Deretan Amalan Malam Isra Miraj yang Bisa Mendulang Pahala

Minggu 05 Februari 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi membaca Al-Quran - Deretan Amalan Malam Isra Miraj yang Bisa Mendulang Pahala. | (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi membaca Al-Quran - Deretan Amalan Malam Isra Miraj yang Bisa Mendulang Pahala. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Isra Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Masjidil Aqsa kemudian menuju Sidratul Muntaha yang dilakukan hanya satu malam.

Mengutip dari artikel Nu Online ‘Tanda-tanda Keagungan Allah dalam Isra Miraj', disebutkan bahwa Isra dan Miraj Nabi Muhammad adalah diperjalankannya Nabi Muhammad oleh Allah di malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.

Sedangkan Miraj merupakan dinaikkannya Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha.

Baca Juga: Mengintip Lokasi Rest Area di Lintasan Tol Bocimi Seksi III Sukabumi

Masih dikutip dari artikel ‘Tanda-tanda Keagungan Allah dalam Isra Miraj', dalam peristiwa Isra’ Mi’raj ada hal yang sangat penting bagi semua umat Islam, yaitu ditugaskannya Nabi Muhammad dan umatnya untuk mengerjakan shalat lima waktu. Perintah itu adalah perintah yang langsung dari Allah.

Isra Miraj sendiri termasuk ke dalam bulan Rajab, yaitu bulan penanda datangnya bulan Ramadhan yang menjadi bulan yang istimewa bagi umat muslim. Bahkan, di bulan Rajab umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan amalan amalan sholeh sebanyaknya.

Kenapa harus begitu? Sebab Isra Miraj adalah peristiwa penting dalam perjalanan kenabian Muhammad SAW. Nabi pada malam Isra Miraj melakukan perjalanan spiritual dari Mekkah ke Madinah dalam satu malam. Kisah tersebut diabadikan juga dalam Surah Al Isra' ayat 1 berbunyi:

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Baca Juga: 8 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Cocok Untuk Berendam di Akhir Pekan

Lantas, amalan malam Isra Miraj apa saja yang sebaiknya dijalankan oleh umat Islam? Dikutip dari Suara.com, berikut beberapa di antaranya berdasarkan berbagai sumber:

1. Membaca Al-Qur'an

Perbanyak bacaan Al Qur'an, tidak hanya pada malam Isra' Mi'raj tapi juga di hari-hari lainnya. Namun, bagi yang membaca Al Qur'an lebih banyak pada malam Isra' Mi'raj, Insyallah pahalanya akan berlipat ganda.

Baca Juga: Direkam Warga, Penampakan Buaya Besar Penunggu Situ Cikalapa di Surade Sukabumi

Hal itu berdasarkan firman Allah Swt dalam Surah Al-Isra ayat 82, yang artinya:

"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian."

2. Membaca doa-doa Istighfar

Istighfar merupakan doa untuk memohon ampunan kepada Allah Swt. Apabila dibaca lebih banyak dan tulus pada malam Isra Miraj, InsyAllah seluruh dosa-dosa kita diampuni oleh Allah Swt. Bahkan kita akan masuk surga jika membaca istighfar penuh keyakinan setiap hari, tidak hanya di malam Isra Miraj saja. Rasul bersabda,

"Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari dan An-Nasa'i)

3. Doa bulan rajab

Bacalah doa berikut ini di malam Isra' Mi'raj. Doa ini akan melindungi kita dari perbuatan dusta dan fitnah. Hati kita tidak akan tega untuk berbuat jahat pada orang lain, sehingga kita tidak akan memiliki musuh.

Baca Juga: Pengerjaan Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Cibolang Mulai Disiapkan, Tunggu Rampung Seksi 2

Allahumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbii minan nifaaqi wa ‘amalii minar riyaa-i wa bashorii minal khiyaanati fa innaka ta’lamu khoo-inatal a’yuni wa maa tukhfish shuduuru.

Artinya:

“ Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesunguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati.”

4. Doa sholawat untuk nabi

Dianjurkan juga untuk membaca banyak-banyak doa sholawat untuk nabi. Dengan demikian kita akan senantiasa semakin dekat kepada Allah Swt dan Nabi Muhammad saw. Kedekatan secara spiritual akan membuat kita senantiasa waspada dan tidak akan mudah tertipu di hadapan orang-orang atau situasi manipulatif.

Berikut doa sholawat nabi yang sebaiknya dibaca di malam Isra' Mi'raj.

"Allahumma shalli alaa Muhammadinin 'abdika wa rosulika nabiyyil ummi wa'alaa aalihii wa sallim."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, hambaMu, nabiMu, dan utusanMu yang ummi serta limpahkan pada keluarganya dan sahabatnya, juga limpahkan salam atas mereka."

5. Doa menyambut bulan Rajab

Tak hanya bacaan doa istighfar, tapi doa menyambut bulan Rajab juga dianjurkan untuk dibaca di malam Isra Miraj sebagai salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah Swt karena masih diberi kesempatan untuk menikmati bulan Rajab dan semoga bisa menyambut bulan Ramadhan. Berikut doa menyambut bulan Rajab untuk kita baca.

Baca Juga: Persib Bandung vs PSS Sleman: Momentum Maung Bandung Kembali ke Puncak Klasemen

Allâhumma barik lana fi Rajaba wa Sya‘bâna wa ballighna Ramadhana

Artinya:
“ Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban. Sampaikan kami dengan Bulan Ramadhan.”

Demikian itu rekomendasi doa dan amalan malam Isra Miraj. Semoga kamu bisa merasakan ridho dan rahmat dari Allah Swt. Amin.

Sumber: Suara.com (Mutaya Saroh)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik24 Juli 2024, 12:30 WIB

Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7

The Sounds Project merupakan festival musik bergengsi serta di Indonesia yang kembali hadir. Pada tahun ini festival musik tersebut akan digelar selama tiga hari dari 9-11 Agustus 2024 di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.
Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7 (Sumber : Instagram/@thesoundsproject)
Sehat24 Juli 2024, 12:24 WIB

Tarik OKKO dari Peredaran! BPOM Cek Kandungan Natrium Dehidroasetat di 2 Roti Made In Bandung

Keduanya adalah roti made in Bandung yang selama ini dikenal sebagai jajanan warung yang laris karena murah dan awet alias tahan lama.
Dua roti made in bandung yang diterpa isu mengandung rpengawet kosmetik (Sumber : istimewa)
Bola24 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Grup B Piala Presiden 2024: Bali United vs Madura United, H2H Hingga Skor

Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B.
Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B. (Sumber : X/@BaliUtd/@MaduraUnitedFC).
Life24 Juli 2024, 11:30 WIB

9 Ciri Orang Memiliki Dendam Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Orang yang dendam pada kita mungkin menghindari interaksi sosial atau mengurangi komunikasi.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam pada Kita (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 11:07 WIB

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga.
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. | Foto: ppp.or.id
Musik24 Juli 2024, 11:00 WIB

Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta

Boygrup Tomorrow X Together atau TXT akan menggelar world tour di Indonesia bertajuk ACT: PROMISE pada Rabu, 2 Oktober 2024, di ICE BSD HALL, Tangerang.
Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta (Sumber : Instagram/@txtupdateina)
Life24 Juli 2024, 10:31 WIB

12 Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain, Jangan Memotong Pembicaraan!

Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain. Dengarkan tanpa langsung membuat penilaian atau asumsi negatif menujukkan Anda adalah orang yang memiliki etika.
Ilustrasi. Gunakan kata-kata yang tepat dan jelas untuk menghindari kesalahpahaman ketika berkomunikasi dengan orang lain. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 10:10 WIB

Sejak 2019! 50 WNI Dikirim Jadi PSK di Australia, Tersangka Untung Rp 500 Juta

Djuhandhani menyatakan FLA mendapatkan uang ini setelah beroperasi sejak 2019.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap FLA (36 tahun), tersangka penjualan 50 orang WNI untuk dijadikan PSK di Sydney, Australia. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 10:02 WIB

Heboh Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024, Apa Kata Warganet?

Omesh, artis asal Sukabumi mengunggah foto tangkapan layar Hasil Survei Elektabilitas Sukabumi 2024. Di postingan itu, namanya disandingkan dengan beberapa pejabat Sukabumi, seperti Iyos Somantri dan Asep Japar.
Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024. Foto: Instagram/omeshomesh
Life24 Juli 2024, 10:00 WIB

5 Kebiasaan Sederhana yang Jika Dilakukan Membuat Hidup Semakin Bahagia

Kebahagiaan dalam hidup seringkali berasal dari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dilakukan secara konsisten.
Ilustrasi - Kebahagiaan dalam hidup seringkali berasal dari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dilakukan secara konsisten. (Sumber : Freepik.com).