8 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Cocok Untuk Berendam di Akhir Pekan

Sabtu 04 Februari 2023, 07:00 WIB
Ada beberapa destinasi wisata pemandian panas di Jawa barat yang bisa jadi rekomendasi kamu di akhir pekan ini | Foto: Istimewa

Ada beberapa destinasi wisata pemandian panas di Jawa barat yang bisa jadi rekomendasi kamu di akhir pekan ini | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Jawa Barat selain terkenal dengan wisata air terjun dan pantainya juga memiliki destinasi wisata lain yakni wisata pemandian air panas.

Wisata pemandian air panas cocok untuk kamu yang ingin merasakan berbeda saat berlibur ke Jawa Barat terutama saat liburan bareng keluarga.

Wisata pemandian air panas di Jawa Barat tersebar di beberapa daerah seperti Sukabumi, Bandung, Bogor dan sekitarnya. Setiap akhir pekan destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati mandi air panas alami.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Sukabumi, Cocok Buat Kumpul Santai Pas Weekend

Bahkan mandi air panas ini diklaim bisa membantu menyembuhkan beberapa penyakit terutama penyakit kulit. Tak heran banyak orang yang berbondong-bondong berkunjung untuk mencobanya.

Sumber air yang digunakan oleh tempat pemandian air panas di Jawa Barat ini berasal dari sumber air panas asli bumi dan bukan air panas buatan.

Berikut delapan wisata pemandian air panas di Jawa Barat yang bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata akhir pekan kamu seperti dikutip dari Tempo.co.

Baca Juga: Pesona Cipanas Sukarame, Sumber Air Panas Alami Selain Geyser Cisolok Sukabumi

1. Wisata Pemandian Air Panas Cisolok (Sukabumi)

Wisata pemandian air panas ini terletak di Desa Cisolok, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Berjarak 20 kilometer dari pusat kota Pelabuhan Ratu, pemandian air panas Cisolok banyak dikunjungi wisatawan saat berliburan di kawasan tersebut.

Tempat pemandian air panas ini menyediakan berbagai fasilitas seperti 5 kolam renang air panas dan tempat terapi air panas. Pemandian air panas Cisolok dibuka mulai pukul 08.00 - 18.00 sore hari.

Masuk ke tempat wisata air panas Cisolok, pengunjung hanya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 30.000 saja dan tiket kendaraan mulai dari Rp. 1.000 - 25.000, tergantung dari jenis kendaraan.

Baca Juga: 3 Wisata Pemandian Air Panas di Sukabumi, Murah dan Cocok Untuk Melepas Penat

2. Pemandian Air Panas Ciater (Subang)

Pemandian air panas di Jawa Barat yang pertama adalah pemandian air panas Ciater. Tempat wisata yang berada di Ciater, Kabupaten Subang ini sangat terkenal di kalangan pecinta alam dan masyarakat daerah Jawa Barat.

Selain menyediakan tempat pemandian air panas, tempat yang satu ini juga dilengkapi dengan banyak fasilitas lain, seperti kolam pancing, outbond, restoran, resort, hingga spa. Untuk tiket masuknya dibanderol sekitar Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu rupiah per orang.

Baca Juga: Dikdik dan Bos Jamal Preman Pensiun Kembali Berakting! Syuting Film Apa di Sukabumi?

3. Pemandian Air Panas Kampung Cai Ranca Upas (Bandung)

Tempat pemandian air panas yang satu ini berada di daerah Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Selain tempat pemandian air panasnya, tempat ini juga dikenal dengan camping ground yang memiliki fasilitas beragam, seperti paintball dan flying fox untuk aktivitas outdoor-nya.

Tak hanya itu, Anda juga dapat berendam di pemandian air panas dengan pemandangan hijau yang menakjubkan. Harga masuk tempat wisata ini pun mulai dari RP 15 ribu rupiah saja.

Baca Juga: Jadwal Persib Februari 2023, Tiga Big Match Termasuk Lawan PSM dan Bali United

4. Kawah Cibuni Rengganis (Bandung)

Masih di kawasan Rancabali, Kabupaten Bandung, terdapat sebuah pemandian air panas yang menawarkan suasana asri namun tetap private. Lokasinya berada di tengah perkebunan teh yang membuat destinasi wisata ini semakin menyenangkan.

Dengan tiket masuk mulai dari Rp 5 ribu per orang, tempat wisata pemandian air panas ini dibuka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

Baca Juga: 8 Bahasa Tubuh Perempuan Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu, Pemuda Sukabumi Sudah Tahu?

