10 Tips Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat dan Bermakna

Rabu 25 Januari 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi kesepian. | (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi kesepian. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Kesepian bisa dirasakan oleh siapa saja, terkadang saat berada di dalam hiruk pikuk keramaian seseorang dapat mengalami kesepian. Hal tersebut tentunya dapat berpengaruh kepada kondisi kesehatan bila tidak cepat diatasi.

Kesepian bisa menyebabkan seseorang mengalami kecemasan, gangguan tidur, depresi, stres hingga terparah adalah kematian. Maka dari itu ayo bangkit dari kesepian dan buat hidupmu lebih berwarna.

Kesepian memiliki arti bahwa kamu merasa ingin mendapatkan sesuatu dari kehidupan sosial, namun kamu tidak mendapatkannya sesuai harapan. Secara tidak langsung, kamu akan merasa tidak memiliki siapa-siapa dan sepi dalam hidup kamu.

Baca Juga: Kenali 6 Bahasa Tubuh Wanita, Tanda-Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Sebagai makhluk sosial, pastinya butuh interaksi sesama manusia. Menjalin suatu hubungan dengan orang lain merupakan salah satu cara kita sebagai manusia untuk bertahan hidup.

10 Cara Mengatasi Kesepian

Mengutip Akurat.co yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara mengatasi rasa kesepian yang mengganggu kehidupan sehari-hari.

1. Berdamai dengan diri sendiri

Menurut psikolog, untuk mengatasi kesepian, kamu harus mulai dengan berdamai pada diri sendiri. Hal yang bisa kamu lakukan yaitu menerima kondisi diri sendiri, berterima kasih kepada diri sendiri, dan menghindari berbicara hal buruk tentang diri sendiri.

Baca Juga: Praktisi Hukum Sukabumi Wafat saat Melintasi Tonjong Palabuhanratu, Ini Kronologinya

Lebih baik kamu memuji diri sendiri dengan hal positif daripada menyalahkan diri sendiri ketika merasa kesepian.

2. Bersosialisasi dengan orang baru

Salah satu cara untuk bersosialisasi dengan banyak orang baru, yaitu bergabung dalam komunitas baru yang sesuai dengan ketertarikan kamu. Dengan begitu, kamu akan memiliki kelompok yang satu pikiran bahkan tujuan dalam suatu obrolan.

Menariknya lagi, kamu akan disibukkan dengan agenda yang perlu diikuti. Hilangkan rasa sepi dengan mengisi waktu yang lebih produktif lagi.

3. Membuat rencana untuk menghilangkan rasa sepi

Cara mengatasi kesepian selanjutnya, kamu bisa membuat rencana kegiatan yang bisa menghilangkan rasa kesepian itu sendiri. Seperti mulai membuat suatu perbincangan santai dengan orang tua.

Baca Juga: Heboh Botol Miras di Setda Palabuhanratu Sukabumi, Ini Respons Bupati

Terkadang, orang tua menjadi rumah untuk mendengar seluruh keluh kesahmu. Jika tidak ada yang mendengar, kamu bisa mencari kelompok di luar rumah seperti komunitas dan bisa melakukan perbincangan yang seru.

4. Memelihara binatang untuk jadi teman

Hewan peliharaan merupakan salah satu cara atasi kesepian yang cukup efektif. Hewan seperti anjing atau kucing sangat cocok untuk dijadikan teman bagi para penyendiri di rumah. Dengan memiliki hewan peliharaan, maka akan mengurangi risiko kematian dini yang sering dialami oleh orang penyendiri.

5. Mendalami kegiatan yang menjadi hobi

Menekuni hobi merupakan cara kamu untuk merasa hidup seutuhnya. Dengan melakukan kegiatan hobi, kamu akan merasa nyaman tanpa perlu berpikir tentang kesepian atau hal negatif yang ada dalam pikiran.

Baca Juga: Puasa Sunnah Rajab 2023 Dimulai 23 Januari Besok! Simak Jadwal Lengkapnya

Selain skill akan bertambah, kamu juga akan merasa lebih berguna dengan hidup. Kalau belum menemukan hobi, kamu bisa mulai bereksperimen dengan melakukan berbagai aktivitas baru.

6. Menolong orang lain yang butuh bantuan

Untuk sebagian orang, menolong seseorang dapat menjadi mood booster alami yang tumbuh. Seperti suatu kegiatan baik agar terhubung dengan orang lain.

Menolong seseorang tidaklah harus dengan uang, kamu bisa menjadi seorang sukarelawan. Peluang untuk kamu menghilangkan rasa kesepian akan teratasi dengan bertemu dan bekerja bersama orang baru.

7. Coba bertemu kembali dengan teman lama

Coba bertemu dengan teman lama merupakan salah satu cara untuk mengatasi kesepian. Rata-rata orang yang ada di masa lalu bisa menjadi tempat untuk bercerita tentang kehidupan masa kini.

Perasaan yang hilang, mungkin saja akan kembali tumbuh dan mengobati rasa kangen untuk bertemu teman lama.

8. Mendengarkan lagu kesukaan

Biasanya, untuk orang yang penyendiri, mereka akan mendengarkan lagu dalam waktu lama. Dengan mendengarkan lagu, kamu akan lebih hidup dan terhibur.

Lagu yang kamu putar akan memengaruhi mood diri sendiri, jadi sebaiknya kamu putar lagu yang menyenangkan.

9. Belajar hal baru

Belajar beberapa hal baru dapat membuat mood jauh lebih baik. Selain itu, menambah skill juga menjadi cara untuk mengasah kesehatan otak.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

Kegiatan baru menjadi cara untuk mengatasi kesepian selanjutnya. Pada awalnya, mungkin kamu akan merasa sulit untuk mulai belajar hal baru. Namun, kamu akan terbiasa dengan seiring berjalan waktu karena kamu mulai menemukan kegiatan untuk menyibukkan diri sendiri.

10. Pergi jalan-jalan

Dengan melakukan kegiatan di luar rumah seperti jalan-jalan, dapat meningkatkan suasana hati yang lebih positif. Perasaan sedih yang sudah menumpuk akan mulai reda untuk menghilangkan rasa sepi.

Kesepian bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Beberapa cara untuk mengatasi kesepian di atas bisa dilakukan dengan perlahan, jangan melakukan hal yang membebani diri sendiri.

Sumber: Akurat.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi22 Juni 2024, 00:23 WIB

Pantai Taman Pandan Ciracap Sukabumi, Lokasi Favorit untuk Ngonten

antai Taman Pandan di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kini menjadi lokasi favorit bagi kaum muda untuk membuat konten di berbagai platform.
Ceuceu, seorang pengunjung Pantai Taman Pandan saat membuat konten untuk berbagai platform | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juni 2024, 00:12 WIB

Jual Motor Hasil Curian di Medsos, Pria Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Seorang pria asal Gunungguruh berinisial RS alias Ajid (29 tahun) diamankan Unit Reskrim Parakansalak. Ajid ditangkap diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor.
Pelaku Curanmor saat ditangkap oleh Polsek Parungkuda Polres Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi Memilih21 Juni 2024, 23:39 WIB

Blak-Blakan Golkar Sebut Dukungan Ke Muraz-Andri di Pilkot Sukabumi Masih Dinamis

Ketua DPD Golkar Kota Sukabumi, Widagdo, buka suara terkait kesepakatan koalisi partainya dengan Demokrat yang secara resmi mengusung pasangan bakal calon wali kota Mohamad Muraz dan bakal calon wakil wali kota Andri Hamami
Rapat Anggota Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri 6 Parpol, yaitu Gerindra, Golkar, PDIP, PAN, PPP, dan Nasdem, Jumat (21/6/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi21 Juni 2024, 22:00 WIB

Ratusan Aktivis Desak KLHK Cabut IUP PT Wilton: Jangan Sampai Sukabumi Seperti Papua

Ratusan aktivis mahasiswa dan Pemuda Sukabumi mendesak KLHK mencabut izin usaha pertambangan (IUP) PT Wilton Wahana Indonesia.
Ratusan Aktivis Mahasiswa dan pemuda Sukabumi gelar aksi demo di depan gedung KLHK. (Sumber : Istimewa)
Sehat21 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Tanda Seseorang Mengidap Pradiabetes, Selalu Lapar dan Lelah dari Biasanya

Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.
Ilustrasi - Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.  (Sumber : Freepik/Jcomp)
Sukabumi21 Juni 2024, 20:13 WIB

Sejumlah Politisi Isi Lembaga Zakat Kahmi Sukabumi, Sodikin Didapuk Jadi Wantim

Politisi PKS Mohamad Sodikin didapuk menjadi Ketua Dewan Pertimbangan lembaga pengelolaan zakat yang dibentuk oleh Majelis Daerah Kahmi Sukabumi
Unit Pengumpul Zakat Majelis Daerah Kahmi Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat21 Juni 2024, 20:00 WIB

Rekomendasi 6 Camilan Malam Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Aman!

Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes.
Ilustrasi - Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project).
Life21 Juni 2024, 19:30 WIB

Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari

Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah saat tidur.
Ilustrasi. Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari (Sumber : Pexels/VladaKarporvich)
Nasional21 Juni 2024, 19:03 WIB

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Transformasi bisnis dan kinerja mentereng sukses membawa PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo | Foto : Ist
Sehat21 Juni 2024, 19:00 WIB

8 Kebiasaan yang Harus Berhenti Dilakukan Jika Anda Menderita Asam Lambung

Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung. (Sumber : Freepik.com)