Mahasiswa PGSD Nusa Putra Bangun Potensi melalui Character Building

Senin 28 November 2022, 16:04 WIB
Sebanyak 102 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nusa Putra penerima beasiswa.

Sebanyak 102 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nusa Putra penerima beasiswa.

SUKABUMIUPDATE.com - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nusa Putra menyelenggarakan Character Building yang bertempat di Bumi Mandiri Center, JL Kadudampit KM. 6, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Character Building dilatarbelakangi potensi besar yang dimiliki mahasiswa/i penerima beasiswa untuk dikembangkan. Kegiatan ini dipersiapkan sebagai wadah untuk mengembangkan potensi mahasiswa/i agar dapat menjadikan manusia yang berkualitas.

Sebanyak 102 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nusa Putra penerima beasiswa. Adapun beasiswa yang diantaranya yaitu Program Beasiswa Bupati Sukabumi, Program Beasiswa Wali Kota Sukabumi, Beasiswa Atlet, Beasiswa Santri, Beasiswa Tahfidz Quran, Beasiswa Pluralisme Non Muslim, Beasiswa Difabel, Beasiswa Seniman, Beasiswa Juara Olimpiade, Beasiswa ketua OSIS, Beasiswa Indonesia Timur, dan Beasiswa Afirmasi Non Jawa Barat yang mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan Character Building tersebut dibuka oleh wakil rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama yang diwakilkan oleh Gia Yosep Gunawan, S.T. Kegiatan bertema "Find Your Identity Being a Golden Generation", punya makna agar para mahasiswa/i penerima beasiswa tersebut di atas memiliki identitas yang berkarakter untuk menyiapkan dirinya sebagai generasi emas.

Ketua pelaksana, Pariz Alparuq mengatakan sebagai seorang calon pendidik maka mahasiswa/i harus memiliki sikap integritas, tanggung jawab serta sikap lainnya yang mencerminkan pancasila sebagai pedoman mereka dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan rasa syukur para mahasiswa/i penerima beasiswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa,” jelasnya dalam keterangan pers yang diterima sukabumiupdate.com, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Mengenal Telemedicine, Ganas Nusa Putra Sukabumi Bicara Pentingnya Vaksinasi

Materi dalam kegiatan ini meliputi latihan kepemimpinan (Leadership), kerja sama tim (Teamwork), toleransi (Tolerance) dan juga diiringi oleh permainan-permainan yang mendukung materi yang ada.

Teofilus Ardian Hopeman, S.Pd., M.Pd yang menjadi pemateri pertama dalam kegiatan ini menyampaikan tentang konsep kepemimpinan Nabi Daud Álaihissalam dan Jalut (Goliath).

Kisah yang menggambarkan Nabi Daud Álaihissalam sebagai sosok yang pemberani, bertanggung jawab, taat dan rela berkorban. Sedangkan,Jalut (Goliath) merupakan sosok pemimpin yang arogan, serta memandang rendah orang lain. Meski memiliki tubuh yang tegap dan tinggi, dalam peperangan Jalut (Goliath) berhasil dikalahkan oleh Nabi Daud Álaihissalam yang ukuran badannya pun tampak seperti orang normal pada umumnya.

Berdasarkan kisah tersebut dapat diambil sebuah pembelajaran tentang
kepemimpinan Nabi Daud Álaihissalam yakni mau belajar dan juga rendah diri. Adapun awal dari kejatuhan seorang pemimpin yaitu harta, tahta, dan pasangan.

“Sebagai seorang pemimpin, kita juga harus mempelajari tiga kata penting dalam kehidupan yaitu tolong, maaf, dan terima kasih. Pemateri menutup sesi kepemimpinan tersebut dengan pernyataan “seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau belajar, memiliki skala prioritas, adanya komunikasi, dan juga taat,” ungkap Teofilus Ardian Hopeman.

Selanjutnya materi yang kedua, Dhea Adela, S.Pd., M.Pd. dan Fitria Nurulaeni, S.Pd., M.Pd. menyampaikan materi tentang materi kerja sama (Teamwork). Dimana hal ini adalah kunci dari organisasi untuk mencapai tujuan.

Baca Juga: How To Be Auditor Gaet 1000 Peserta, Webinar Mahasiswa Akuntansi Nusa Putra

“Tidak dipungkiri, akan selalu ada tantangan dan rintangan dalam menjalin kerjasama. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa setiap individu sangat membutuhkan kehadiran orang lain untuk menumbuhkan nilai-nilai persatuan serta kerukunan, itulah alasan mengapa kita hidup berkelompok,” ungkap Dhea.

"Dengan kerja sama, insyaallah pekerjaan seberat apapun akan terasa lebih ringan. Sehingga, pencapaian tujuan dari pada organisasi tersebut dapat selesai dengan baik dan cepat" lanjut Fitria yang menegaskan bahwa komunikasi yang baik menjadi penting bagi kerjasama tim.

Materi terakhir yaitu toleransi disampaikan oleh Joko Suprapmanto, M.Pd. dan
Utomo S.Pd., M.M. Materi ini dibuka dengan sebuah cerita menarik antara Beki (seekor bebek) dan Coki (seekor ayam), dimana Beki tidak dapat berjalan di jalan yang berbatu.

Ini karena pada sela jari kaki Beki terdapat selaput yang dia gunakan untuk berenang. Sedangkan Coki, tidak bisa berenang seperti Beki karena pada sela jari kaki Coki tidak terdapat selaput seperti yang dimiliki Beki.

Nilai yang dapat kita ambil yaitu menghargai perbedaan. Berdasarkan kesimpulan cerita di atas, Joko mengatakan toleransi berarti menghargai keberagaman/perbedaan yang ada di sekitar kita.

”Sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang istimewa. Keistimewaan yang dimiliki Indonesia terdiri keberagaman suku, bahasa, budaya dan agama,” tegasnya.

Baca Juga: Lembah Cai Karya Mahasiswa Universitas Nusa Putra Lolos ke Pentas Nasional

Hal ini didukung dengan penguatan yang disampaikan oleh Utomo yaitu sebagai mahasiswa/i yang dipersiapkan sebagai calon pendidik harus dapat memahami nilai-nilai sikap yang menjadi poin utama pada Profil Pelajar Pancasila.

Pada akhir pemaparannya sebagai seorang pendidik maka harus memiliki sikap beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

Sumber: PGSD Universitas Nusa Putra (advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Keuangan25 April 2024, 08:21 WIB

Daftar Lengkap 537 Pinjol Ilegal Terbaru yang Diblokir Satgas Pasti

Satgas Pasti mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.
(Foto Ilustrasi) Satgas Pasti memblokir 537 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. | Foto: Istimewa
Sehat25 April 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

Berikut Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat. Yuk Coba Konsumsi!
Ilustrasi. Minyak Zaitun. Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat (Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang