Jangan Tinggalkan Makan Sahur! Ini 7 Dampak Buruk Puasa Tanpa Sahur bagi Kesehatan

Kamis 06 April 2023, 03:00 WIB
Ilustrasi. Puasa tanpa sahur diketahui dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan lambung hingga dehidrasi | Foto: Freepik/odua

Ilustrasi. Puasa tanpa sahur diketahui dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan lambung hingga dehidrasi | Foto: Freepik/odua

SUKABUMIUPDATE.com - Makan sahur menjadi salah satu amalan sunnah di bulan Ramadan yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Waktu sahur juga diketahui memiliki beberapa keutamaan salah satunya bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Namun, makan sahur bukan hanya dianjurkan oleh agama tapi juga memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan. Bahkan ada beberapa dampak buruk bagi kesehatan jika berpuasa tanpa menjalankan sahur terlebih dulu.

Beberapa efek yang langsung terasa jika berpuasa tanpa sahur yaitu tubuh di siang hari bisa menjadi lemas dan mengalami banyak gangguan kesehatan.

Berpuasa tanpa sahur juga menjadi semakin berbahaya bagi orang yang memiliki kondisi kesehatan rawan, seperti diabetes. Melansir dari Tempo.co, gula darah rendah (hipoglikemia) akan menjadi pemicu penyakit saat tubuh Anda tidak tersuplai kalori yang cukup.

Baca Juga: Inilah Deretan Pahala Puasa Ramadan Hari 1 Hingga 30, Penuh Kebaikan Luar Biasa

Dikutip dari Gulfnews, berikut beberapa cara agar tidak telat sahur yang bisa Anda lakukan: Makan secukupnya saat buka puasa dan pastikan apa yang Anda konsumsi bergizi seimbang tanpa mengancam tubuh. Selain itu, rajinlah untuk mencari berbagai referensi menu puasa dan memasaknya bersama orang-orang tercinta. Hindari 7 bahaya akibat tidak sahur berikut:

1. Pusing

Sakit kepala atau pusing terjadi karena tubuh kekurangan cairan ataupun asupan kalori sehingga menyebabkan dehidrasi hingga hipoglikemia pada taraf bahaya. Hal ini menyangkut gejala debaran jantung tidak normal, keringat dingin, linglung, sesak nafas, hingga pingsan.

Jika Anda menghadapi ini, maka segeralah membatalkan puasa demi kesehatan. Lalu, konsumsi minuman atau makanan yang mengandung gula secukupnya dan beristirahat.

Baca Juga: Kenapa Buka Puasa Harus dengan Yang Manis? Ternyata Ini 5 Manfaatnya

2. Dehidrasi

Sebelum waktu imsak tiba, orang-orang yang berniat puasa akan berbondong-bondong minum air putih segar sebanyak-banyaknya. Dengan demikian, kebutuhan cairan dalam tubuh akan terpenuhi. Lakukan pola 8 gelas per hari saat berbuka puasa hingga sahur. Imbangi juga kebutuhan cairan tubuh Anda melalui konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan air seperti semangka.

3. Kekurangan Gizi (Malanutrisi)

Malanutrisi sebenarnya adalah keadaan gizi di dalam tubuh yang tidak seimbang. Terutama saat Anda bolos sahur sehingga asupan vitamin, mineral, dan protein membuat kinerja tubuh terhambat. Malanutrisi akan mengacaukan konsentrasi Anda, membuat depresi, kehilangan lemak, hingga gangguan massa otot.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Sari Kurma Untuk Kesehatan Saat Puasa Ramadan

4. Kelelahan

Nutrisi seperti zinc, vitamin A, dan vitamin C harus terpenuhi untuk daya tahan tubuh. Namun, akibat sahur yang tidak Anda tunaikan membuat tubuh mudah lelah dan tertular penyakit. Hal ini juga dikarenakan Anda kehilangan kalori sebagai sumber energi yang seharusnya bisa diolah oleh tubuh.

5. Masalah Lambung

Perut Anda yang kosong, tetapi harus menjalani puasa selama kurang lebih 13 jam akan menjadikan tubuh rentan lapar dan perih. Salah satunya karena produksi asam lambung yang tinggi meskipun Anda tidak memiliki riwayat masalah asam lambung sebelumnya.

Kondisi ini disebut maag juga penyakit GERD dalam taraf bahaya. Di mana cairan asam lambung Anda akan naik ke kerongkongan yang ototnya sedang melemah karena nutrisi tidak terpenuhi.

Baca Juga: Resep Ramuan Untuk Penderita Asam Lambung dari dr Zaidul Akbar Agar Aman Berpuasa

6. Menurunnya Konsentrasi

Tanpa sahur, tubuh juga akan kekurangan energi sehingga menurunkan konsentrasi dan daya ingat Anda. Hal ini akan mengancam produktivitas Anda terutama saat bekerja atau belajar. Selain itu, tidak makan sahur juga membuat Anda cenderung makan berlebihan saat berbuka puasa karena dianggap sebagai ajang balas dendam. Padahal, hal ini hanya membuat Anda rawan terkena penyakit obesitas.

7. Keseimbangan Tubuh Menurun

Tidak makan sahur otomatis akan membuat kehilangan keseimbangan tubuh Anda. Nah, kemampuan keseimbangan terganggu yang bisa Anda identifikasi dengan vertigo yang muncul setelah sakit kepala yang parah. Tenangkan dan tidurkan tubuh Anda jika mengalaminya. Lalu, makanlah segera, jangan memaksa diri untuk melanjutkan puasa di hari tersebut.

Sumber: Tempo.co/Nia Heppy | Alfi Muna Syarifah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)
Sukabumi26 April 2024, 17:44 WIB

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Terciduk Kembali ke Sukabumi

Emak-emak viral maksa minta sedekah terciduk kembali meresahkan warga Baros Sukabumi. Polisi dan kelurahan langsung turun tangan.
Petugas kepolisian saat mengadang emak-emak viral maksa minta sedekah yang kembali berulah di Baros Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)