5. Pemandian Air Panas Gunung Pancar (Bogor)

Dijuluki sebagai Kota Hujan, Bogor memiliki pemandian air panas Gunung Pancar yang terletak di daerah Babakan Madang, Bogor. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Bogor, yakni sekitar 25 km dengan jarak tempuh selama 1 jam perjalanan.

Jika Anda ingin menikmati kesegarannya, Anda cukup membayar tiket sebesar Rp 20 ribu per orang. Sedangkan, jika Anda ingin ruangan yang lebih private, Anda dapat membayar paket VIP sebesar Rp 200 ribu untuk satu keluarga selama 2 jam.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Film Titanic yang Akan Tayang Lagi 10 Februari 2023

6. Pemandian Air Panas Cipanas Galunggung (Tasikmalaya)

Apabila Anda ingin berendam di air panas dengan pemandangan alam yang luas, maka Anda dapat mengunjungi pemandian air panas di Cipanas Galunggung. Tempatnya berada di Sukaratu, Tasikmalaya.

Anda juga dapat berekreasi bersama keluarga tercinta dengan fasilitas yang lengkap. untuk menikmati tempat wisata yang satu ini, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp 10 ribu per orangnya.

7. Pemandian Air Panas Cikundul (Sukabumi)

Pemandian air belerang yang satu ini berada di daerah Lembursitu, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Untuk masuk kawasan pemandian air panas in, Anda perlu membayar tiket sekitar Rp 10 ribu saja.

Baca Juga: Daftar Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Chatting via WA Tanpa Internet

Sementara itu, untuk masuk ke kolam air panasnya, Anda harus membayar lagi seharga Rp 30 ribu rupiah per satu jam perendaman.

8. Banyu Panas Gempol Palimanan (Cirebon)

Terakhir ada pemandian air panas Banyu Panas Gempol Palimanan Cirebon. Tempat wisata yang satu ini berada di daerah Gempol, Cirebon dengan harga tiket masuk sebesar Rp 20 ribu.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi iPhone 16 Pro Max, Produk Apple yang Viral di TikTok

Lokasinya berada di dekat pabrik semen dengan akses jalan yang berada di area tambang. Oleh karena itu, pengunjung perlu berhati-hati karena banyaknya kendaraan tembang yang lalu lalang di kawasan ini.

Itulah delapan pemandian air panas di Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi. Semoga bermanfaat.

Sumber: Tempo.co/Vivia Agartha F | Raden Putri

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 09:00 WIB

Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.
Ilustrasi - Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich)
Bola18 April 2024, 08:42 WIB

Klasemen Liga 1: Persib Bandung Dipastikan Lolos ke Championship Series

Hasil ini membuat Persib Bandung tak akan mungkin keluar dari posisi empat besar.
Pemain Persib Bandung. | Foto: Persib.co.id
Kecantikan18 April 2024, 08:00 WIB

8 Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer

Inilah Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Ada Cleanser hingga Moisturizer.
Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer  (Sumber : Freepik.com)
Life18 April 2024, 07:00 WIB

9 Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres

Yuk Lakukan Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres Berikut Ini!
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley)
Food & Travel18 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Berikut Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Coba Ikuti 6 Langkahnya!
Ilustrasi. Daun pepaya - Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Science18 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 April 2024, Seluruh Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.
(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.. | Foto: Freepik
DPRD Kab. Sukabumi17 April 2024, 23:20 WIB

KH. Zezen Z.A Jadi Nama Jalan, DPRD Sukabumi Bicara Regulasi Wisata Syariah di Pondok Halimun

Pemerintah Kabupaten Sukabumi resmi mengubah nama jalan Nyangkokot-Perbawati menjadi Jalan KH. Zezen Z.A pada Rabu 17 April 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat meresmikan nama Jalan K.H. Zezen Z.A menggantikan nama Jalan Nyangkokot – Perbawati, Rabu (17/4/2024) | Foto : Ist
Sukabumi17 April 2024, 22:37 WIB

Saber Pungli OTT 2 Pelaku Pungutan Liar di Alun-alun Gadobangkong Sukabumi

Dua orang yang diduga melakukan praktik pungutan liar (Pungli) di kawasan Alun-Alun Gadobangkong Palabuhanratu, berhasil tertangkap basah oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi.
Alun-Alun Gadobangkong, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi17 April 2024, 22:18 WIB

Belasan Warga Sukabumi Jadi Korban Investasi Bodong Rumah Gadai, Rugi Ratusan Juta

Puluhan warga Sukabumi mendatangi Mapolres Sukabumi Kota. Mereka mengaku menjadi korban investasi bodong rumah gadai
Belasan warga korban investasi bodong rumah gadai mendatangi Mapolres Sukabumi Kota pada Rabu (17/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 April 2024, 21:00 WIB

Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah.
Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah. | (Sumber : Pixabay.com)