00 WIB

10 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru

Dengan mempersiapkan hal-hal berikut, Updaters dapat memastikan bahwa Anda siap untuk membeli motor baru dan mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Ini Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Life13 April 2024, 07:00 WIB

Jangan Diremehkan! Ini 10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres

Menghindari kebiasaan-kebiasaan sepele penyebab anak stres dan menciptakan lingkungan yang positif, penuh kasih serta mendukungnya merupakan kunci untuk membantu anak mengatasi stres dan berkembang dengan baik secara emosional.
Ilustrasi. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres Ini Jangan Pernah Diremehkan! (Sumber : pixabay.com/@ DigitalPhotoandDesignDigiPD.com)
Food & Travel13 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional

Daun jambu biji memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diare, gangguan pencernaan, dan infeksi saluran kemih.
Ilustrasi. Daun Jambu Biji. Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional. (Sumber : pexels.com/RanjeerChauhan)
Science13 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 April 2024, Berpotensi Diguyur Hujan Sejak Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi12 April 2024, 22:59 WIB

Retribusi Pantai Minajaya Dikomplain Tak Sesuai Fasilitas, Ini Kata Dispar Sukabumi

Retribusi ke kawasan Pantai Minajaya Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi menjadi sorotan warga. Pasalnya tarif yang dikenakan mengalami kenaikan, bahkan dianggap terlalu mahal dan tidak wajar.
Pos Retribusi Pantai Minajaya Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang