Pemprov Sumsel dan Tim Ahli Anak Perusahaan PT Bukit Asam Kunjungi Pabrik Pupuk Futura

Selasa 24 November 2020, 09:34 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Pemprov Sumatera Selatan melakukan agenda kunjungan dan study banding kepada petani yang telah aplikasi pupuk batu bara Saputra FUTURA bertempat di kantor BPP Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, Senin (24/11/2020). 

Dalam kunjungan ini Tim Pemprov Sumsel diwakili Repi Alrahmad Selaku TGUPP Bidang Pertanian, Dr. Atekan selaku Kepala Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian Provinsi Sumsel, Dr. Ir. H.R Bambang Pramono, M.Si Selaku Sekertaris dinas Pertanian TPH Sumsel dan Ir. Ilfantara, MM Selaku Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian TPH Sumsel datang untuk bertemu dan berdiskusi bersama.

BACA JUGA: Tim FKDB Bursatani Terus Sosialisasikan Pupuk Batubara Futura ke BPP Sukabumi

Mereka berdiskusi dengan para petani dari kelompok tani Cikuning Kecamata Jayakerta selaku pengguna teknologi pupuk batubara Saputra FUTURA. Petani menyampaikan bahwa mengalami peningkatan produktivitas hasil panen setelah 1 - 2 kali mengaplikasikan teknologi Tersebut. 

Acara berlangsung dengan lancar dan para petani menyampaikan sesuai real hasil pengalamannya menggunakan pupuk FUTURA, salah satunya disampaikan sebelumnya produksi rata rata 7,5 - 8 ton GKP per Hektar meningkat menjadi rata rata produksi 9,5 - 10 ton per hektar yang tentunya hasil ini atas  pendampingan yang dilakukan oleh pihak dari Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Jayakerta.

BACA JUGA: Ditjen Kemendag Tinjau Pabrik Pupuk Batubara Futura Milik FKDB di Sukabumi

Pada kesempatan pertemuan ini hadir diwakili oleh Trisna selaku koordinator BPP Kacamatan Jayakerta dan  Efki, selaku petugas PPL harian yang membina kelompok tani Cikuning. 

Selanjutnya tim Pemprov sumsel melanjutkan agenda kerja berkunjung ke pabrik pupuk batu bara FUTURA di komplek sentra industri sukabumi atau sentris Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada hari selasa 24 November 2020 bersama tim ahli dari Universitas Sriwijaya yang merupakan perwakilan dari PT Bumi Sawindo Permai (PT BSP) dan PT Bukit Multi Investama (PT BMI) anak perusahaan dari PT Bukit Asam,Tbk yang telah melakukan survey kunjungan pabrik sebelumnya.

BACA JUGA: Direksi Anak Perusahaan PT Bukit Asam Tbk Berkunjung ke Pabrik Futura Sukabumi

Dalam kunjungannya ke pabrik pupuk batu bara FUTURA, pihak tim Sumsel dijelaskan mekanisme dan proses produksi pupuk batu bara FUTURA dan untuk tim Ahli dari Universitas Sriwijaya memastikan dan meninjau setiap proses serta berbagai fasilitas produksi dan produk yang sudah diolah menjadi pupuknya. 

Pihak Pemprov Sumatera Selatan dan tim ahli dari perwakilan anak perusahaan PT Bukit Asam Tbk dalam kunjungannya ke pabrik FUTURA dengan seksama meninjau bagaimana mekanisme dan kapasitas produksi FUTURA dalam rangka finalisasi untuk pendirian pabrik batu bara di wilayah Sumatera Selatan.

BACA JUGA: PT Talenta Bumi Kunjungi Pabrik Pupuk Batu Bara Futura di Cisaat Sukabumi

Melihat kondisi pabrik FUTURA dan penjelasan yang disampaikan cukup puas dan merespon positif serta akan segera membuat kajian dan rancangan pabrik pupuk Batu bara Saputra FUTURA untuk wilayah Sumatera Selatan.

Sementara itu ditempat terpisah Ketua Umum FKDB H. Ayep Zaki menerangkan bahwa kunjungan ini dari Pihak Pemprov Sumatera Selatan dan Anak perusahaan dari PT Bukit Asam telah menunjukan bahwa semua pihak telah siap mendukung pengembangan Pupuk batu bara Saputra FUTURA.

