TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Kematian Tak Ada yang Tahu, Begini Tata Cara Salat Taubat Sebelum Meninggal

Salat sunnah taubat ini diriwayatkan oleh Imam at Tirmidzi dari sahabat Ali bin Abi Thalib, dari sahabat Abu Bakar As-Shidiq

Sabtu 26 Nov 2022, 18:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Semua manusia tidak lepas dari kesalahan, khilaf dan berbagai hal yang dilakukan bisa menjadi dosa yang nantinya bisa membuat kita masuk neraka.

Karena kematian tidak ada yang tahu kapan akan datang, umat muslim dianjurkan melakukan salat taubat untuk menebus segala dosa yang pernah dilakukan dengan sadar atau tanpa sadar.

Lantas bagaimana pula tata cara salat taubat? Apa doa yang dibaca dan niatnya? Simak informasi selengkapnya dalam artikel ini seperti melansir dari Suara.com.

Anjuran melaksanakan salat sunnah taubat ini diriwayatkan oleh Imam at Tirmidzi dari sahabat Ali bin Abi Thalib, dari sahabat Abu Bakar As-Shidiq bahwa Rasulullah Saw bersabda yang artinya: 

“Tidaklah seseorang berbuat dosa lalu ia beranjak bersuci, melakukan shalat kemudian beristighfar meminta ampun kepada Allah kecuali Allah mengampuninya.” 

Salat Taubat tidak disyariatkan kecuali kepada seseorang tengah bertaubat kepada Allah SAW. Salat taubat oleh jumhur ulama dikatakan sebagai salah satu salat yang masyru’ dan telah ditetapkan pensyariatannya berdasarkan nash-nash syariah. 

Niat Salat Taubat 2 Rakaat 

Untuk mengawali ibadah ini, maka harus membaca niat salat taubat terlebih dahulu. Niat yang harus dibaca ketika akan melaksanakan salat taubat adalah 

Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala"

Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.” 


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x