TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Mahasiswa Nusa Putra Prodi PGSD Sosialisasi Pengenalan X-Brain di SLB

Kegiatan yang diselenggarakan Mahasiswa Nusa Putra Prodi PGSD itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik pada peserta didik.

Penulis
Rabu 30 Nov 2022, 11:39 WIB

Mahasiswa Prodi PGSD Universitas Nusa Putra melakukan kegiatan sosialisasi pengenalan X-brain pada siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) PGRI Cisaat, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nusa Putra melakukan kegiatan sosialisasi pengenalan X-brain pada siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) PGRI Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 21 hingga 24 November 2022 itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik pada peserta didik.

Kegiatan ini diawali sambutan dari Kepala Sekolah SLB PGRI Cisaat Sudinta Gandhi kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dan pemaparan tentang penanganan anak berkebutuhan khusus oleh perwakilan guru SLB Cisaat Mey Muthiasari Dewi dan dosen Pendamping dari Prodi PGSD yakni Teofilus Ardian Hopeman.

Baca Juga: Mahasiswa PGSD Nusa Putra Bangun Potensi melalui Character Building

Selanjutnya para mahasiswa dilibatkan langsung dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yang dimana setiap mahasiswa diberikan tanggung jawab untuk mengawasi satu peserta didik dan memperhatikan bagaimana proses pembelajaran dan cara penanganan ABK tersebut secara langsung oleh guru-guru pendamping di sana.

Kegiatan tersebut bukan hanya sebagai ajang mahasiswa untuk melakukan
observasi dan pendampingan, akan tetapi mereka juga turut membantu dan ikut serta dalam proses pembelajaran di dalam kelas.

Wali kelas 5 Astri Sulastri mengatakan, banyak sekali tantangan saat berhadapan dengan anak anak yang luar biasa.

Baca Juga: Kembali Beri Bantuan Korban Gempa Cianjur, Universitas Nusa Putra Gandeng PII Pusat

Menurut dia, tidak cukup 1 atau 2 bulan untuk bisa memahami anak-anak tersebut. “Kita perlu waktu untuk terus belajar bagaimana sikap mereka, sosial mereka dan sampai mereka mau menerima kita disini. Untuk mencapai tujuan dari proses pembelajaran yang diselenggarakan, maka diperlukan peran orang tua untuk bekerja sama dengan guru terkait pencapaian pembelajaran peserta didik,” ujarnya.

Adapun untuk meningkatkan kemampuan para orang tua baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan, ataupun pendidikan anak luar biasa maka SLB PGRI Cisaat selalu menyelenggarakan kegiatan parenting dalam kurun waktu satu minggu hingga satu bulan sekali bersama guru dan kepala sekolah.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x