Kenapa Seseorang Usia 20 an Akhir Lebih Rentan Merasa Kesepian?

Kamis 24 Maret 2022, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang mungkin pernah merasa kesepian dalam hidupnya dan itu merupakan hal yang wajar, mengingat manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan teman untuk berinteraksi.

Tapi, pernahkah kamu merasa kesepian padahal sedang berada di tempat ramai. Kenapa hal itu terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya? Jika kamu memiliki masalah serupa, maka simak tulisan ini ya.

Rasa sepi sering menyerang seseorang pada fase-fase tertentu salah satunya pada orang dengan usia 20 an akhir.

Menurut laman UC San Diego Health, dalam sebuah penelitian diketahui jika kesepian dapat mempengaruhi seseorang selama hidup mereka.

Baca Juga :

Penelitian yang dilakukan University of California San Diego dan diterbitkan dalam jurnal resmi dari International Psychogeriatric Association melibatkan 340 orang dewasa berusia antara 20-100 tahun, mereka diberi kuesioner yang berkaitan dengan kesepian dan kesejahteraan emosional.

Hasilnya menemukan jika ada tiga fase dalam hidup seseorang yang menunjukkan bahwa kesepian bisa menjadi masalah, yakni di usia 80-an akhir, pertengahan usia 50 dan 20-an akhir.

Para peneliti juga menemukan fakta jika puncak seseorang merasa kesepian yaitu pada usia 20-an akhir.

Penyebab Seseorang Merasa Kesepian

photo(Ilustrasi) Seseorang merasa kesepian - (Pixabay RoonZ-nl)</span

Kesepian merupakan kondisi psikologis serius yang harus menjadi perhatian, karena jika dibiarkan dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, gangguan tidur, hilang fokus dan sebagainya.

Berikut ini beberapa penyebab seseorang merasa kesepian yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tidak Punya Hubungan yang Dekat

Salah satu alasan mengapa seseorang merasa kesepian yaitu karena ia tidak memiliki hubungan yang cukup dekat dan intim dengan orang lain.

Bahkan hal tersebut bisa dialami oleh seseorang yang terlihat memiliki banyak teman. Dia mungkin saja bisa memiliki banyak teman, namun hubungan pertemanannya seperti ada jarak dan tidak merasa terhubung satu sama lain. 

2. Hidup di Masa Lalu

Terjebak di masa lalu seringkali menjadi penyebab kesepian namun jarang disadari. Hidup ‘di masa lalu’ akan menyebabkan kamu sulit terhubung dengan orang lain sehingga berisiko  meningkatkan rasa kesepian. 

3. Kurang Mengenali Diri

Kurang mengenali diri sendiri menjadi salah satu penyebab kenapa seseorang merasa kesepian.

Seringkali orang terlalu sibuk dengan kegiatannya sehingga kurang meluangkan waktu untuk mengenali hal-hal apa saja yang mampu membuatmu bahagia. 

4. Lebih Mementingkan Kuantitas Dalam Pertemanan

Hal lain yang dapat menyebabkan seseorang merasa kesepian yaitu karena ia pernah memiliki riwayat menjalin hubungan dengan mementingkan kuantitas daripada kualitas.

Seperti yang telah disinggung di atas jika kamu mungkin memiliki banyak teman, namun tidak memiliki hubungan yang cukup dekat dengan mereka.

Cara Mengatasi Kesepian

photo(Ilustrasi) Memiliki hobi bisa mengurangi kesepian - (Pixabay alexis__2 )</span

Saat merasa kesepian kamu harus berusaha untuk mengatasinya agar perasaan tersebut tidak mengganggu kesehatan mental kamu.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa kesepian menurut laman SehatQ.

1. Berolahraga

berolahraga secara rutin bisa membantu kamu mengurangi rasa kesepian. tidak perlu datang ke tempat gym, kamu bisa berolahraga di sekitar rumah seperti jogging, yoga, pilates, HIIT, atau pound fit. Lakukan olahraga apapun yang kamu sukai dan bisa membuat tubuh bergerak. 

2. Miliki Hewan Peliharaan

Punya hewan peliharaan adalah cara lain untuk menghindari rasa kesepian. Tidak perlu memelihara hewan dengan perawatan yang membutuhkan biaya tinggi. Kamu bisa pelihara kucing, ikan, kelinci, burung atau apapun yang dapat menghibur kamu.

3. Ikuti Kegiatan Sukarela

Menjadi sukarelawan adalah cara melawan kesepian sekaligus dapat membantu orang lain. Penghargaan dari orang lain akan mampu membuat kamu  merasa dihargai dan diinginkan.

Selain itu, kamu juga akan bersosialisasi dengan orang lain sehingga menghindarkan diri dari rasa sepi. Kamu bisa bergabung menjadi sukarelawan di penampungan hewan, panti asuhan, panti jompo dan sebagainya.

4. Miliki Hobi

Sudah lama jika hobi dinilai mampu membuat hidup lebih menyenangkan. Bahkan hanya dengan hobi sederhana, seperti membaca buku, mendengarkan musik, bermain alat musik, memasak, berkebun, atau membuat kerajinan akan sangat bermanfaat melawan kesepian.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 23:49 WIB

8 Fakta di Balik Misteri Penemuan Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di sebuah kebun di belakang Perumahan Nadira, Kampung Cioray, Sukabumi, pada Senin (24/6/2024) telah menghebohkan warga setempat.
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat24 Juni 2024, 22:34 WIB

Terbukti Curang, Disdik Jabar Coret 199 Siswa dari PPDB SMA/SMK 2024

Dinas Pendidikan Jawa Barat membatalkan 168 siswa atau calon peserta didik setelah pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMA 2024
Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi24 Juni 2024, 22:12 WIB

Peninggalan Bersejarah: Pos Security Zaman Belanda di Surade Sukabumi Masih Kokoh

Bangunan bersejarah dari masa penjajahan Belanda masih tegak kokoh di tepi Sungai Cikarang, berbatasan antara Desa Pasiripis Kecamatan Surade
Peninggalan zaman Belanda berupa bangunan yang dahulunya merupakan pos security | Foto : Ragil Gilang
Keuangan24 Juni 2024, 21:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya.
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan | Foto : Pixabay
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari