Baznas, ZCD dan PMI Kota Sukabumi Bentuk Kampung Tanggap Bencana Corona

Senin 30 Maret 2020, 06:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Amin Zakat Nasional (Baznas) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, berkolaborasi melakukan berbagai upaya mengantisipasi dan memutus penyebaran covid-19 atau virus corona di Sukabumi. Diantaranya, yaitu dengan menyemprotkan cairan disinfektan dan membentuk kampung tanggap bencana corona. 

BACA JUGA: Tetapkan Besaran Zakat Fitrah, Baznas Kota Sukabumi Ajak Masyarakat Salurkan Melalui UPZ

Kepala Pelaksana Baznas Kota Sukabumi, Yoga Permana, mengatakan sejak covid-19 ini merebak di Indonesia. Baznas bersama PMI menjalin kerjasama dengan membentuk tim untuk menanggulangi Pandemi Covid-19.

"Tim ini terjun langsung ke masyarakat mengedukasi dan melakukan penyemprotan ke pemukiman, sarana ibadah, public area, dan transpormasi umum," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (30/3/2020). 

Tim Baznas, PMI, Kepolisian dan Pemerintahan di Kecamatan Baros, foto bersama sebelum melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kampung tanggap bencana corona Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.//FOTO: ISTIMEWA.

Untuk penyemprotan disinfektan, sambung Yoga, personil Baznas Kota Sukabumi menyesuaikan dengan jadwal dari PMI. "Jadi, setiap PMI melakukan penyemprotan Baznas ikut serta membantu tugas mereka," kata Yoga.

Selain itu, Baznas Kota Sukabumi juga bekerjasama dengan Zakat Comunity Devlopment (ZCD) Jayamekar Baznas RI, dengan mendirikan kampung tanggap bencana corona. Bertempat di Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Sukabumi Perpanjang Kerjasama Dengan Baznas, 450 Jiwa Didaftarkan

"Di kampung tanggap bencana corona ini ZCD Jayamekar juga bertugas memberikan edukasi dan penyemprotan cairan disinfektan. Juga memberikan hand sanitizer, masker, thermometer, dan penempelan stiker dengan sasaran yang menjadi prioritas mustahik binaan Baznas Kota Sukabumi melalui sahabat ZCD," jelasnya.

Ia berharap semua upaya pemerintah, elemen masyarakat, komunitas, relawan serta berbagai pihak dalam memutus Pandemi Covid-19 membuahkan hasil yang baik. "Mari bekerjasama untuk memutus wabah covid-19. Tidak usah kemana-mana dulu kecuali ada keperluan mendesak, kosumsi makanan bergizi, dan terapkan PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat)," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh