7 Tips Percantik Rumah untuk Menyambut Lebaran, Bikin Suasana Nyaman

Senin 17 April 2023, 06:45 WIB
7 Tips Percantik Rumah untuk Menyambut Lebaran, Bikin Suasana Nyaman. | (Sumber : Freepik.com/@ dit26978.)

7 Tips Percantik Rumah untuk Menyambut Lebaran, Bikin Suasana Nyaman. | (Sumber : Freepik.com/@ dit26978.)

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, selain membeli baju lebaran, mempercantik rumah agar terlihat rapi dan nyaman adalah suatu keharusan. Sebab, saat lebaran tiba, banyak keluarga besar berkunjung untuk bersilaturahmi.
 
Tentunya, kamu tidak mau kan, ketika keluarga besar berkunjung ke rumah keadaanya tidak nyaman dan berantakan. Nah, oleh karenanya penting sekali percantik rumah supaya terlihat nyaman dan bikin keluarga besar betah.
 
Berikut ini ada beberapa tips percantik rumah untuk menyambut lebaran yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak ulasannya yang dihimpun via Akurat.co.
 
Tips percantik rumah untuk menyambut Lebaran
 
1. Perlihatkan Kenyamanan Melalui Furniture
 
Buat kamu yang akan menerima tamu ataupun di rumah saja saat Lebaran, kurang lengkap rasanya kalau ruangan belum ditata dengan furnitur yang mendukung. 
 
Ada tips sederhana untuk percantik rumah, yaitu pilihlah furniture multifungsi yang dapat memberikan kenyamanan maksimal saat berkumpul bersama keluarga, seperti menggunakan sofa yang empuk dan meja space-saving yang tidak memakan banyak tempat.
 
 
Pastikan juga bahwa jumlah tempat duduk sudah memadai. Tak lupa, tambahan aneka dekorasi, seperti karpet bulu, bantal sofa dengan sarung bermotif, plus perabot yang minimalis bisa jadi cara paling efektif untuk mengubah tampilan ruangan jadi lebih menawan untuk Lebaran.
 
2. Periksa Ruangan Satu Per Satu
 
Percantik rumah bisa menjadi aktivitas yang bisa membuat stres untuk sebagian orang. Jika kamu juga termasuk, kamu bisa nih memulainya dengan memeriksa ruangan satu per satu di dalam rumah. Kemudian, tata ruangan yang menurutmu paling berantakan.
 
 
Kamu juga bisa memilih ruangan terpenting terlebih dahulu untuk ditata, seperti misalnya ruang tamu, ruang keluarga atau ruang makan, di mana biasanya menjadi tempat berkumpul kerabat dan keluarga saat hari lebaran.
 
3. Menata  Ulang Ruang Makan
 
Selain ruangan tamu, dapur dan ruang makan juga bakal jadi spot favorit saat Lebaran. Oleh karena itu, pastikanlah ruangan tersebut, terutama ruang makan sudah ditata rapi sedemikian rupa. Di samping untuk kebutuhan pribadi, ruang makan yang apik juga bisa jadi cara menyambut tamu dengan hangat.
 
 
Untuk mengubah tampilan ruangan tersebut, kamu hanya perlu menata meja makan secantik dan senyaman mungkin. Tambahkan juga aneka dekorasi pendukung, seperti taplak meja, lilin, atau tanaman hias mungil. 
 
4. Mempercantik Pencahayaan 
 
Hari Raya Lebaran kurang terasa lengkap tanpa dekorasi Idul Fitri dengan cahaya cerah dan penuh gaya. Maka itu, tambahkan elemen pencahayaan yang luar biasa ke rumah saat Idul Fitri. 
 
Lentera adalah bagian pencahayaan tradisional dan memperkenalkan keindahan luar biasa ke ruangan. Jika tidak punya waktu untuk berbelanja, kamu bisa membuat lentera kertas sendiri di rumah. 
 

Baca Juga: SMAN 1 Cibadak Gelar Aksi Smandak Peduli dengan Tema “Ramadhan Berbagi”

 
Tidak ada yang lebih baik dari sesuatu yang kamu buat sendiri. Selain itu, bisa pula memanfaatkan untaian bola lampu.
 
5. Cat Kembali Rumah
 
Mengecat warna rumah dengan yang baru adalah salah satu cara percantik rumah dalam menyambut lebaran. Warna putih bisa jadi rekomendasi untuk mengecat kembali rumah, sebab, warna tersebut melambangkan kesucian.
 
6. Memakai Hiasan Idul Fitri
 
Buat kamu yang tidak sempat menata ulang ruangan rumah secara keseluruhan, tidak usah khawatir. Tetap ada cara untuk menampilkan ruangan bernuansa Idul Fitri dengan dekorasi yang tepat, seperti lentera, hiasan kaligrafi, atau hiasan bentuk ketupat. 
 
Pilih saja sesuai seleramu, mulai dari yang warna-warni atau yang bergaya modern supaya makin klop dengan tema ruangan di hunian. Namun, jangan lupa pilih yang modelnya efisien dan space-saving, ya supaya ruangan tidak terkesan berantakan.
 
7. Percantik Kamar Mandi 
 
Kamar mandi meskipun terlihat sepele, namun memiliki peran vital dalam sebuah rumah. Kamu bisa membersihkan dan memberi wewangian di kamar mandi.
 
 
Hal itu nantinya bisa membuat tamu atau keluarga besar saat berkunjung kerumah mu menjadi nyaman. 
 
Nah, itulah tips percantik rumah untuk menyambut lebaran. 
 
Sumber: Akurat.co
 
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)