7 Tips Mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadan, Yuk Dicoba!

Jumat 24 Maret 2023, 04:00 WIB
7 Tips Mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadan, Yuk Dicoba!. | (Sumber : Pixabay.com/cahiwak.)

7 Tips Mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadan, Yuk Dicoba!. | (Sumber : Pixabay.com/cahiwak.)

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan suci Ramadan merupakan momentum umat Muslim untuk memperbanyak amal shaleh. Salah satu amalan yang dapat dikerjakan umat Muslim adalah membaca Al-Qur’an.
 
Membaca Al-Qur’an sendiri lebih dikenal dengan tadarus Al-Qur’an. Selama bulan Ramadan, kita memang dianjurkan untuk mengamalkannya. Selain manfaat dan keutamaannya, membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan dapat melipatgandakan pahala.
 
Bahkan, di bulan Ramadan, banyak orang-orang yang berlomba-lomba untuk mengkhatamkan Al-Qur’an. Bagi sebagian orang, mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadan adalah hal yang mudah.
 
Akan tetapi, hal itu tidak termasuk untuk orang-orang yang jarang membaca Al-Qur’an. Apalagi orang itu tidak memiliki niat dan semangat untuk mengkhatamkan Al-Qur’an.
 
Nah, berikut ini ada beberapa tips efektif bagi orang-orang yang ingin mengkhatam Al-Qur’an di bulan suci Ramadan. Dikutip via Akurat.co, simak 7 tipsnya dibawah ini.
 
1. Mantapkan Niat
 
Niat merupakan hal yang sangat penting dalam setiap pekerjaan. Menetapkan niat untuk menamatkan bacaan Al-Qur’an selama bulan Ramadan akan memacu semangat kita untuk dapat mewujudkannya. 
 
Hendaknya diniatkan mengkhatamkan Al-Qur’an tulus dan ikhlas untuk mencapai rida Allah semata.
 
2. Membuat Perencanaan
 
Waktu paling cepat menamatkan Al-Qur’an adalah selama 3 hari dan paling lama selama 30 hari atau satu bulan. Jika kita ingin khatam Al-Qur’an selama tiga hari, maka selama sehari semalam kita harus membaca sepuluh juz Al-Qur’an. 
 
Jika dibaca setiap selesai salat fardhu, maka kita wajib membaca dua juz Al-Qur’an setiap selesai salat atau satu juz sebelum salat dan satu juz setelah salat.
 
Begitu pula jika kita ingin menamatkan Al-Qur’an satu kali selama bulan Ramadan maka setiap hari kita wajib menamatkan satu juz Al-Qur’an dengan cara membaca dua lembar setiap waktu salat karena pada mushaf standar, satu juz Al-Qur’an rata-rata dua puluh halaman.
 
3. Bawa Al-Qur’an kemanapun kamu pergi
 
Untuk memudahkan membaca Al-Qur’an setiap selesai waktu salat atau ketika sedang ada waktu luang, sebaiknya kamu memiliki Al-Qur’an saku yang dapat dibawa kemana-mana. Kamu juga bisa menginstal aplikasi Al-Qur’an diqital di ponsel pintar kamu.
 
4. Pahami ayat-ayat Al-Qur’an yang kamu baca
 
Untuk menambah semangat serta manfaat dari bacaan Al-Qur’an, kamu sebaiknya juga membaca arti dari ayat-ayat Al-Qur’an yang sudah kamu baca. Dengan cara ini, membaca Al-Qur’an menjadi momen yang sangat menggembirakan dan menambah pengetahuan agama.

Baca Juga: 4 Keutamaan 10 Hari Pertama Puasa Bulan Ramadan, Waktu Mustajab untuk Berdoa

 
5. Baca Al-Qur’an Bersama-sama
 
Ajak teman atau saudara untuk ikut menamatkan Al-Qur’an selama bulan Ramadan. Membaca Al-Qur’an bersama teman akan memudahkanmu untuk memperbaiki bacaan dengan cara satu orang membaca dan yang lainnya menyimak secara bergantian. Acara membaca Al-Qur’an bersama juga dapat diikuti dengan pengkajian ayat serta tafsir Al-Qur’an.
 
6. Baca Al-Qur’an Kapanpun dan Dimanapun
 
Semisal target mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadan hanya 1 kali, membaca 2 hingga 4 lembar sehabis shalat sudah cukup. Namun, jika ingin mengkhatamkannya lebih dari satu kali, maka jangan lupa membaca Al-Qur’an dimanapun kamu berada.
 
7. Baca Setelah Selesai Shalat 5 Waktu
 
Al Qur'an umumnya memiliki jumlah 600 halaman. Bagi kamu yang ingin mengkhatamkan Al-Qur’an 1 kali dalam sebulan, bisa membacanya sebanyak 4 halaman setiap habis shalat 5 waktu. Namun, jika ingin mengkhatamkan Al-Qur’an 2 kali dalam sebulan, maka harus membaca sekitar 8 halaman setiap habis shalat 5 waktu.
 
Nah, jika kamu ingin mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 3 kali, dianjurkan untuk membaca sekitar 12 halaman setelah sholat 5 waktu.
 
Itulah cara mudah untuk khatam Al-Qur’an selama bulan Ramadan. Mari isi Ramadan dengan kegiatan positif dan amal saleh.
 
Sumber: Akurat.co
AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang