Anak-anak di Kampung Gumelar Palabuhanratu Sukabumi Diajari Membaca

Senin 18 Januari 2021, 00:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan anak anak Kampung Gumelar, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi diajari membaca oleh para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Berdikari Gumelar.

Sekertaris umum Karang Taruna Berdikari, Deni Ambarin mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan lantaran masih banyak anak-anak Kampung Gumelar yang belum bisa membaca atau buta huruf.

"Ini kegiatan sosial sebagi upaya pemberantasan buta huruf. Di tengah pandemi Covid-19, serta ketidakefektifan sekolah saat ini yang masih daring menjadi kendala juga anak-anak belajar. Untuk itu kami Karang Taruna Berdikari Gumelar berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan sosial berupa giat baca sebagai upaya pemberantasan buta huruf," ujar Deni, Minggu (17/1/2021).

BACA JUGA: Merasa Terpanggil, Remaja Masjid Gumelar Palabuhanratu Bagikan Takjil

"Kegiatan ini sebagai bentuk peduli terhadap sesama, sekaligus dalam upaya membentuk karakter sosial kepada seluruh pemuda Karang Taruna," sambungnya.

Sementara itu, Bidang Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Karang Taruna Berdikari, Candra Agistian menambahkan, sedikitnya 40 orang anak selalu hadir dan mengikuti kegiatan tersebut.

"Jadi ini rutin dilaksanakan Sabtu dan Minggu setiap pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, di salah satu rumah warga sini," imbuhnya.

Masih kata Candra, kegiatan tersebut terlaksana berkat kerja sama semua pihak, terutama dengan pemilik rumah yang sukarela dijadikan lokasi tempat belajar membaca, serta dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi yang memfasilitasi buku bacaan untuk anak anak.

BACA JUGA: Karang Taruna Palabuhanratu Kirim Bantuan ke Lokasi Banjir Bandang Cicurug

"Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk anak-anak yang masih belum bisa membaca. Mudah-mudahan ini bisa berkembang dan Karang Taruna Berdikari Gumelar dapat menjadi barometer karang taruna yang ada di Kabupaten Sukabumi, khususnya Palabuhanratu," terangnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).