Kenapa Seseorang Usia 20 an Akhir Lebih Rentan Merasa Kesepian?

Kamis 24 Maret 2022, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang mungkin pernah merasa kesepian dalam hidupnya dan itu merupakan hal yang wajar, mengingat manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan teman untuk berinteraksi.

Tapi, pernahkah kamu merasa kesepian padahal sedang berada di tempat ramai. Kenapa hal itu terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya? Jika kamu memiliki masalah serupa, maka simak tulisan ini ya.

Rasa sepi sering menyerang seseorang pada fase-fase tertentu salah satunya pada orang dengan usia 20 an akhir.

Menurut laman UC San Diego Health, dalam sebuah penelitian diketahui jika kesepian dapat mempengaruhi seseorang selama hidup mereka.

Baca Juga :

Penelitian yang dilakukan University of California San Diego dan diterbitkan dalam jurnal resmi dari International Psychogeriatric Association melibatkan 340 orang dewasa berusia antara 20-100 tahun, mereka diberi kuesioner yang berkaitan dengan kesepian dan kesejahteraan emosional.

Hasilnya menemukan jika ada tiga fase dalam hidup seseorang yang menunjukkan bahwa kesepian bisa menjadi masalah, yakni di usia 80-an akhir, pertengahan usia 50 dan 20-an akhir.

Para peneliti juga menemukan fakta jika puncak seseorang merasa kesepian yaitu pada usia 20-an akhir.

Penyebab Seseorang Merasa Kesepian

photo(Ilustrasi) Seseorang merasa kesepian - (Pixabay RoonZ-nl)</span

Kesepian merupakan kondisi psikologis serius yang harus menjadi perhatian, karena jika dibiarkan dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, gangguan tidur, hilang fokus dan sebagainya.

Berikut ini beberapa penyebab seseorang merasa kesepian yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tidak Punya Hubungan yang Dekat

Salah satu alasan mengapa seseorang merasa kesepian yaitu karena ia tidak memiliki hubungan yang cukup dekat dan intim dengan orang lain.

Bahkan hal tersebut bisa dialami oleh seseorang yang terlihat memiliki banyak teman. Dia mungkin saja bisa memiliki banyak teman, namun hubungan pertemanannya seperti ada jarak dan tidak merasa terhubung satu sama lain. 

2. Hidup di Masa Lalu

Terjebak di masa lalu seringkali menjadi penyebab kesepian namun jarang disadari. Hidup ‘di masa lalu’ akan menyebabkan kamu sulit terhubung dengan orang lain sehingga berisiko  meningkatkan rasa kesepian. 

3. Kurang Mengenali Diri

Kurang mengenali diri sendiri menjadi salah satu penyebab kenapa seseorang merasa kesepian.

Seringkali orang terlalu sibuk dengan kegiatannya sehingga kurang meluangkan waktu untuk mengenali hal-hal apa saja yang mampu membuatmu bahagia. 

4. Lebih Mementingkan Kuantitas Dalam Pertemanan

Hal lain yang dapat menyebabkan seseorang merasa kesepian yaitu karena ia pernah memiliki riwayat menjalin hubungan dengan mementingkan kuantitas daripada kualitas.

Seperti yang telah disinggung di atas jika kamu mungkin memiliki banyak teman, namun tidak memiliki hubungan yang cukup dekat dengan mereka.

Cara Mengatasi Kesepian

photo(Ilustrasi) Memiliki hobi bisa mengurangi kesepian - (Pixabay alexis__2 )</span

Saat merasa kesepian kamu harus berusaha untuk mengatasinya agar perasaan tersebut tidak mengganggu kesehatan mental kamu.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa kesepian menurut laman SehatQ.

1. Berolahraga

berolahraga secara rutin bisa membantu kamu mengurangi rasa kesepian. tidak perlu datang ke tempat gym, kamu bisa berolahraga di sekitar rumah seperti jogging, yoga, pilates, HIIT, atau pound fit. Lakukan olahraga apapun yang kamu sukai dan bisa membuat tubuh bergerak. 

2. Miliki Hewan Peliharaan

Punya hewan peliharaan adalah cara lain untuk menghindari rasa kesepian. Tidak perlu memelihara hewan dengan perawatan yang membutuhkan biaya tinggi. Kamu bisa pelihara kucing, ikan, kelinci, burung atau apapun yang dapat menghibur kamu.

3. Ikuti Kegiatan Sukarela

Menjadi sukarelawan adalah cara melawan kesepian sekaligus dapat membantu orang lain. Penghargaan dari orang lain akan mampu membuat kamu  merasa dihargai dan diinginkan.

Selain itu, kamu juga akan bersosialisasi dengan orang lain sehingga menghindarkan diri dari rasa sepi. Kamu bisa bergabung menjadi sukarelawan di penampungan hewan, panti asuhan, panti jompo dan sebagainya.

4. Miliki Hobi

Sudah lama jika hobi dinilai mampu membuat hidup lebih menyenangkan. Bahkan hanya dengan hobi sederhana, seperti membaca buku, mendengarkan musik, bermain alat musik, memasak, berkebun, atau membuat kerajinan akan sangat bermanfaat melawan kesepian.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer