Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

Sabtu 20 April 2024, 10:46 WIB
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)

Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) dikabarkan kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya namun kembali menemui jalan buntu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun sukabumiupdate.com, proses mediasi itu dilakukan di aula pabrik PT BDJ yang berada di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi setelah berkonsultasi bersama Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) pada Jumat 19 April 2024.

Diketahui, proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.

Nurrahman (45 tahun) selaku perwakilan eks buruh menuturkan proses mediasi kembali menemui jalan buntu meski dihadiri para petinggi perusahaan.

“Intinya tadi hasil mediasi itu berbelit-belit. Tadi ada ownernya (pemilik perusahaan) ternyata tetap saja hasilnya nol, dia malah minta waktu lagi (untuk pelunasan),” ujar Nurrahman kepada sukabumiupdate.com pada Sabtu (20/4/2024).

Menurutnya, situasi di dalam forum mediasi sempat memanas buntut dari tidak konsistennya pihak perusahaan dalam menepati janjinya untuk membayarkan tunggakan upah.

“Saya bilang kan mau sampe kapan minta waktu, batas kesabaran saya sama kepercayaan saya sudah hilang sekarang. Pokoknya tadi anak-anak (para buruh) sudah emosi semua, saya bilang tenang jangan anarkis,” kata dia.

Dalam upaya memperjuangkan haknya itu, para buruh merasa berjuang sendirian sekalipun telah mengadukannya kepada Disnakertrans Kabupaten Sukabumi. Pasalnya mereka (para eks buruh) menyebut dalam mediasi itu, Disnakertrans tidak hadir untuk menjadi penengah dalam perjuangannya.

“Sampe sekarang seakan-akan kami berjuang sendirian. Dinas ketenagakerjaan mah nggak ada itu nggak datang, saya mau ngadu ke siapa lagi, ke dinas ketenagakerjaan juga sebagai bapak dan penengah saya jawabannya cuman sabar aja,” ungkapnya.

“Kalau memang disnaker berpihak kepada kami, posisinya ada di tengah untuk menengahi kami sama pihak perusahaan maka bimbing kami dan lindungi kami semua bukannya dilepas begitu saja kalau memang bener-bener berpihak,” sambung dia.

Dalam posisinya saat ini, para eks buruh mengaku tidak tahu lagi harus melakukan upaya seperti apa untuk memperjuangkan haknya itu.

“Intinya saya sekarang kalau pasrah juga sayang upah saya belum dibayar, nggak diperjuangkan juga gimana, terus saya harus mengadu ke siapa lagi sekarang,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Agung selaku mediator Hubungan Industrial Ahli Muda dari Disnakertrans Kabupaten Sukabumi menganggap persoalan yang dihadapi para buruh Pihaknya menyarankan untuk melakukan perundingan bipartit.

Baca Juga: Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

“Saran kami dari disnaker agar teman-teman pekerja melakukan perundingan bipartit untuk mencari jalan keluar dari masalah yang ada,” kata Agung.

“Karena sifatnya bipartit kami dari dinas belum dapat mendampingi atau memfasilitasi pertemuan tersebut. Namun kami akan segera mengambil langkah untuk menindaklanjuti,” tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 22:44 WIB

Lantik 1.158 PPS Pilkada 2024, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Minta Jangan Sekadar Numpang Nama

Sebanyak 1.158 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi.
Prosesi pelantikan ribuan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi26 Mei 2024, 22:08 WIB

Akhirnya, Rumah Tak Layak Huni Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi Diperbaiki

Rumah tidak layak huni milik Fitria, keluarga korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi akhirnya diperbaiki dengan swadaya.
Rumah milik Fitria di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, diperbaiki swadaya masyarakat. (Sumber : Istimewa)