Kamu Wajib Tahu! Ini 6 Manfaat Mandi dengan Air Dingin di Pagi Hari

Senin 26 Desember 2022, 05:45 WIB
Ilustrasi mandi pagi hari. | (Sumber : Foto: Freepik.com).

Ilustrasi mandi pagi hari. | (Sumber : Foto: Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Mandi adalah salah satu aktivitas manusia untuk membersihkan diri dari kotoran yang menempel di badan. Akan tetapi, mandi dengan air dingin di pagi hari membuat sebagian orang enggan melakukannya.

Sudah udara terasa dingin, harus mandi air dingin pula, kerap kali membuat sebagian orang berat untuk melakukannya. Tetapi dilansir dari medicaldaily, justru mandi air dingin di pagi hari memiliki banyak manfaat yang luar biasa lho.

Dikutip dari Akurat.co, berikut sederet manfaat mandi dengan air dingin di pagi hari:

Memurnikan Rambut dan Kulit

Ketika membicarakan rambut dan kulit, salah satu cara alami untuk menjaga tampilannya adalah dengan mandi dingin. Air panas memiliki kecenderungan untuk mengeringkan kulit, jadi sebaiknya gunakan air dingin untuk mengencangkan kutikula rambut dan pori-pori Anda, yang akan mencegah penyumbatan.

Baca Juga: 6 Manfaat Mandi Air Dingin Setiap Pagi, Bisa Kurangi Resiko Depresi?

Jessica Krant, yang berprofesi sebagai dokter kulit, mengatakan kepada The Huffington Post bahwa air dingin dapat membantu kulit mencegah kehilangan minyak alami yang sehat terlalu cepat. Mandi air dingin juga dapat membuat rambut tampak lebih bersinar, lebih kuat, dan lebih sehat dengan meratakan folikel rambut.

Meningkatkan Imunitas dan Sirkulasi Darah

Air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan cara mendorong darah mengelilingi organ-organ, yang kemudian dapat membantu mengatasi beberapa masalah kulit dan jantung.

Ketika air dingin meyentuh tubuh, kemampuan untuk mendapatkan darah yang bersirkulasi menyebabkan arteri untuk memompa darah secara lebih efisien, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan, menurut Dr. Joseph Mercola, seorang ahli kesehatan alami.

Baca Juga: Keseringan Mandi Air Dingin Bisa Sebabkan Serangan Jantung? Simak Penjelasannya

Itu juga dapat menurunkan tekanan darah, membersihkan arteri yang tersumbat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menstimulasi Penurunan Berat Badan

Mandi dingin dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang tidak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis jaringan lemak, lemak putih dan lemak coklat.

Lemak putih terakumulasi ketika kita mengonsumsi lebih banyak kalori dari pada yang dibutuhkan oleh tubuh, dan kita tidak membakar kalori ini menjadi energi. Lemak tubuh ini menumpuk di pinggang, punggung bawah, leher, dan paha, dan merupakan salah satu yang kita semua berjuang untuk menghilangkan.

Lemak coklat adalah lemak yang baik, yang menghasilkan panas untuk menjaga tubuh kita hangat, dan diaktifkan ketika terkena dingin ekstrim, menurut Joslin Diabetes Center, afiliasi Harvard Medical School.

Baca Juga: Manfaat Mandi Air Dingin Setiap Pagi

Dengan demikian, air dingin dapat meningkatkan aktivitas lemak coklat. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa paparan suhu dingin yang ekstrim mengaktifkan lemak coklat dengan peningkatan 15 kali lipat, adapun orang-orang yang memiliki jumlah lemak cokelat lebih tinggi maka memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Mempercepat Pemulihan Nyeri Otot

Sebuah studi tahun 2009 menganalisis 17 percobaan yang melibatkan lebih dari 360 orang yang beristirahat atau membenamkan diri dalam air dingin setelah olahraga, bersepeda, atau berlari.

Ditemukan bahwa mandi air dingin selama 24 menit efektif dalam meredakan nyeri otot satu hingga empat hari setelah latihan dengan suhu air 50 hingga 59 derajat Fahrenheit, atau 10 hingga 15 derajat Celcius. Namun, beberapa penelitian melibatkan suhu yang lebih dingin.

Meredakan Stres

Melompat ke kamar mandi tanpa membiarkannya panas, atau pergi ke laut tanpa perlahan-lahan menyesuaikan diri dengannya, dapat membantu mempromosikan pengerasan, meningkatkan toleransi terhadap stres, dan bahkan penyakit.

Sebuah studi tahun 1994 menemukan penurunan drastis kadar asam urat selama dan setelah terpapar dengan stimulus dingin. Ada juga peningkatan gluthathione, antioksidan yang membuat semua antioksidan lain berkinerja pada tingkat optimalnya.

Baca Juga: 4 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari, Bikin Semangat dan Tingkatkan Kekebalan

Para peserta, yang terdiri dari 10 orang sehat yang berenang secara teratur di air dingin selama musim dingin, beradaptasi dengan stres oksidatif berulang.

Meredakan Depresi

Mandi air dingin di pagi hari dapat meningkatkan toleransi tubuh akan stres dan beragam penyakit. Saat air dingin membasahi tubuh, semacam antioksidan bernama gluthatione akan mengajak antioksidan lain bekerja secara maksimal dan tubuh akan tahan banting dari stres dan tekanan lain.

Pancuran air dingin telah ditunjukkan untuk meredakan gejala depresi karena dampak intens dari reseptor air dingin di kulit, yang mengirim sejumlah besar impuls seperti listrik dari ujung saraf perifer menuju ke otak.

Baca Juga: Keuntungan Mandi Air Dingin dan Hangat setelah Olahraga

Dengan demikian, dapat menghasilkan efek antidepresan, dan meningkatkan suasana hati. Sebuah studi 2008 menemukan bahwa hidroterapi dingin memiliki efek analgesik, dan tidak memiliki efek samping yang nyata atau menyebabkan ketergantungan

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Sehat

Manfaat Mandi Air Dingin Setiap Pagi

Jumat 18 Februari 2022, 06:00 WIB
Manfaat Mandi Air Dingin Setiap Pagi
Berita Terkini
Life23 April 2024, 15:30 WIB

Wajib Catat! Ini 5 Penyebab Pasangan Tidak Menghargaimu

Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum mengapa seseorang merasa tidak dihargai oleh pasangannya, dari kurangnya komunikasi yang efektif hingga ketidaksesuaian harapan.
Ilustrasi. Pasangan. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77
Keuangan23 April 2024, 15:14 WIB

Cara Mudah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Bisa Offline atau Online

Peserta dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan untuk JHT yang sudah dibayarkan.
Tampilan aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: Istimewa
Internasional23 April 2024, 15:10 WIB

2 Helikopter Militer Malaysia Tabrakan di Udara Saat Latihan, 10 Orang Tewas

Dua helikopter militer Malaysia bertabrakan dan jatuh saat sesi pelatihan pada hari Selasa, 23 April 2024.
2 Helikopter Malaysia tabrakan di udara saat sesi latihan | Foto : Ist
Sukabumi23 April 2024, 15:04 WIB

One Agency One Innovation, Bupati Sukabumi Bicara Memperkuat Kebijakan Daerah

Bupati Sukabumi Marwan Hamami meminta setiap perangkat daerah dan kecamatan membuat satu program inovasi di setiap tahunnya.
Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 13 Tahun 2024 Tentang Tata Kelola Inovasi Daerah Tahun 2024, Selasa (23/4/2024) di Aula Hotel Augusta Cikukulu. (Sumber : dokpim kabupaten sukabumi)
Inspirasi23 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Freelance Administrator, Minimal SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, silahkan daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Freelance Administrator, Minimal SMK. (Sumber : Freepik)
Sukabumi23 April 2024, 14:45 WIB

Ada 8 Kali Sambaran Petir, Saat Insiden 2 Warga Tewas Tersambar di Cikembar Sukabumi

BMKG memetakan ada delapan kali sambaran petir di Sukabumi, tepatnya di sekitar jalan raya di Kampung Cimenteng RT 003/05 Desa Sukamulya Kecamatan Cikembar, pada Ahad lalu, 21 April 2024.
Ilustrasi sambaran petir saat terjadi insiden 2 Warga Sukabumi tewas tersambar di Cikembar Sukabumi. | Foto: Freepik.com/wirestock
Life23 April 2024, 14:30 WIB

5 Penyebab Seseorang Menaruh Rasa Iri, Ada Perbandingan Sosial

Artikel ini akan mengeksplorasi beberapa penyebab umum dari perasaan iri dan cara-cara untuk mengatasinya.
Ilustrasi. Tatapan mata seseorang yang iri. Sumber Foto : Pixabay/galery21
Sukabumi23 April 2024, 14:16 WIB

10 Tahun Alami Kebutaan, Titin Hidup Sebatang Kara Huni Rumah Reyot di Surade Sukabumi

Kehidupan Titin sangat memperihatinkan, hidup sebatang kara dan mengalami kebutaan. Titin sudah hampir 10 tahun tak bisa melihat.
Titin (56 tahun), dan kondisi rumahnya yang sudah lapuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi23 April 2024, 14:09 WIB

Ada di Utara Sukabumi, Kapolres Soal Potensi Terorisme yang Harus Diwaspadai

Polres Sukabumi telah beberapa kali melakukan penangkapan terduga teroris.
Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Aplikasi23 April 2024, 14:00 WIB

Cara Perpanjang SIM Secara Online: Begini Tata Cara, Syarat dan Biayanya

Memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemilik SIM yang masa berlakunya telah habis.
Ilustrasi. Memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemilik SIM yang masa berlakunya telah habis. | Foto: Istimewa