Klarifikasi Qoriah Nadia Disawer Saat Baca Al-Quran: Saya Merasa Tidak Dihargai

Jumat 06 Januari 2023, 12:30 WIB
Klarifikasi Qoriah Nadia Hawasyi. | (Sumber : Instagram/@nadia_hawasyi6050).

Klarifikasi Qoriah Nadia Hawasyi. | (Sumber : Instagram/@nadia_hawasyi6050).

SUKABUMIUPDATE.com - Nama qoriah ustadah Nadia Hawasyi kini sedang ramai diperbincangkan oleh warganet, karena video dirinya disawer saat mengaji viral di media sosial. Saking viralnya membuat sang qoriah pun akhirnya memberikan klarifikasi atas kejadian tersebut.

Dihimpun Suara.com, dalam sebuah komentar yang ditujukan di akun Instagram Ustadz Hilmi Firdausi, mengatakan jika dirinya merasa tak dihargai dengan tindakan para jamaah yang tiba-tiba menyawernya. Namun, karena tengah membaca Al Quran, Nadia Hawasyi merasa tidak mungkin dirinya marah saat itu juga.

"Assalamulaikun Ustadz, saya juga merasa tidak dihargai Ustadz, karena saya posisinya lagi ngaji, tidak mungkin mau marah-marah di atas panggung karena itu salah satu adab membaca Al Quran," pungkas Nadia seperti yang Suara.com kutip pada Jumat (6/1/2023).

Baca Juga: Viral Disawer saat Baca Alquran, Qoriah Nadia: Turun Panggung Saya Tegur Panitia

Maka dari itu, kata Nadia, hal yang bisa ia lakukan saat itu adalah mencabut uang yang diselipkan seorang jamaah di hijabnya. Serta menyelesaikan bacaannya. Setelah turun dari panggung, ia pun langsung menegur panitia acara tersebut.

Nadia mengaku jika dirinya hanyalah qoriah undangan yang ditugaskan untuk membaca Al Quran, mengisi acara Maulid Nabi yang digelar di Pandeglang Banten. Sejak awal, kata dia, dirinya tidak tahu bahwa akan disawer seperti itu.

"Pada saat saya disawer itu saya memang marah dan kesal sekali. Jadi sebetulnya panitia yang salah, gak menghormati kita sebagai pembaca Al Quran," ucapnya lagi.

Baca Juga: Respons MUI Soal Qoriah Baca Alquran Disawer hingga Diselipkan Uang di Jilbab

Nadia mengungkapkan, kebiasaan sawer duit ini juga terjadi pada qori dan qoriah yang lain. Hanya saja, videonya tidak beredar viral seperti yang terjadi pada dirinya.

"Sebetulnya hal seperti ini bukan hanya terjadi sama saya, tapi banyak qori/qoriah lain yang lagi ngaji disawer seperti itu, apalagi di daerah Banten menurut saya sudah jadi hal yang lumrah bagi masyarakat Banten sawer qari, tapi mungkin tidak diviralkan videonya seperti video saya," tandas Nadia.

Video Viral

Seperti diketahui, baru-baru ini, seorang qoriah disawer di atas panggung saat melantunkan ayat suci Al Quran viral. Momen ini lantas membuat murka banyak warganet setelah di media sosial, salah satunya akun Instagram @nyinyir_update_official.

Qoriah tersebut ternyata merupakan Ustadzah Nadia Hawasyi. Pada acara yang digelar di Tangerang, Banten tersebut, tiba-tiba saja seorang jamah lelaki berpeci berdiri ke atas panggung dan langsung menebarkan uang dari sakunya ke arah dirinya.

Baca Juga: Mengenal Nadia Hawasyi, Qoriah yang Disawer Jamaah Laki-laki Saat Mengaji

Aksinya ini lantas diikuti oleh jamaah yang lain, bahkan salah satunya sampai menyelipkan uang di kerudung Nadia. Lainnya, seorang ibu menggenggamkan uang ke tangannya.

Melihat aksi tersebut para jamaah yang hadir justru bersorak riuh. Tak heran aksi tersebut langsung menjadi kontroversi. Tak sedikit yang mengkritik aksi sawer tersebut karena dinilai tak pantas dan tak beradab.

MUI Mengecam

Ramai video tersebut tentu saja membuat geram Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis. Dia mengecam aksi sawer duit tersebut dan ini perbuatan haram.

"Ini cara yang salah dan tak menghormati majelis. Perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan," kata Cholil dalam cuitan di akun Twitter pribadinya.

Cholil meminta perbuatan tidak terpuji tersebut untuk dihentikan. Sebab, kata dia, aksi sawer duit terhadap qoriah merupakan perbuatan yang bertentangan, tak menghargai ayat-ayat suci Al-Qur'an yang tengah dibaca qoriah.

Baca Juga: Viral Qoriah Disawer Saat Baca Al-Quran di Atas Panggung, Netizen: Gak Sopan!

"Hentikan acara dan perbuatan seperti ini. Mohon ulama dan tokoh masyarakat menolak ini dan jangan menganggap ini tradisi yang baik. Jelas cara ini bertentangan dengan ayat-ayat yang dibaca qariah," imbuhnya.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)