Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan: Berburu Malam Lailatul Qadar

Rabu 12 April 2023, 07:30 WIB
Ilustrasi - Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan: Berburu Malam Lailatul Qadar | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)

Ilustrasi - Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan: Berburu Malam Lailatul Qadar | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)

SUKABUMIUPDATE.com - Ramadan adalah bulan Suci umat Islam yang penuh dengan keistimewaan dan keutamaan. Keutamaan bulan Ramadan atau bulan Puasa ini salah satunya adalah ada segudang amalan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Di 10 Hari Terakhir Ramadan, biasanya umat muslim berburu pahala guna mendapatkan keberkahan Malam Lailatul Qadar. Malam istimewa itu dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, tepatnya dijelaskan dalam Surah Al-Qadr.

Pada Malam Lailatul Qadar, umat muslim meyakini bahwa ada banyak manfaat dan pahala yang bisa didapatkan. Malam Lailatul Qadar biasanya terjadi pada 10 Hari Terakhir Ramadan.

Saat waktunya tiba, banyak umat muslim bersungguh-sungguh untuk menggapai malam tersebut dengan berharap akan keberkahannya, sebagaimana tertulis dalam buku Fenomena Sosial Keagamaan Masyarakat Jawa dalam Kajian Sosiologi yang dikutip via Tempo.co.

Baca Juga: Anak Buah yang Dihajar Murad Taslim Muncul Lagi: Sinopsis Preman Pensiun 8 Eps 18

Berikut adalah usaha dan yang sebaiknya dilakukan umat muslim di Malam Lailatul Qadar atau Amalan 10 Hari Terakhir Ramadan:

1. Menghidupkan Malam

Menghidupkan malam terakhir puasa Ramadan dengan melakukan berbagai macam ibadah. Berdasarkan HR Bukhori, arti dari menghidupkan adalah apa yang dilakukan pada malam tersebut tidak terpaku pada satu jenis ibadah saja.

Setiap umat muslim menghidupkan malam ini dengan berbagai macam ibadah dari mulai shalat, membaca Alquran, dan sahur.

2. Memperbanyak DZikir dan Doa

Memperbanyak mengucapkan Dzikir adalah salah satu cara paling mulia untuk menghabiskan malam untuk mendapatkan kemuliaan Malam Lailatul Qadar.

Terdapat sebuah Dzikir yang benar-benar diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad, yaitu berbunyi “Laa Ilaaha Illallah”.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Studio Foto di Sukabumi Lengkap Alamat dan Harganya

Selain Dzikir, doa juga menjadi sebuah keharusan dan kebutuhan seorang umat muslim pada malam itu. Sebab, salah satu kemuliaan Ramadan, terutama pada 10 Hari Terakhir Ramadan adalah menjadi waktu yang memiliki kemungkinan besar doanya segera dikabulkan, sebagaimana dirangkum iainbatusangkar.ac.id.

3. Memperbanyak Membaca Alquran

Setiap umat muslim tidak harus mengkhatamkannya pada Malam Lailatul Qadar, hanya sekadar memperbanyak melantunkan ayat-ayat suci Alquran. Namun, jika memang mampu, maka coba untuk khatam Alquran.

Sebab, seseorang yang khatam Alquran pada malam tersebut sangat baik dan sudah bukan menjadi keraguan ia akan mendapatkan pahala sangat besar.

4. Melaksanakan Shalat Malam

Tidak ada ketentuan berapa rakaat seseorang harus menunaikan shalat Malam Lailatul Qadar yang jatuh pada 10 Hari Terakhir Ramadan.

Sebab, setiap muslim yang menunaikan salat malam pada malam paling mulia tersebut akan mendapatkan pahala berlimpah dan mendapatkan pengampunan dosa dari Allah.

Baca Juga: 4000 Kacamata Disiapkan, Pengamatan Gerhana Matahari Total 2023

Seperti diketahui, Malam Lailatul Qadar menjadi malam yang mendapat tempat paling istimewa di sisi Allah.

Maka dari itu, Allah menyiapkan ampunan yang sangat besar dan pahala berlipat ganda bagi setiap umat muslim. Sangat disayangkan, jika seorang muslim melewatkan malam yang datang satu tahun sekali ini.

Malam Lailatul Qadar juga bisa disebut dengan malam 1.000 bulan yang memiliki banyak kebaikan. Hal ini sebagaimana tertulis dalam surat Al-Qadr ayat 3, yang artinya, jika seorang muslim beribadah pada 10 Hari Terakhir Ramadan, maka akan mendapatkan fadilat ibadah selama 83 tahun lebih.

Meskipun umur seorang muslim belum tentu menyampai angka tersebut, tetapi Allah telah menyiapkan itu untuk umat-Nya. Namun, sebuah kemuliaan dan fadilat yang besar dari Allah SWT kepada umat-Nya tidak datang dengan sangat mudah.

Umat muslim yang ingin mendapatkan fadilat tersebut perlu usaha dan upaya semaksimal mungkin untuk mendapatkannya.

Prediksi Malam Lailatul Qadar 2023

Mengenai kapan tiba Malam Lailatul Qadar itu sebenarnya masih jadi rahasia Allah SWT. Meski demikian terdapat prediksi kapan Malam Lailatul Qadar oleh para ulama.

Adapun pendapat paling kuat yang menyatakan bahwa Malam Lailatul Qadar  tiba pada tanggal-tanggal ganjil bulan Ramadan.