"Pupuk Batu bara FUTURA merupakan pupuk masa depan hasil inovasi anak negeri sehingga semua pihak harus turut serta dalam mengoptimalkan pengembangan teknologi baru ini agar Indonesia menjadi terdepan dalam bidang pertanian dan dengan teknologi ini peningkatan produktivitas hasil panen petani dapat menunjang ketahanan pangan nasional," jelasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life30 April 2024, 14:42 WIB

Jangan Bingung, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Anak Sampai ke Sekolah Tepat Waktu

Pergi ke sekolah merupakan kewajiban anak-anak, dan mereka harus datang ke sana tepat waktu. Jika sulit, ada beberapa tips agar anak sampai ke sekolah tepat waktu.
Ilustrasi anak pergi ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStock Project
Bola30 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming PSS Sleman vs Persib Bandung: Menang Atau Terdegradasi!

Laga pamungkas reguler series ini menjadi penentuan bagi tim PSS Sleman yang akan menghadapi Persib Bandung.
Laga pamungkas reguler series ini menjadi penentuan bagi tim PSS Sleman yang akan menghadapi Persib Bandung. (Sumber : Instagram/@manahan.solo/Ist).
Inspirasi30 April 2024, 14:00 WIB

7 Mindset Bisnis ala Orang Jepang yang Bikin Cepat Kaya, Ini Rahasianya!

Orang Jepang memiliki mindset bisnis yang ampuh dalam membangun usahanya. Tak ayal mereka tergolong bangsa yang luar biasa dalam hal bisnis.
Ilustrasi. Mindset bisnis orang Jepang. Sumber Foto : Pexels/ cottonbro studio
Life30 April 2024, 13:30 WIB

Ketahui 6 Penyebab Kenapa Anak Sering Melawan pada Orang Tua, Yuk Evaluasi Diri!

Anak yang sering melawan kepada orang tua tentu lantaran beberapa penyebab di masa lalunya. Ini harus dipahami oleh orang tua dalam mendidik.
Ilustrasi. Penyebab anak sering melawan orang tua. Sumber foto : Pexels/Mikhail Nilov
Life30 April 2024, 13:26 WIB

Lakukan Setiap Hari, 7 Cara Mengembangkan Keterampilan Bahasa Anak Sebelum Sekolah

Anda berharap anak Anda percaya diri, bahagia dan tenang di sekolah. Anda ingin mereka berteman, bergaul dengan guru, dan bersenang-senang sambil belajar.
Ilustrasi mengembangkan keterampilan anak. | Foto: Pexels.com/@Artem Podrez
Bola30 April 2024, 13:00 WIB

Tersingkir dari Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Masih Ada Asa Lolos ke Olimpiade 2024

Indonesia masih ada peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024.
Indonesia masih ada peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life30 April 2024, 12:30 WIB

6 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 40 Tahun

Beberapa hal seharusnya menjadi perhatian semua orang sebelum memasuki umur 40 tahun, karena penting untuk masa sampai hari tua.
Ilustrasi. Traveling. Hal yang harus dilakukan sebelum berumur 40 tahun. Sumber foto : Pexels/Mikhail Nilov
Bola30 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi PSS Sleman vs Persib Bandung: Laga Pamungkas Liga 1 Reguler Series!

Persib Bandung hari ini akan memainkan laga pamungkas Liga 1 2023/2024, Reguler Series.
Persib Bandung hari ini akan memainkan laga pamungkas Liga 1 2023/2024, Reguler Series. (Sumber : X@persib/@PSSleman).
Sukabumi30 April 2024, 11:37 WIB

Satu Tewas, Kronologi Kecelakaan Maut Truk Tabrak Mobil di Palabuhanratu Sukabumi

Truk menabrak mobil pick-up nomor polisi F 8677 VC yang terparkir di kiri jalan.
Kondisi mobil pick-up yang terlibat kecelakaan maut di Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (30/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat30 April 2024, 11:30 WIB

Pikiran Jadi Tenang, Ini 5 Buah-buahan yang Bisa Meredakan Stres dan Cemas

Meredakan stres dan cemas sesungguhnya bisa diredakan dengan mengonsumsi sejumlah buah-buahan yang sangat recomendeed menurut medis.
Ilustrasi. Buah-buahan yang meredakan stres dan cemas. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio