Sabar Jangan Dulu Emosi, Ini 7 Tips Hadapi Pertanyaan Menyebalkan Saat Lebaran

Sabtu 15 April 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi - Sabar Jangan Dulu Emosi, Ini 7 Tips Hadapi Pertanyaan Menyebalkan Saat Lebaran. | (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com.)

Ilustrasi - Sabar Jangan Dulu Emosi, Ini 7 Tips Hadapi Pertanyaan Menyebalkan Saat Lebaran. | (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Saat perayaan lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah momen dimana keluarga besar akan saling berkumpul untuk saling silaturahmi dan maaf-maafan.
 
Pada kesempatan tersebut biasanya dimanfaatkan untuk bertegur sapa dengan sanak saudara yang sudah lama tidak bertemu. Namun, pada momen kumpul lebaran bersama keluarga besar, ada salah satu hal yang paling menyebalkan.
 
Momen lebaran itu adalah pertanyaan-pertanyaan menyebalkan yang selalu mengarah ke diri pribadi. Meskipun sebenarnya kamu merasa risih dan marah, tapi ada beberapa tips untuk mengatasi hal itu.
 
Kamu hanya perlu tenang dan jangan emosi lalu pelajarilah tips-tips dibawah ini agar pertanyaan dari keluarga besar di dijawab dengan lancar.
 
Berikut ini 7 tips menghadapi pertanyaan menyebalkan saat lebaran yang dikutip via Akurat.co.
 
1. Dengarkan pertanyaan dengan seksama
 
Penting untuk mendengarkan pertanyaan dengan seksama dan benar agar bisa memberikan jawaban yang sesuai. Hindari menginterupsi atau memotong pembicaraan saat orang lain masih berbicara karena bisa mengganggu proses komunikasi.
 
 
 
Dengarkanlah dengan seksama agar bisa memahami maksud dari pertanyaan tersebut. Hal ini juga penting, agar terhindar dari adanya kesalahpahaman. Dengan demikian pula kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut lebih hati-hati dan jangan terpancing emosi.
 
2. Tetap tenang dan santai
 
Menerima pertanyaan yang kurang mengenakkan bisa membuat emosi kita cepat memuncak, namun cobalah untuk tetap tenang dan santai.
 
Pastikan kamu tidak terbawa emosi. Sebab, menjawab dengan emosi yang sama atau kasar hanya akan memperburuk situasi dan memicu perdebatan yang tidak perlu.
 
 
Cobalah untuk bernapas dalam-dalam dan tetap tenang sebelum memberikan jawaban yang tepat.
 
3. Jangan merasa terancam
 
Jangan merasa terancam atau merasa perlu membela diri saat mendapatkan pertanyaan menyebalkan yang kurang menyenangkan. Cobalah untuk menjawab dengan tenang dan bijak tanpa merasa tersinggung atau terserang.
 
Jika merasa pertanyaan tersebut tidak pantas atau mengandung provokasi, maka bisa dijawab dengan sopan dan elegan. Jika perlu, kamu bisa menghindari orang yang memberikan pertanyaan tersebut.
 
4. Jangan terlalu personal
 
Pada saat lebaran, kamu biasanya bertemu dengan banyak orang, termasuk orang-orang yang tidak terlalu akrab denganmu.
 
Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari membahas masalah-masalah pribadi atau hal-hal yang terlalu personal. Sebab terkadang membahas masalah pribadi bisa membuat orang merasa tidak nyaman.
 
 
Fokuslah pada hal-hal yang positif dan menyenangkan untuk menghindari situasi yang tidak menyenangkan.
 
5. Beri jawaban bijak dengan senyuman
 
Momen silaturahmi lebaran seharusnya menjadi momen untuk saling memaafkan kesalahan satu sama lain. Tapi, jika kamu menemukan ada orang yang menimpali pertanyaan-pertanyaan menyebalkan, sebaiknya kamu menghindarinya.
 
Daripada menjawab dengan jawaban yang juga menyebalkan dan kurang sopan, lebih baik kamu menjawabnya singkat dengan tersenyum dan pergi meninggalkan orang tersebut.
 
Hal ini justru akan lebih baik untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa membuat momen saling bermaaf-maafan jadi tidak afdol. Ingatlah bahwa orang sabar jauh lebih baik daripada menunjukkan emosinya yang meluap.
 
6. Jujur dan minta dukungan keluarga
 
Jika kamu punya keberanian yang lebih, tak ada salahnya kalau kamu mau menjawab pertanyaan sensitif itu dengan jujur. Misalnya jika kamu ditanya "kapan lulus" tapi sebenarnya kamu sedang terkendala oleh skripsi, katakan saja dengan jujur.
 
Hal ini akan semakin baik jika kamu juga meminta dukungan keluarga. Karena kamu masih terkendala dengan skripsimu, mintalah doa dan dukungan dari mereka agar skripsimu bisa segera selesai.
 

Baca Juga: 5 Fakta Ratu Jelita, Pedangdut Asal Sukabumi yang Punya Suara Merdu

 
Jawaban semacam ini justru akan bernilai positif dan kamu juga mendapatkan tambahan doa dan dukungan dari si penanya. Jadi jangan sungkan untuk menjawab dengan jujur.
 
7. Alihkan pembicaraan
 
Kalau kamu sudah sangat jengkel dengan pertanyaan-pertanyaan yang sangat penasaran dengan kehidupan pribadimu, kamu bisa pakai jurus mengalihkan pembicaraan, lho. 
 
Yup, cara ini adalah cara yang cukup ampuh. Kamu bisa tetap melakukan pembicaraan tanpa harus membicarakan hal-hal yang menurutmu sensitif.
 
Tapi, cara ini tidak bisa sembarangan dilakukan. Pasalnya, jika kamu tidak melakukannya dengan hati-hati, bisa jadi pertanyaan sensitif itu terulang.
 
Nah, itulah beberapa tips untuk menghadapi pertanyaan menyebalkan yang hanya basa basi saat silaturahmi Lebaran. Kalau kamu pilih menjawab dengan cara yang mana?
 
Sumber: Akurat.co
 
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)