Makna Sosial Salat Jumat, Solusi Ummat Islam Kekinian

Jumat 17 Februari 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi Salat Jumat | Foto : Istimewa

Ilustrasi Salat Jumat | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Jumat dalam bahasa Arab disebut Yaumul Jum'at. kata Jum'at sendiri bersinonim dengan kata ijtimak yang artinya berkumpul.  

Hari Jumat merupakan hari yang istimewa. Keistimewaan hari jumat bukan hanya dari spiritualitasnya saja, melainkan karena salah jumat memiliki makna sosial yang tinggi, bahkan jika pemahaman tentang makna sosial salat jumat itu di praktekan, bisa menjadi solusi bagi problematika ummat Islam kekinian.

Mengutip khotbah Ustadz Adi Hidayat (UAH) yang ditayangkan dalam media sosial resmi miliknya @Adi Hidayat official pada 16 Juli 2022. Menurutnya, Salat Jumat setidaknya mengandung tiga makna utama, pertama Jumat mengandung makna kata aljam'u yang berarti datang berkumpul, kedua Jumat mengandung makna at-taaruf yang berarti saling mengenal, ketiga Jumat mengandung makna al-ihtimam yang berarti saling memberikan perhatian.

Jadi yang diharapkan datang ke jumat itu, menurut Adi dalam khutbahnya, bukan sekedar anda datang duduk mendengarkan khutbah, lantas salat dua rakaat dan pulang begitu saja, bukan itu yang diinginkan.

Baca Juga: Tata Cara Salat Ba'diyah Jumat dan Batasan Rakaatnya

Katanya, perbedaan antara orang beriman kalau berkumpul dengan orang yang belum beriman, ada penekanan yang berbeda.

"orang beriman kalau datang bukan sekedar kumpul, lihat siapa disampingnya yang datang, kenali siapa yang duduk dikanan dan kirinya, perhatiakan siapa yang ada dibelakangnya," jelasnya

Karena itu tidak pernah yang datang salat jumat pada era nabi Muhammad SAW, kecuali diketahui siapa yang datang, apa keperluannya, apa kebutuhannya. sehingga tidak pernah ada yang datang untuk salat jumat, kecuali sepulang salat jumat selesai kebutuhannya.

Adi Hidayat menceritakan, pada zaman Rasulullah diceritakan ada sahabat bernama Sulaik dari Ghatafan, dia datang dari tempat yang jauh, kemudian tiba dimasjid saat salat jumat sedang berlangsung, kemudian Nabi memperkenalkan kepada jama'ah lainnya. "Inilah sodara kita".

Baca Juga: Bolehkah Tidak Melaksanakan Shalat Jumat Saat Sedang Sakit? Simak Penjelasannya

Setelah salat jumat selesai, Sulaik Alghatafan dikerubuti para jamaah lainnya dan ditanya tentang apa keperluanya dan apa kebutuhannya.

"Jadi kalau ini dipraktekan, nilai jumat solutif ini, jumat yang penuh kebersamaan, jumat yang penuh perhatian. Demi Allah, tidak akan pernah terjadi pada konidisi ummat Islam kecual hadir persatuan, hadir sinergitas dan hadir apa yang selalu kita dambakan, yaitu kemaslahatan diantara orang beriman," urainya

Adi mencontohkan, Ada seorang yang sakit tidak mampu kerumah sakit, datang bertemu di jumat dengan dokter selesai masalahnya. Ada mahasiswa bertemu dengan dosen di jumat, dia bisa berkonsultasi persoalan dikampusnya. Ada yang tidak punya pekerjaan bertemu di jumat dengan pengusaha selesai masalahnya.

"Setelah 15 abad dari kehidupan nabi, dimana Jumat yang dinginkan oleh Rasulullah itu,". Hai orang yang beriman, sambung Adi, iman kita dipertaruhkan untuk menampilkan esensi Jumat dalam berprikehidupan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)