Imam Syafi’i juga berpendapat bahwa Malam Lailatul Qadar lebih berpotensi terjadi pada tanggal-tanggal ganjil seperti tanggal 21 dan 23 bulan Ramadan. Sedangkan mayoritas ulama berpendapat bahwa Malam Lailatul Qadar terjadi pada tanggal 27 sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad SAW berikut ini:

"Barang siapa yang berusaha menggapainya (Malam Lailatul Qadar), hendaknya dia berusaha menggapainya pada malam kedua puluh tujuh." (HR Muslim, Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi).

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan04 Desember 2023, 20:13 WIB

Ingin Tubuh Ramping dan Perut Rata? Coba 3 Tips Diet Ala Jennie BLACKPINK Ini!

Jennie BLACKPINK mempunyai aturan makan tersendiri untuk dapat konsisten dalam menjalankan program dietnya, hal ini dilakukan agar dirinya dapat menjaga keindahan tubuhnya yang ramping.
Jennie BLACKPINK dengan penampilannya yang elegan. (Sumber : Instagram.com/jennierubyjane)
Sukabumi Memilih04 Desember 2023, 20:10 WIB

Rakor Panwaslu Cibitung Sukabumi Bahas Pengawasan Kampanye Pemilu 2024

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Cibitung Kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi (Rakor) untuk pengawasan kampanye Pemilu 2024, bertempat di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Cibitung
Rapat koordinasi Panwaslu Kecamatan Cibitung (Ketua Ridwan, anggota Latip, anggota Agung Ginanjar) | Foto : Ist
Game04 Desember 2023, 20:00 WIB

Bikin Lawan Nyerah, 5 Hero Mobile Legends Terbaik di Late Game

Hero terbaik di late game ini memiliki kemampuan ini dapat berupa damage yang besar, crowd control yang kuat, atau mobilitas yang tinggi.
Her0 Ceciliion - Hero terbaik di late game ini memiliki kemampuan ini dapat berupa damage yang besar, crowd control yang kuat, atau mobilitas yang tinggi. (Sumber : mobile-legends.fandom.com).
Food & Travel04 Desember 2023, 19:48 WIB

Raffi Ahmad Dihujat Netizen, Gegara Unggah Foto Makan Bareng Gibran

Selebriti terkenal, Raffi Ahmad baru-baru ini menghabiskan waktunya dengan putra Jokowi, Gibran Rakabuming. Tidak sendiri, ia juga berjumpa dengan istri dari Gibran, Selvi Ananda.
Unggahan foto Raffi Ahmad saat makan bareng Gibran dan Selvi Ananda | Foto : @raffinagita1717
Food & Travel04 Desember 2023, 19:30 WIB

Gak Nyangka! Curug Cantik Ini Tidak Jauh dari Pusat Kota Cianjur

Curug Siuh menjadi salah satu air terjun yang lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Cianjur Jawa Barat
Curug Siuh menjadi salah satu air terjun yang lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Cianjur Jawa Barat (Sumber : YouTube/Pratama_Vlog)
Jawa Barat04 Desember 2023, 19:28 WIB

27 Daerah di Jabar Siaga Darurat Bencana Hingga Mei 2024, Termasuk Sukabumi

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin tetapkan status siaga darurat bencana banjir dan tanah longsor untuk 27 daerah Jabar hingga Mei 2024.
Kondisi jembatan penghubung dua kecamatan di Parungkuda Sukabumi, Jawa Barat yang ditutup imbas terdampak bencana tanah longsor, Minggu (3/12/2023). (Sumber : P2BK Parungkuda)
Musik04 Desember 2023, 19:15 WIB

Chord Gitar Lagu All Too Well Taylor Swift, Lirik dan Terjemahannya

Berikut Chord Lagu All Too Well Taylor Swift lengkap lirik dan terjemahannya, cocok masuk playlist cover lagu galau kamu!
Ilustrasi. Chord Gitar Lagu All Too Well Taylor Swift, Lirik dan Terjemahannya (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life04 Desember 2023, 19:00 WIB

8 Ciri Kamu Tidak Disukai Orang Lain, Perhatikan Gestur Tubuhnya!

Tidak disukai orang lain adalah perasaan yang muncul ketika seseorang merasa tidak diterima, dihargai, atau disayangi oleh orang lain.
Tidak disukai orang lain adalah perasaan yang muncul ketika seseorang merasa tidak diterima, dihargai, atau disayangi oleh orang lain. | Sumber: Freepik.com (user15285612)
Sukabumi04 Desember 2023, 18:51 WIB

Belum Ada Tersangka di Kasus Ledakan Gas CNG Sukabumi, Polda Jabar Turun Tangan

Penyidik Polres Sukabumi masih menunggu hasil labfor dan hasil ekshumasi dalam insiden ledakan tabung gas CNG di Cibadak Sukabumi ini.
Dua kendaraan yang terlibat dalam insiden ledakan tabung gas CNG di Cibadak Sukabumi Senin 27 November 2023 lalu. (Sumber : SU/Ilyas)
Bola04 Desember 2023, 18:45 WIB

Link Live Streaming Persib vs PSM di Liga 1, Pangeran Biru Ingin Raih 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Link Live Streaming Persib vs PSM di Liga 1, Pangeran Biru Ingin Raih 3 Poin! (Sumber : bandung.go.id/istimewa).