7 Keutamaan Salat Dhuha, Tidak Hanya Diberi Kecukupan Rezeki

Senin 27 Februari 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Salat Dhuha memiliki banyak keutamaan selain yang telah diketahui yakni akan diberi kecukupan rezeki oleh Allah SWT | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Salat Dhuha memiliki banyak keutamaan selain yang telah diketahui yakni akan diberi kecukupan rezeki oleh Allah SWT | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam Islam, salat menjadi salah satu ibadah yang termasuk ke dalam rukun Islam yakni rukun Islam yang kedua setelah Syahadat.

Selain salat wajib yang dilaksanakan lima waktu, ada pula salat yang hukumnya sunnah seperti salat Dhuha, salat Istikharah, salat Tarawih di bulan Ramadan dan masih banyak lagi.

Salat Dhuha menjadi salah satu salat sunnah yang memiliki banyak sekali keutamaan dan yang paling dikenal yakni akan dicukupkan rezeki oleh Allah SWT.

Disebut salah Dhuha karena ibadah ini dilaksanakan pada waktu dhuha yaitu ketika matahari mulai terbit kira-kira tujuh hasta dari terbitnya (jam 6 atau jam 7 pagi) hingga menjelang tengah hari.

Untuk jumlah rakaatnya sendiri salat sunnah ini dikerjakan tergantung kemampuan yakni bisa sebanyak 2, 4, 6, 8 dan maksimal 12 rakaat.

Mengutip dari Akurat.co, cara pelaksanaannya dilakukan setiap dua rakaat sekali salam. dalam hadits Abu Dzar ra. Nabi SAW bersabda:


يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Artinya: “Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Demikian juga amar ma’ruf dan nahi mungkar adalah sedekah. Semua ini bisa dicukupi dengan melaksanakan salat dhuha sebanyak dua raka’at” (HR Muslim).

Berikut tujuh keutamaan salat dhuha yang harus diketahui

1. Selalu dicukupkan Rezeki

Di dalam hadis Nu’aim bin Hammar Al Ghatafani, beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Allah Ta’ala berfirman:

Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, Ad Darimi).

2. Diampuni Dosa

Dalam Hadis Rasulullah SAW berkata: “Siapapun yang melaksanakan salat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR Tirmidzi)

3. Mendapatkan Pahala Haji dan Umrah

Dari hadis riwayat At-Tirmidzi oleh Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.' Beliau pun bersabda, 'Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi).

4. Masuk dalam kelompok Awwabin

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita sebagai manusia memang tidak sesempurna rekan-rekan kita, apalagi jika dibandingkan dengan para nabi dan rasul. Tidak jarang iman kita melemah, bahkan untuk yang terburuk sekalipun.

Iman kita melemah ke dalam yang terburuk. saat iman kita tumbuh, ibadah kita lancar dan semua berakhir. Sunnah itu baik, apalagi wajib. namun, ketika iman kita melemah, kita mengabaikan perintah Allah bahkan dengan sengaja mengabaikannya.

5. Akan memiliki istana di Surga

Jika kita meminta tempat terbaik untuk tinggal, surga adalah tempat terbaik untuk kembali. Kita tidak akan menghadapi kesulitan yang sama di surga seperti saat anda hidup di bumi. Kita akan menemukan kebahagiaan, kedamaian dan kenyamanan selamanya.

Menjalankan salat dhuha tidak hannya membuka peluang untuk masuk Surga. Allah juga akan membangun istana megah di surga untuk Anda tinggali. Namun dengan cara melaksanakan salat dhuha secara rutin hingga 4 rakaat atau 12 rakaat.

6. Terhindar dari keburukan

Orang yang rutin menjalankan salat dhuha akan memiliki sifat-sifat yang terhindar hal-hal buruk. juga akan selalu dalam lindungan Allah SWT agar selalu dibimbing ke jalan yang benar dan dijauhkan dari hal-hal keburukan terutama yang dari dunia.

Orang yang terhindar dari keburukan adalah orang yang melaksanakan salat dhuha dan dilindungi oleh Allah SWT dan juga dijaga baik dengan-Nya

7. Akan dilimpahkan kesehatan tiada tara

Dalam firman Allah SWT yang berbunyi:

وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا

Artinya: “Demi matahari dan cahayanya di pagi hari” (QS Asy-Syams ayat 1)

Allah bersumpah demi matahari dan cahayanya saat dhuha. Banyak ilmuwan dan peneliti percaya bahwa cahaya pagi memiliki manfaat kesehatan terbaik bagi tubuh manusia.

Seperti infra merah yang berguna untuk meredakan nyeri otot dan ultraviolet yang berguna sebagai fotokatalis yang menutrisi kulit manusia berkat kandungan vitamin D–nya.

Oleh karena itu bangun pagi dan menjalankan ibadah salat sunah dhuha akan mendapatkan kesehatan yang tiada taranya.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist
Sehat04 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Alpukat dan Telur - Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
DPRD Kab. Sukabumi04 Mei 2024, 10:58 WIB

Anggota DPRD Janji Perjuangkan Kebutuhan Perahu untuk Siswa ke Sekolah di Cibitung Sukabumi

Harapan warga adanya bantuan perahu untuk siswa dan pengajar ke sekolah (SMPN 4 Cibitung), Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, mendapat respon positif dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana.
Andri Hidayana, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa)
Sukabumi04 Mei 2024, 10:30 WIB

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembunuhan Pembantu Pria di Citepus Sukabumi

Satreskrim Polres Sukabumi melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penganiayaan atau pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mengajarkan Anak Tatakrama Agar Punya Budi Pekerti Luhur Sejak Kecil

Mengajarkan anak tentang tatakrama tentu menjadi keharusan bagi orang tua. Pendidikan ini harus diajarkan sejak kecil kepada anak-anak.
Ilustrasi. Cara mengajarkan anak tatakrama. Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 10:14 WIB

Geger Pria di Citepus Sukabumi Tewas Telanjang Berlumuran Darah di Rumah Majikan

Seorang pria bernama Ajo Sutarjo ditemukan tewas di ruang tamu rumah majikannya yang berada di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/5/2024) sekitar pukul 04.15 WIB
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:00 WIB

Berikan Contoh yang Baik! 12 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Disiplin dan Penurut

Beberapa cara dapat membantu anak laki-laki agar memiliki sikap disiplin dan penurut.
Ilustrasi. Beberapa cara dapat membantu anak laki-laki agar memiliki sikap disiplin dan penurut. (Sumber : Unplash.com)
Life04 Mei 2024, 09:30 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menemukan Jati Diri yang Sebenarnya, Ini Langkahnya

Menemukan jati diri yang sebenarnya memang harus terus dicari oleh setiap orang. Pasalnya, mengenal jati diri bisa membantu hidup lebih bermakna.
Ilustrasi. Cara menemukan jati diri yang sebenarnya. Sumber foto : Pexels/iam hogir